Lidah Mertua Ternyata Bermanfaat Untuk Kesehatan, Benarkah ?

Lidah Mertua ternyata bermanfaat untuk kesehatan, benarkah ? Lebih tepatnya dikatakan tanaman pengecap mertua yang merupakan jenis tanaman penghias rumah yang pada umumnya ditempatkan pada ruangan atau luar ruangan ibarat pada teras rumah. Namanya memang terbilang unik alasannya bisa jadi kita salah mengartikannya.

Nama latin dari tanaman pengecap mertua ialah sansevieria yang dapat hidup dengan kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Tampak daunnya memang tumbuh menjulur ibarat pengecap yang memiliki ragam warna ibarat hijau renta kekuningan, hijau muda, hijau abu-abu dengan corak disetiap daunnya bervariasi dengan kombinasi warna. Warna daun dapat bervariasi didapat dari hasil persilangan.

Disamping memiliki nilai keindahan kalau ditempatkan pada dalam ruangan, teras halaman atau sebagai tanaman pagar, sansevieria juga memiliki peranan penting yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta dapat digunakan sebagai tumbuhan obat. Benarkah demikian ?

Lebih

Salah satu keistimewaan yang dimiliki tanaman dapat menyerap polusi udara disekitarnya, hal ini sudah dilakukan penelitian lebih lanjut oleh NASA yang berhubungan dengan ALCA. Selain itu, dampak baik yang ditimbulkan dari dari tanaman ini bagi lingkungan antara lain :
  • Menyerap materi beracun berbahaya yang beterbangan diudara ibarat dari jenis trichloroethylene, benzene karbondioksida dan formaldehyde dan materi berbahaya apa saja berupa senyawa beracun termasuk polusi udara yang ditimbulkan dari asap rokok
  • Dapat mensterilkan aroma tak sedap baik di dalam ruangan ataupun ditempatkan di dalam lemari pendingin (kulkas) dengan menempatkan daunnya di dalam kulkas
  • Memiliki kemampuan untuk mereduksi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh perangkat elektronik ibarat Handphone, komputer, televisi, radio dan perangkat elekronik lainnya.
Sekarang kita mengetahui betapa pentingnya tanaman ini untuk ditanaman di rumah kita terutama ditempatkan dalam ruangan, inilah kenapa alasannya yang biasa kita lihat pada hotel berkelas sekalipun memiliki tanaman ini bukan hanya sebagai penghias ruangan saja, ternyata memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar.

Disamping itu, tanaman pengecap mertua ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan antara lain :
  • Menyuburkan rambut dengan mengambil 10 cm bab daun kemudian direbus dengan 6 gelas air rebus sampai mendidih. Diamkan sampai dingin. Cara menggunakannya cukup membasuh rambut dengan air rebusan tadi, bilas dengan air bersih kalau sudah. Lakukan 3 hari 1 kali saja.
  • Mengobati tenakan darah tinggi dan diabetes dengan mengambil 25 gram bab daun kemudian cuci bersih dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih menyisakan 1 gelas air saja. Selagi hangat minum ramuan ini 1 hari 2x (pagi dan sore) dengan dosis 1/2 gelas. Jika tekanan darah tinggi dan kadar gula darah turun hentikan penggunaannya.
  • Mengurangi rasa nyeri digigit ular dan kalajengking dengan menumbuk sampai halus bab daun secukupnya kemudian ditempel pada bab yang tergigit.