Langkah Lengkap Berlatih Senam Nifas Pasca Melahirkan

Senam nifas ialah senam yang dilakukan semenjak hari pertama melahirkan setiap hari hingga hari yang kesepuluh, terdiri dari sederetan gerakan tubuh yang dilakukan untuk mempercepat pemulihan keadaan ibu.

Senam Nifas
menjadi latihan atau senam yang cukup penting buat ibu yang gres melahirkan. Senam ini mampu membantu memulihkan organ-organ tubuh dan meningkatkan kekuatan fisik ibu pasca melahirkan. Tidak hanya itu, senam jenis ini juga mampu membantu seorang ibu untuk menerima tubuh ideal atau tubuh ramping menyerupai semula. Penasaran dengan gerakannya?




Langkah 1

 Posisi tubuh terlentang dan rileks, lalu kontraksikan otot-otot perut hingga bab belakang punggung menempel pada matras. Kemudian lakukan pernafasan perut diawali dengan mengambil nafas melalui hidung, kembungkan perut dan tahan hingga hitungan ke-5, lalu keluarkan nafas pelan-pelan melalui verbal sambil mengkontraksikan otot perut. Ikuti dengan posisi tubuh telentang, kaki ditekuk, dan tangan di atas perut. Tarik napas hingga terasa hingga rongga dada dan perut berkontraksi. Tahan beberapa saat, lalu lepaskan. Ulangi gerakan sebanyak 8 (delapan) kali.


Langkah 2

Posisikan tubuh berbaring telentang dan kedua tangan menyilang di depan dada. Angkat tubuh bab atas beberapa cm dari matras. Anda mampu juga melaksanakan gerakan ini dengan posisi tangan di belakang kepala. Ikuti dengan posisi tubuh menyerupai semula dengan gerakan lanjutan mengangkat kedua kaki dari matras. Lalu, kontraksikan otot pantat hingga beberapa ketika dan lepaskan.



Langkah 3

 Langkah kelima dalam senam nifas ialah dengan memosisikan tubuh berbaring telentang, lalu angkat kepala hingga ujung dagu menyentuh dada. Ikuti dengan posisi tubuh menyerupai semula, lalu angkat kaki kanan lurus hingga tubuh dan kaki membentuk sudut 90 derajat. Lakukan pada kaki lain.

Berbaringlah terlentang, silangkan kedua tangan pada dada anda. Angkatlah bab atas tubuh ke posisi duduk. Bila anda merasa fit, letakkan tangan dibelakang kepala dan angkat tubuh ke posisi duduk.
Langkah  4

Posisi tubuh berbaring dengan posisi tangan kiri di samping badan, tangan kanan di atas perut, dan lutut ditekuk. Angkat kepala hingga dagu menyentuh dada sambil mengerutkan otot sekitar anus dan mengkontraksikan otot perut. Kepala turun pelan-pelan ke posisi semula sambil mengendurkan otot sekitar anus dan merelaksasikan otot perut. Jangan lupa untuk mengatur pernafasan. Ulangi gerakan sebanyak 8 (delapan) kali.

Langkah 5

Berbaringlah terlentang, kedua lengan di samping badan, silangkan tungkai kanan ke atas tungkai kiri, tarik nafas kemudian keluarkan melalui celah bibir.  Lalu, tarik napas dan hembuskan perlahan. Biarkan otot perut berkontraksi sesaat, lalu lepaskan. Ulangi 8 set. Ikuti dengan posisi menyerupai semula. Putar kaki kanan 4 kali dan begitu juga untuk kaki kiri. Berikan dorongan kaki ke depan dan ke belakang.

Langkah 6

Posisikan tubuh berbaring dengan kedua kaki ditekuk. Lalu, tarik salah satu kaki hingga menyentuh dada, diikuti dengan menekuknya ke belakang. Lakukan juga pada kaki yang lain. Ikuti dengan posisi berlutut dan kedua kaki agak berjarak. Dekatkan dada hingga bersahabat dengan lutut.

Langkah 7

Posisikan tubuh berbaring dengan kedua kaki ditekuk. Lalu, tarik salah satu kaki hingga menyentuh dada, diikuti dengan menekuknya ke belakang. Lakukan juga pada kaki yang lain. Ikuti dengan posisi berlutut dan kedua kaki agak berjarak. Dekatkan dada hingga bersahabat dengan lutut.


Posisikan tubuh duduk dengan kepala menunduk. Lalu putar kepala ke kiri dan ke kanan masing-masing 4 putaran. Ikuti dengan posisi tangan memegang pergelangan tangan yang lain. Angkat dan geser tangan ke siku, lalu ke posisi awal. Ulangi 8 set.



Berlatih
senam nifas
secara teratur akan membuat tubuh Anda segera fit kembali. Lakukan dengan santunan mahir untuk memastikan Anda melaksanakan setiap gerakan dengan benar. Anda juga mampu melaksanakan senam ini bahu-membahu supaya lebih bersemangat. Salam
diet sehat.