Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Pria

7 Rumus Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria Wanita

Cara menghitung berat tubuh ideal wanita maupun pria tidaklah terlalu sulit. Meskipun di jaman sekarang ada aplikasi gadget untuk menghitung berat tubuh ideal, menghitung sendiri dengan rumus pun bahwasanya mampu dilakukan dengan mudah.
Yakni mengerti bagaimana cara mengukur berat tubuh ideal wanita, rumus berat tubuh ideal pria, berat tubuh ideal sesuai tinggi badan, berat tubuh ideal sesuai umur, dan yang lainnya. Nah, pembahasan kita kali ini bekerjasama dengan BB ideal secara lengkap. Termasuk perihal kalkulator berat tubuh ideal, tabel berat tubuh ideal, dan menghitung berat tubuh ideal secara Online.
Nah, bagaimana cara mengukur atau menghitung tinggi dan berat tubuh ideal wanita dan pria? Biasanya dapat menggunakan beberapa rumus standar kesehatan yang sudah lazim digunakan, diantaranya yakni rumus BMI, rumus Brocha, dan juga rumus konvesional biasa. Simak berikut ini 

Rumus berat tubuh ideal secara umum

Formula berat tubuh ideal cukup beragam. Secara umum, kita hanya akan membahas 3 rumus yang paling populer di Indonesia, yakni rumus Broca, BMI (Body Mass Index), dan rumus yang sudah disederhanakan.

Pertama, rumus Broca atau Devine

Rumus berat tubuh ideal pertama yakni rumus Broca, rumus ini disebut juga sebagai rumus devine. Rumus ini ditemukan tahun 1871 oleh Dr. Pierre Paul Broca dan kemudian dipopulerkan oleh Dr. BJ Devine pada sekitar tahun 1970 an. Jika Anda ingin melaksanakan diet, sebaiknya jangan menggunakan rumus Broca ini sebagai contoh berat tubuh ideal sebab ada beberapa kekurangan dalam rumus ini.Berikut yakni rumus devine atau rumus Broca sebagaimana dilansir dari tulisan Steven B. Halls (2005)
  • BB ideal wanita = (tinggi – 100) +- (15% x (tinggi – 100))
  • BB ideal pria = (tinggi – 100) +- (10% x (tinggi – 100)
Keterbatasan dari rumus Broca untuk menghitung BB ideal wanita yakni bahwa kalau wanita memiliki tinggi tubuh di bawah rata-rata, maka hasil BB idealnya juga akan kecil. Atau dengan kata lain semakin pendek tubuh seorang wanita, semakin kurus pula badannya.

Rumus

Padahal dalam penghitungan BB ideal, ada istilah Lean Body Weight. Artinya adalahperhitungan berat tubuh yang berdasarkan pada berat tulang, organ tubuh, dan otot, sedangkan lemak tidak akan terhitung. Dengan begitu, kalau kita menghitung BB ideal wanita yang mempunyai tinggi tubuh relatif pendek, alhasil akan mendekati Lean Body Weight ini. Kaprikornus kalau Anda sedang menjalankan jadwal diet, sedangkan tinggi tubuh di bawah rata-rata, maka kalau Anda menggunakan cara menghitung berat tubuh ideal dengan rumus Broca mampu membuat tubuh Anda terlihat  sangat kurus, bahkan mungkin mampu dibilang tidak sehat.

Cara menghitung berat tubuh ideal wanita.
Rumus :
BBI wanita (kg) = {TB (cm) – 100} - {15% x (TB (cm) – 100)}
Contoh ada seorang wanita mempunyai tinggi tubuh 160 cm, maka cara menghitung berat idealnya yakni :

BBI = {TB – 100} - {15% x (TB – 100)}
BBI = (160 – 100) – {15% x (160 – 100)}
BBI = 51 Kg

Cara menghitung berat tubuh ideal pria.

Rumus :
BBI pria (kg) = {TB (cm) – 100} - {10% x (TB (cm) – 100)}
Contoh ada seorang pria mempunyai tinggi tubuh 175 cm, maka cara menghitung berat idealnya yakni :

BBI = {TB – 100} - {10% x (TB – 100)}
BBI = (170 – 100) – (10% x (170 – 100))
BBI = 63 Kg

Kedua, rumus BMI (Body Mass Indeks) – IMT (Indeks Masa Tubuh)

BMI atau Body Mass Index atau umum juga dimaksud IMT (Indek Massa Badan) kerapkali di jadikan rujukan untuk tahu berat tubuh seorang. Rumus ini menggabungkan perhitungan pada tinggi serta berat tubuh seorang , di mana berat tubuh dibagi dengan tinggi tubuh pangkat dua. Rumus cara menghitung berat tubuh ideal pria wanita yang satu ini sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menentukan bobot idealnya sebelum menjalankan diet. Rumus penghitungannya menggunakan parameter tinggi dan berat tubuh dikala ini.

Cara menghitung berat tubuh ideal dengan BMI ini sudah distandarkan oleh WHO. Nilainya yakni angka yang wajar (standar) untuk menilai apakah seseorang memiliki BB ideal, terlalu kurus, gemuk, terlalu gemuk, atau bahkan obesitas. Berikut yakni rumusnya;

Berat Tubuh Ideal = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi tubuh) 
Sebagai Contoh : Berat tubuh anda 50 kg : (1, 68 m x 1, 68 m) = 45 : 2, 82 = 17, 0 yaitu Nilai BMI anda. 
STANDAR BMI UNTUK WANITA 
Nilai BMI Kategori 
BMI 18 =Under Weight/Kurus – Baiknya mulai memberi berat tubuh serta konsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga 
BMI 18 – 25 =Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk juga kelompok ideal 
BMI 25 – 27 =Over Weight/Kegemukan – anda telah masuk kelompok gemuk. baiknya jauhi makanan berlemak serta awalilah tingkatkan berolahraga satu ahad minimum 2 kali 
BMI 27 =Obesitas – Baiknya selekasnya bikin jadwal turunkan berat tubuh lantaran anda termasuk juga kelompok obesitas/sangat gemuk serta tak baik untuk kesehatan.
STANDAR BMI UNTUK PRIA 
Nilai BMI Kategori 
BMI 17       = Under Weight/Kurus – Lebih mengkonsumsi makanan berkalori 
BMI 17 – 23   = Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk juga ideal 
BMI 23 – 27   =Over Weight/Kegemukan – Mesti waspada 
BMI 27      =Obesitas – Warning, baiknya mengawali jadwal menurunan berat tubuh semoga lebih ideal.

Tabel berat tubuh ideal

Berikut yakni tabel BB ideal yang disarankan dan diambil dari banyak sekali sumber, berdasarkan jenis kelamin, tinggi badan, serta bentuk tubuh;

Pertama, tabel BB ideal pria

Rumus

Kedua, tabel berat tubuh ideal wanita

Rumus

Ketiga, tabel BB ideal menurut nilai BMI

Rumus

Kalkulator Online

Kalkulator Online yakni kalkulator berat tubuh yang akan memudahkan Anda untuk menghitung berat tubuh ideal secara Online.
Untuk menghitung berat tubuh ideal secara Online, Anda hanya perlu memasukkan data yang diharapkan pada kotak yang tersedia menyerupai gambar diatas.

10 tips menaikkan berat tubuh ideal

Ada beberapa tips bagi Anda yang ingin mempunyai berat tubuh ideal:
  1. Jangan begadang
  2. Minum air putih
  3. Berolahraga 
  4. Karbohidrat sangat penting
  5. Atur jam makan dan porsinya (lebih sering dengan porsi kecil yakni hal baik)
  6. Kunyahlah makanan hingga halus
  7. Cukupi kebutuhan protein
  8. Vitamin dan mineral
  9. Hindari minum sebelum makan
  10. cukupi kebutuhan lemak
Perlu diingat, perhitungan diatas tidak termasuk untuk atlet dan ibu hamil.