4 Hal yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Kehamilan sangat dinantikan bagi pasangan suami dan istri karena dengan hamilnya seorang istri akan menambah hangatnya suasana rumah tangga dengan hadirnya seorang bayi yang imut yang dianugrahkan Allah untuknya. Akan tetapi ada pula yang sudah menikah bertahun-tahun tapi sang istri tidak kunjung hamil entah karena sang istri yang tidak subur ataupun suami yang mandul. Berikut adalah beberapa penyebab wanita sulit mengalami hamil atau yang disebut dengan mandul :



1.Kegagalan berovulasi
Kegagalan ovulasi merupakan salah satu penyebab wanita untuk sulit hamil atau menjadi mandul dikarenakan sel telur tidak dapat diproduksi dengan baik. Kegagalan ovulasi 70% masih dapat diobati sehingga memungkinkan seorang wanita untuk hamil. Penyebab kegagalan ovulasi yaitu masalah hormone, ada luka diovarium, menopause dini, dan Folikel sindrom.

2.Tabung telur tidak berfungsi dengan baik
Tabung telur atau yang disebut dengan tuba falopy berfungsi untuk menenpelkan sel telur dan dibawa kerahim. Jika tabung telur tidak berfungsi dengan baik maka wanita akan sulit mengalami kehamilan. Solusi untuk masalah ini dengan melakukan operasi sehingga tabung telur berfungsi secara baik. Kerusakan tabung telur disebabkan oleh infeksi, Penyakit perut, maupun cacat bawaan.

3.Endometriosis 
Peradangan yang terjadi diendometrium menyebabkan kesuburan wanita menurun dan menyebabkan wanita mandul atau sulit mengalami kehamilan. Ini dikarenakan endometrium digunakan untuk melekatanya indung telur (ovarium).

4.Gaya hidup
Seorang wanita yang merokok, minum alcohol maupun pemakai narkoba merupakan salah satu penyebab mandul atau sulit mengalami kehamilan dikarenakan hal yang tersebut diatas dapat mengganggu kesehatan tubuh seorang wanita dan menimbulkan penyakit kanker dan sebagainya.

Itulah 4 hal yang menyebabkan wanita sulit mengalami kehamilan maupun mandul. Lakukanlah gaya hidup yang sehat sejak dini sehingga memiliki dampak yang baik untuk kedepannya. Makan dan minuman yang sehat menjadikan tubuh menjadi sehat sehingga menjadi salah satu penyebab seorang wanita untuk mengalami kehamilan. Berolahraga yang teratur juga menjadi salah satu factor untuk menjadikan kesuburan wanita terjaga.