5 Manfaat Wudhu yang Menakjubkan

Wudhu, yang dilakukan setiap muslim sebelum menjalankan ibadah sholat baik sholat wajib maupun sunnah ternyata memiliki banyak manfaat. Karena wudhu itu hukumnya wajib maka tidak sah sholat seorang tanpa berwudhu. Wudhu menggunakan air suci yang mensucikan seperti air hujan, air sumur, air dari mata air dan masih banyak lagi. Wudhu yang dilakukan minimal 5 kali dalam sehari memiliki banyak manfaat, berikut adalah manfaat wudhu yang harus anda ketahui:

1.Menjaga kesehatan kulit
Selama melakukan aktifitas banyak sekali debu maupun kuman menempel pada kulit. Ketika berwudhu debu maupun kuman dapat dihilangkan dengan air wudhu. Dengan begitu menjaga kulit tetap bersih dan sehat sehingga dapat terhindar dari penyakit kulit dan peradangan dikulit.




2.Mencegah kuman masuk melalui hidung
Ketika bernafas, banyak debu maupun kuman yang terperangkap dihidung. Ketika berwudhu dan membersihkan hidung dengan air wudhu dapat menghilangkan debu dan kuman masuk kedalam tubuh.

3.Memiliki wajah yang cerah
Banyaknya aktifitas membuat penat dan lelah, dengan berwudhu dan membasuh wajah membuat wajah menjadi segar karena saraf yang diwajah menjadi  bugar. Dengan begitu wajah menjadi cerah dan memiliki keindahan dan kesejukan pada wajah. Itulah manfaat wudhu bagi wajah.

4.Menjaga kesehatan mulut
Berkumur-kumur ketika wudhu bermanfaat untuk menjaga mulut tetap segar dan membersihkan mulut dari kuman maupun sisa makanan yang menempel pada gigi. Dengan begitu berwudhu dapat menyebabkan mulut segar dan memiliki gigi yang sehat.

5.Memperlancar peredaran darah
Dengan berwudhu dapat memperlancar peredaran darah, karena air wudhu dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan mencegah kaku pada pembuluh darah. Ketika pembuluh darah lancar maka ketahanan tubuh terjaga dengan baik.

Itulah 5 manfaat wudhu yang didapat ketika seseorang mengamalkannya dengan baik. Selain mendapatkan manfaat tersebut, juga akan mendapatkan pahala karena telah menjalankan perintah-Nya. Masih banyak lagi manfaat yang didapat dari segi yang lain, ini hanya manfaat wudhu dari segi kesehatan.