5 Penyebab Mudah Lapar yang Perlu Diketahui

Mudah lapar merupakan fenomena yang sangat unik, padahal baru makan tetapi dalam waktu sebentar sudah merasa lapar. Ibu yang sedang hamil akan mudah merasa lapar karena adanya peningkatan nafsu makan dan orang yang sudah pulih dari sakitnya juga akan mengalami peningkatan nafsunya sehingga membuat seseorang menjadi mudah lapar. stres dan kecemasan merupakan pemicu seseorang mudah merasa lapar. Setiap kali seseorang sedang stres otak dipicu untuk menghasilkan corticotropin-releasing hormone (CRH) dan adrenalin, yang meningkatkan nafsu makan.  Selama rasa mudah laparnya tidak berlebihan tidaklah mengapa. Berikut adalah bebrapa penyebab seseorang mudah merasa lapar:

1.Gula darah rendah
Gula darah rendah atau yang disebut dengan hipoglikemia merrupakan penyebab seseorang mudah mengalami lapar. Gejala hipoglikemia seperti kelaparan, kelelahan, sakit kepala, dan berkeringat dingin. 



2.Diabetes tipe 2
Kekurangan insulin merupakan salah satu penyebab seseorang mudah mengalami lapar. Penderita diabetes biasanya mudah mengalami lapar karena penderita diabetes kadar insulin dalam tubuh sangat sedikit dibandingkan orang yang sehat.

3.Pengaruh obat
Orang yang sedang minum obat-obatan tertentu mudah merasa lapar,  seperti kortikosteroid, cyproheptadine dan antidepresan trisiklik diketahui menyebabkan anda mudah mengalami lapar.

4.Kelainan kromosom ataupun gen
Kelainan kromosom merupakan salah satu factor seseorang mudah merasa lapar. Dan bagian dari otak, yang disebut hipotalamus, mengatur salah satunya adalah rasa lapar. Hipotalamus berisi sejumlah kecil inti yang menghasilkan hormon yang bertanggung jawab untuk suhu tubuh, kelaparan, peraturan suasana hati dan fungsi tubuh otonom lainnya.

5.Pra-menstruasi
Untuk para wanita ketika menjelang haid memiliki nafsu makan yang lebih besar. Meningkatnya nafsu makan yang menyebabkan mudah lapar dikarenakan selama fase pra-menstruasi hormone progesteron meningkat, selain berpengaruh terhadap emosi juga meningkatkan nafsu makan.

Itulah 5 penyebab seseorang mudah merasa lapar, jika rasa lapar itu berlebihan dan mudah sekali mengalami lapar sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter mungkin anda sedang mengalami gangguan kesehatan.