6 Akibat Kurang Tidur yang Mengejutkan

Banyak orang yang suka begadang, entah karena sedang mengerjakan tugas atau hanya karena tidak bisa tidur. Begadang menyebabkan orang menjadi kurang tidur sehingga akan menggagu aktifitas yang lainnya. Kurang tidur juga menyebabkan seseorang mudah marah, lesu sehingga penampilan kurang menarik dan gangguan kesehatan yang lainnya. Berikut adalah akibat dari kurang tidur yang mengejutkan :

1.Menyebabkan kecelakaan
Kasus kecelakaan yang terjadi kebanyakan disebabkan kantuk dimana pengendara maupun sopirnya kurang tidur. Bahkan kecelakaan yang terjadi mengakibatkan kematian dan kerugian yang lainnya.



2.Konsentrasi berkurang
Kurang tidur akan menyebabkan seseorang tidak focus dalam bekerja atau dalam melakukan aktifitasnya. Mudah panik dan kurang dalam hal analisa atau daya ingat karena bagaimanapun juga otak membutuhkan waktu untuk istirahat yang cukup supaya dapat bekerja dengan baik.

3.Depresi
Stress maupun depresi sangat mudah menerpa kepada orang yang kurang tidur. Seperti yang telah disampaikan diatas bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang mudah marah, dan memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. Maka dari itu cukupilah waktu tidur supaya memiliki tidur yang cukup dan berkualitas.

4.Penampilan yang kurang menarik
Kurang tidur menyebabkan kulit pucat dan memiliki kantung mata atau bisa terlihat bengkak dimatanya.

5.Pelupa
Pelupa memang manusawi, tetapi lupa juga disebabkan oleh sesuatu. Salah satu penyebab seseorang menjadi pelupa adalah dikarenakan kekurangan tidur. Kurang tidur membuat otak tidak beristirahat dengan baik sehingga memori dalam otak juga terganggu.

6.Meningkatkan resiko kematian
Penelitian yang dilakukan di Inggris melihat bagaimana pola tidur mempengaruhi angka kematian lebih dari 10.000 pegawai sipil Inggris selama dua dekade. Hasilnya, diterbitkan pada tahun 2007, menunjukkan bahwa mereka yang telah memotong tidur mereka dari tujuh menjadi lima jam atau kurang per malam hampir dua kali lipat risiko kematian dari semua penyebab. Secara khusus, kurang tidur dua kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Itulah 6 akibat dari kurang tidur, tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan dan yang lainnya. Buat apa harus begadang jika memang tidak begitu bermanfaat untuk kehidupan anda.