5 Nutrisi yang Dibutuhkan Tulang Selain Kalsium

Memiliki tulang yang kuat adalah dambaan setiap orang, karena dengan memiliki tulang yang kuat memudahkan dalam melakukan sesuatu baik aktifitas tersebut ringan maupun berat. Supaya memiliki tulang yang kuat nutrisi dan gizi harus tercukupi terutama nutrisi untuk tulang. Kalau berbicara nutrisi untuk tulang pasti yang ada dibenak kita adalah kalsium. Banyak orang beranggapan bahwa kalsium adalah salah satunya yang menyebabkan tulang menjadi kuat. Padahal masih banyak nutrisi yang dibutuhkan tulang yang membuat tulang menjadi kuat. Berikut adalah nutrisi yang dibutuhkan tulang supaya sehat dan kuat selain kalsium:

1.Vitamin D
Selain kalsium, nutrisi yang juga penting untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat adalah vitamin D. Kalsium sangat bergantung pada Vitamin D untuk membantu menyebarkan keseluruh tulang. Vitamin D didapat dari bantuan sinar matahari, tetapi tak usah khawatir supaya kulit terjaga dari sinar UV maka vitamin D dapat didapatkan dengan minum suplemen maupun dari makanan. Sumber terbaik vitamin D adalah ikan berlemak seperti salmon, herring, makarel, dan sarden; susu (bebas lemak, 1% rendah lemak), susu kedelai, yogurt dan kuning telur.



2.Protein
Kekurangan protein menyebabkan tulang menjadi keropos. Makanan yang mengandung protein yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang supaya  kuat. Jangan melakukan diet yang tinggi protein karena dapat mengganggu kesehatan tulang anda, sebaiknya konsumsilah makanan yang mengandung protein yang tinggi seperti daging (kalkun, ayam, daging sapi tanpa lemak), makanan laut, putih telur, susu bebas lemak dan rendah lemak, keju, dan yogurt, kacang, kacang-kacangan, dan selai.

3.Magnesium
Magnesium membatu tubuh anda untuk menetralkan asam metabolik, menyerap kalsium dan memelihara struktur tulang sehingga tulang menjadi sehat dan kuat. Untuk mendapatkan magnesium silahkan mengkonsumsi biji labu atau quinoa, bayam, kacang mete, tempe, ubi jalar, kacang, biji wijen, biji rami, dan gandum.

4.Kalium
Buah-buahan dan syauran juga berperan penting untuk membuat tulan menjadi sehat dan kuat, karena pada buah dan sayuran terdapat kandungan kalium dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tulang. kekurangan kalium menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan mempercepat penuaan. berikut adalah sumber kalium dari sayuran dan buah yaitu melon, pepaya, pisang, alpukat, , selada, wortel, tomat, dan kacang.

5.Vitamin K
Vitamin K memiliki peranan penting dalam pembekuan darah. Selain itu, vitamin K juga berperan penting dalam memproduksi protein yang diperlukan untuk mempertahankan kekuatan tulang dan mencegah penumpukan kalsium di tempat yang salah. Vitamin K terdapat pada sayuran seperti kubis dan brokoli.

Itulah 5 nutrisi yang dibutuhkan tulang selain kalsium, menjaga tulang tetap kuat dan sehat sangatlah penting demi keberlangsungan hidup anda supaya tetap bisa berkarya sampai tua.