Ini Alasanya Kenapa Tidak Boleh Mencuci Daging Ayam Mentah

Kebersihan bahan makanan sangatlah penting, sebelum melakukan pengolahan biasanya dilakukan pencucian bahan. Tujuan dari pencuncian adalah untuk mengilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada bahan olahan. Tetapi pencucian ini tidak berlaku untuk daging ayam mentah. Jangan mencuci daging ayam mentah ketika akan diolah dikarenakan pencucian pada daging ayam mentah menyebabkan timbulnya bakteri yang dapat menyebabkan keracunan maupun penyakit karena ketika ayam dicuci bakteri menyebar disekitar tempat pencucian bahkan bisa mengkontaminasi tubuh anda. Berikut adalah cara supaya anda dan keluarga terhindar dari bakteri ketika mengolah daging ayam mentah:

1.Simpan dilemari es
Ketika melakukan penyimpanan dilemari es sebaiknya daging ayam mentah ditutup menggunakan penutup sehingga tidak terjadi kontaminasi dengan bahan makanan yang lainnya yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.



2.Hati-hati ketika mencuci
Apabila daging ayam mentah sudah terlihat bersih sebaiknya janga dicuci, tetapi apabila ada kotorannya mencucinya hati-hati karena percikan air cucian daging ayam mentah mengandung bakteri yang bisa mengkontaminasi dan menyebabkan timbulnya penyakit dan keracunan.

3.Pencucian peralatan masak
Sebelum ataupun sesudah masak sebaiknya membersihkan peralatan yang digunakan untuk pengolahan daging ayam mentah supaya tidak terjadi kontaminasi silang. Apabila terjadi kontaminasi silang maka bakteri dapat berpindah dari satu tempat ketempat lainnya. Tujuan pencucian ini untuk menghilangkan bakteri yang ada pada peralatan yang digunakan untuk masak sehingga tidak menjadi sumber penyakit.

4.Pengolahan Daging ayam benar-benar masak
Pengolahan apapun harus memperhatikan tingkat kematangan, apalagi memasak daging ayam mentah. Pengolahan daging ayam mentah dengan suhu yang optimal sangat baik sehingga memutus timbulnya bakteri yang menyebabkan penyakit. Misalnya pada daging sapi, domba , daging panggang, dan daging dapat dimasak pada sushu 145 ° F. Sedangkan semua unggas harus mencapai suhu minimum internal aman yaitu 165 ° F.

Itulah alasan kenapa tidak boleh mencuci daging ayam mentah, karena pencucian yang dilakukan dengan sembarangan malah akan menyebabkan kontaminasi disekitar lingkungan anda yang membuat tumbuhnya bakteri.