5 Jenis kanker yang Harus Anda Ketahui

       Penyakit kanker merupakan penyakit yang mematikan, penyakit ini disebabkan gaya hidup yang tak sehat atau karena keturunan. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai penyakit kanker.Untuk saat ini belum ada obat yang terbukti ampuh menyembuhkan penyakit ini. Terlebih lagi penyakit ini berada didalam tubuh manusia, sangat sulit untuk diketahui. Kalaupun diketahui biasanya sudah memasuki stadium  lanjut. Karena saya sudah pernah membahas mengenai pencegahan penyakit kanker kali ini, akan membahas mengenai jenis-jenis kanker.
     Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.
      Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal. Banyak bentuk kanker berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok dapat menyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainnya. Tumor (bahasa Latin; pembengkakan) menunjuk massa jaringan yang tidak normal, tetapi dapat berupa "ganas" (bersifat kanker) atau "jinak" (tidak bersifat kanker). Hanya tumor ganas yang mampu menyerang jaringan lainnya ataupun bermetastasis. Kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ lain.
 
http://nurudinsya.blogspot.com/2015/01/5-j.html

Berikut adalah jenis-jenis kanker :
1.Karsinoma
Karsinoma merupakan jenis kanker yang berasal dari sel yang melapisi permukaan tubuh atau permukaan saluran tubuh, misalnya jaringan seperti sel kulit, testis, ovarium, kelenjar mucus, sel melanin, payudara, leher  rahim, kolon, rectum, lambung, pancreas dan esophagus.

2.Limfoma
Merupakan jenis kanker yang berasal dari jaringan yang membentuk darah, misalnya jaringan limfe, lacteal, timus dan sumsung tulang. Limfoma juga disebut penyakt Hodgkin (kanker kelenjar limfe dan limfa).

3.Sarkoma
Sarkoma jenis kanker dimana jaringan penunjang yang berada dipermukaan tubuh seperti jaringan ikat, termasuk sel-sel yang ditemukan diotot dan ditulang.

4.Glioma
Kanker ini menyerang pada susunan syaraf, misalnya sel-sel glia yang berada disusunan syaraf pusat.

5.Karsinoma in situ
Istilah ini digunakan untuk menjelaskan sel epitel abnormal yang masih terbatas didaerah tertentu sehingga masih dianggap kelainan atau luka yang belum melebar.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis kanker yang telah disebutkan diatas, semoga kita bisa mendeteksinya lebih awal sehingga dapat mendapatkan pengobatan secara tepat dan dapat disembuhkan sebelum berlarut-larut..