8 Manfaat Berenang Selama 30 Menit

Renang merupakan olahraga air yang menyenangkan, selain berolahraga berenang digunakan sebagai ajang rekreasi keluarga. Bermain diair bersama memang menyenangkan apalagi dengan orang tersayang. Dari segi gaya, berenang memiliki banyak gaya, seperti gaya kupu-kupu, katak, dan masih banyak lagi gaya yang masih bisa anda lakukan. Dan yang terpenting ketika anda belum bisa berenang jangan sekali-kali untuk berenang sendirian, carilah teman yang bisa berenang untuk mengajari anda dan menjaga anda. Tidak perlu berlama-lama untuk berenang, cukup dengan 30 menit. Kira-kira apa ya manfaat berenang untuk kesehatan?berikut adalah ulasan dari manfaat berenang:

1.Menjaga berat badan
Dari pada berjalan kaki atau bersepedaan berenang lebih efektif untuk membakar kalori sehingga berat badan tetap ideal. Berenang gaya dada selama 30 menit akan membakar kalori sebanyak 367 kkal.



2.Menurunkan stress 
Renang membuat seseorang menjadi tenang terutama bila menggunakan gaya yang santai seperti gaya katak. Jika berenang dengan santai maka rasa rileks pun muncul sehingga menurunkan tingkat stress. Dan membuat perasaan lebih nyaman dan lebih percaya diri untuk melakukan rutinitas.

3.Otot lebih Kuat
Ketika berenang seseorang akan membutuhkan tenaga yang lebih dibanding berjalan maupun bersepedaan, karena tekanan air yang kuat maka anda harus menggunakan kekuatan anda supaya anda dapat berenang. Dengan begitu maka tubuh anda lebih kuat dan sehat.

4.Memiliki kualitas tidur yang baik
Renang membutuhkan tenaga yang banyak sehingga lebih menguras tenaga. Ketika tenaga terkuras maka rasa lelah pun melanda, ketika malam hari menjelang tidur pasti anda akan mendapatkan tidur yang nyaman dan pulas.

5.Membakar kalori tanpa keluar keringat
Karena berenang membutuhkan banyak tenaga maka kalori  yang dibakarpun juga banyak tetapi karena suhu tubuh meningkat maka seharusnya mengeluarkan keringat. Air sebagai pendingin membuat keringat tidak keluar meskipun begitu anda tetap sehat dan kalori juga terbakar dengan baik.

6.Jantung lebih sehat
Ketika berenang tekanan yang diberikan air ke tubuh membuat aliran darah kejantung lebih lancer sehingga jantung anda pun lebih sehat.

7.Mencegah diabetes
Berenang selama setengah jam tiga sampai empat kali seminggu, dikombinasikan dengan makan indeks glikemik rendah yang seimbang (GI) diet, telah terbukti untuk mengontrol kadar gula darah.

8.Menurunkan tekanan darah
Penelitian telah menunjukkan bahwa berenang selama 30 menit setidaknya tiga kali seminggu secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah Anda. Dengan begitu anda terhindar dari penyakit darah tinggi.

Itulah 8 manfaat berenang untuk kesehatan tubuh, luangkanlah waktu untuk berenag secara rutin sehingga kesehatan tubuh anda dapat terjaga dengan baik.