6 Manfaat Ikan Tuna Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Tuna-Kebanyakan orang jarang mengkonsumsi ikan tuna karena tidak semua pasar maupun penjual ikan menjualnya. Akan tetapi sekarang sudah banyak di mini market yang menjuak ikan tuna dalam kaleng. Ikan tuna bisa diolah menjadi sayur atau hanya digoreng biasa. Ikan Tuna adalah salah satu makanan yang sehat. Bagaimanapun juga ikan laut yang satu ini mengandung protein tinggi dan mineral seperti kalium, selenium dan magnesium. Selain itu, tentu saja, ikan tuna kaya akan vitamin B dan asam lemak ω-3. Dengan kandungan yang begitu banyak pastinya akan menimbulkan manfaat bagi tubuh terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat ikan tuna bagi kesehatan:


1. Untuk menjaga kesehatan jantung
Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan tuna bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan jantung. Omega-3 dapat membantu mencegah irama detak jantung  yang tidak teratur, mengurangi risiko pembekuan darah, dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Selain itu, asam lemak Omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan. Dengan mempromosikan variabilitas yang lebih besar antara detak jantung, asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko aritmia atau kematian mendadak.

manfaat ikan tuna

2. Menjaga kesehatan mata
Tingginya kadar asam lemak esensial omega-3 dalam ikan tuna memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula mata, yang merupakan kondisi di mana penglihatan mulai memburuk, dan akhirnya dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Selain itu, kondisi ini penyebab kebutaan utama pada orang berusia di atas 50 tahun . Beberapa studi sangat menyarankan bahwa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi risiko mata kering.

3. Untuk membantu mencegah kanker
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa ikan tuna, dapat mencegah kanker ovarium, kanker pankreas, dan setiap bagian dari saluran pencernaan, termasuk mulut, faring, kerongkongan, lambung, dan usus besar. Asam lemak omega-3, yang terkandung dalam ikan tuna juga dapat membantu mencegah kanker payudara, mengurangi risiko leukemia. Makan ikan berlemak, seperti ikan tuna memberikan perlindungan substantif terhadap karsinoma sel ginjal, salah satu bentuk yang paling umum dari kanker ginjal.

4. Untuk mencegah penurunan kognitif
Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer, meningkatkan suplai darah ke otak yang sehat. Selain itu, omega-3 dapat mengurangi peradangan, bantuan transmisi sinyal ke otak, dan mengurangi jenis penyakit pada umumnya ditemukan pasien dengan Alzheimer. Studi menunjukkan bahwa sel-sel otak dari asam lemak ω-3 dikenal sebagai DHA dapat membantu meningkatkan produksi dari LR11 protein, di mana protein ini dapat merusak plak amiloid β- terkait dengan penyakit Alzheimer. 

5. Membuat mood menjadi lebih baik
Makan ikan tuna dapat membantu meningkatkan mood Anda, menghilangkan depresi. Asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aliran darah, dan mempengaruhi hormon dan sistem kekebalan tubuh memainkan peran penting dalam fungsi otak. DHA untuk saluran ion di otak, membantu mengirimkan sinyal listrik, dan terlibat dalam metabolisme serotonin (salah satu faktor utama untuk depresi).


6. Meningkatkan detoksifikasi
Selenium yang terkandung dalam ikan tuna merupakan faktor penting dalam produksi glutathione peroxidase. Antioksidan yang sangat penting untuk kesehatan hati. Kita tahu bahwa hati bertanggung jawab untuk detoksifikasi tubuh zat berbahaya seperti pestisida, obat-obatan, dan logam berat. Selenium juga dikenal untuk membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

Demikian manfaat ikan tuna bagi kesehatan tubuh, semoga dengan mengkonsumsinya secara rutin kesehatan tubuh terjaga dengan baik.
rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal