Anak Anda Mengalami Batuk dan Pilek, Jangan Kuatir ! Ini Obat Alaminya

Bagaimana tidak kuatir, sebagai orang renta terutama bunda melihat anaknya yang masih dalam usia balita atau bayi, berada dalam kondisi kesehatan yang kurang baik ibarat adanya gangguan kesehatan pada jalan masuk pernafasan yang mengakibatkan penyakit batuk dan pilek.

Apalagi, kalau pada ketika trend penghujan atau pancaroba datang, penyakit batuk atau pilek menjadi penyakit musiman yang lazim ditemukan dapat menyerang siapa saja termasuk yang sering menjadi penderitanya pada usia bayi dan bawah umur yang memiliki sistem pertahanan daya tahan badan tergolong masih lemah.

Gejala umum yang biasanya muncul ibarat sering bersin, hidung tersumbat dan mengeluarkan lendir, demam disertai panas dan sakit tenggorokan. Tanpa pengobatan pada umumnya penyakit pilek antara waktu 5 - 14 hari akan hilang dengan sendirinya kalau diiringi istirahat dan mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Namun, apakah kita akan membiarkan si anak begitu saja ? tidak bukan.

sebagai

Obat-obatan kimia sering menjadi solusi untuk mengatasi ini, apakah yang kita berikan aman bagi kesehatan bayi atau anak kita ? Bisa jadi pengaruh obat-obatan itu dapat mengakibatkan efek buruk dikemudian hari. Ada beberapa cara alami yang dapat bunda lakukan di rumah untuk mengatasi ketika bayi atau anak sedang mengalami batuk dan pilek.

  • Memberikannya ASI : Untuk usia yang masih tergolong menyusui, fungsi ASI bukan hanya sebagai sumber gizi bagi si bayi atau anak. Disamping itu, ASI akan membuat si anak tumbuh kembang dengan kecerdasan IQ, meningkatkan sistem pertahanan daya tahan badan yang semakin kuat. Jika anak dalam kondisi yang kurang sehat jangan biarkan si anak mengkonsumsi minuman susu bubuk, berikan saja ASI.
  • Untuk membantu mengeluarkan lendir dari hidung yang menyebabkan tersumbat dapat menyediakan bejana yang berisi air panas dicampur dengan minyak kayu putih. Biarkan si akan menghirup uapnya yang akan membantu ingus keluar
  • Khusus untuk anak berusia di atas 1 tahun dapat menunjukkan madu murni. Ingat ya bunda madu murni, bukan madu dalam bentuk botol kemasan. Pastikan kemurnian madunya tidak ada materi berbahaya sedikitpun pada madu tersebut.
  • Istirahat yang cukup serta menunjukkan makanan yang bernutrisi ibarat dari jenis sayur dan buah-buahan.
  • Khusus untuk anak berusia 2 tahun ke atas, bunda dapat menunjukkan 2 SDM madu murni dan 1/2 gelas perasan dari 2 buah jeruk nipis. Minum di waktu pagi dan sore masing-masing 1/2 gelas.
  • Khusus untuk anak berusia 1 tahun ke atas, bunda dapat menyediakan 1 jari jahe dan kencur. Rebus keduanya dengan air 1 1/2 gelas sampai mendidih dan menyisakan kira-kira 1 gelas air. Minum air rebusan ini di waktu malam hari sebelum tidur

Selain itu perlu adanya tindakan pencegahan yang mesti diajarkan ke anak misalnya ibarat mencuci tangan sampai bersih sebelum atau sesudah makan dan menerima makanan yang bernutrisi serta istirahat yang cukup.