Khasiat dan Manfaat Daun Bandotan Sebagai Tanaman Obat

Khasiat dan Manfaat Daun Bandotan Sebagai Tanaman Obat : Mungkin dari kita tak banyak yang mengenal tumbuhan bandotan. Bagaimana jikalau kita telah melihat dari gambarnya, bagi mereka yang bertempat tinggal di wilayah pedesaan pasti pernah melihat tanaman ini.

Tampak pada gambar samping kiri, itulah yang namanya tumbuhan bandotan yang selama ini mungkin dari kita ada yang menganggapnya tanaman liar yang tidak memiliki manfaatnya sama sekalai atau dianggap gulma, tanaman pengganggu. 

Ternyata khasiat tanaman bandotan ini bisa atasi banyak sekali gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Seperti apa khasiatnya, namun mari kita berkenalan lebih lanjut dengan tanaman ini.

Tumbuhan bandotan dikenal dengan nama latin Duchesnea Indica termasuk ke dalam famili Rosaceae. Ia hidup liar yang dapat kita temui pada kebun, ladang, perkarangan rumah, pinggiran jalan, susukan air dan dapat tumbuh pada ketinggian 1 - 2.100 meter dari permukaan laut. Nah, jikalau diremas atau daun yang yang telah kedaluwarsa akan mengeluarkan amis yang tidak enak.

Khasiat

Memilki kandungan kimia diantaranya organacid, minyak asiri coumarin, friedelin, sitosterol, potassium chlorida dan terdapat asam amino,  yang mana dari beberapa senyawa tersebut dilakukan penelitian memiliki manfaat bagi tubuh manusia.

Inilah khasiat dari tanaman bandot diantaranya menurunkan panas, menghilangkan pembengkakan, menhentikan pendarahan, mengatasi gangguan haid, peluruh kencing, mengatasi kesulitan kentut, Mengatasi penyakit kulit (eksim, borok, bisul, dll), mencegah kehamilan, menyegarkan badan, obat wasir, kanker rahim, perut kembung, malaria, sariawan, radang tenggorokan, pneumonia (radang paru-paru) dan radang telinga.

Khusus untuk pengobatan luar menyerupai mengatasi penyakit kulit yaitu dengan cara mengambil secukupnya daun bandot yang masih muda kemudian dicampur dengan 1 sendok teh garam (atau secukupnya), ditumbuk halus. Tempelkan (balut dengan perban) pada bab yang akan diobati. Ini juga akan  membantu mereka yang mengalami luka memar.

Salah satu kegunaan daun bandot untuk penyakit dalam sebagai obat tumor rahim dapat menyiapkan 50 gram daun bandotan yang direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih dan menyisakan kira-kira 2 gelas air saja. Untuk meminumnya tambahkan gula kerikil secukupnya tapi tidak terlalu manis, minum diwaktu pagi dan sore hari masing-masing satu gelas. 

Cara yang sama dapat mengatasi penyakit radang tenggorokan, malaria, perut kembung dan pneumonia.