Waspadai Gejala Stroke dan Penyebabnya, Dapat Menyerang Siapa Saja !

Hingga ketika ini penyakit stroke menjadi salah satu momok seram diantara beberapa penyakit lainnya ibarat diabetes, jantung, ginjal dan lainnya. Dikarenakan dampak dari stroke dapat melumpuhkan fungsi sebahagian badan bahkan penyakit ini menjadi penyebab kematian nomor tiga (3) di dunia.

Dibeberapa negara bagian dunia salah satunya Amerika Serikat pada tahun 2010, stroke menjadi penyebab nomor tiga kasus kematian setelah penyakit kanker dan jantung dengan angka penderita dapat mencapai 700.000 pertahun. Sedangkan di Indonesia sendiri, tercatat setiap tahunnya penderita stroke mencapai angka 300.000 pertahun dengan katagori stroke ringan atau berat.

Angka penderita stroke umumnya telah menginjak usia 45 tahun ke atas. Namun, tak menutup kemungkinan pada usia antara 15 - 60 tahun pun dapat memiliki faktor resiko terkena stroke dikarenakan gaya hidup yang buruk ibarat teladan makan yang sering mengkonsumsi makanan berlemak, seorang perokok, kurangnya acara olahraga dan lainnya.

Hingga

Apa itu stroke ? Stroke yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan pada pembuluh darah di otak sehingga sel-sel pada otak kurang atau tidak menerima suplai darah dan oksigen yang cukup yang menjadikan kematian sel-sel otak berujung pada kelumpuhan fisik sampai berdampak kematian.

Secara etilogi stroke dibagi menjadi dua stroke hemoragik yang disebabkan karena tekanan darah yang akut atau dikarenakan adanya pelemahan pembuluh darah. Sedangkan stroke oklusif dikarenakan adanya penyumbatan pembuluh darah akibat adanya emboli, ateroskelosis, atau oklusi trombotik pada pembuluh darah otak.

Penyebab Stroke

Penyakit ini tak mesti dilatar belakangi oleh mereka yang telah memasuki usia 45 tahun ke atas saja, pada usia produktif pun memiliki faktor resiko yang cukup tinggi jikalau mengabaikan beberapa penyebab stroke berikut ini :
  • Mereka yang telah memasuki usia lanjut 45 tahun ke atas perlu mewaspadai
  • Memiliki penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes militus dan memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi
  • Dipengaruhi faktor keturunan (genetik) yang memiliki riwayat stroke
  • Kebiasaan hidup yang buruk ibarat seorang perokok, pecandu alkohol dan suka meminum minuman bersoda, sering mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang acara olahraga sehingga fatwa darah tidak lancar
  • Faktor obesitas
Jika tidak memperhatikan beberapa hal tersebut mampu jadi gejala stroke akan menimpa kita dikemudian hari. Untuk menghindari akhir dari sroke berujung kepada hal yang buruk, perhatikan dan cermati kondisi kita masing-masing apakah memiliki tanda atau gejala stroke berikut ini :
  • Terkadang secara mendadak kehilangan keseimbangan ketika berjalan atau melaksanakan acara tertentu
  • Sakit kepala secara mendadak terasa jago disertai dengan rasa pegal atau kaku pada episode leher
  • Pengelihatan terkadang kabur atau tiba-tiba mendadak hilang
  • Kesulitan berkomunikasi atau berbicara dan sulit memahami apa yang orang lain katakan
  • Terkadang mencicipi mati rasa sesaat pada organ salah satu lengan
  • Lupa yang kronis padahal ia akan melaksanakan sesuatu akan tetapi seketika itu lupa begitu saja apa yang harus dilakukan
Simak video mengenal gejala stroke sedini mungkin oleh tips dokter sehat 24 :


Inilah sementara waktu yang dapat kami sajikan mengenai gejala stroke dan penyebabnya, dilain waktu artikel terkait mengenai stroke akan kami perbaharui. Semoga selalu bermanfaat...