11 Cara Berpuasa Saat Sedang Program Diet Sehat




 Tubuh yang langsing dan ideal ialah idaman bagi semua orang, terutama para wanita. Banyak sekali cara diet menurunkan berat tubuh yang mampu dilakukan untuk menciptakan bentuk tubuh yang langsing dan ideal. Akan tetapi, yang disayangkan ialah kebanyakan orang menjalankan jadwal diet dengan mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia berbahaya. Padahal sebenarnya, ada aneka macam cara alami dan sehat yang mampu dilakukan. Salah satunya yaitu diet dengan puasa. Cara melangsingkan tubuh dengan puasa termasuk cara yang logis. Ini karena di dikala puasa, tidak akan ada makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh dikala siang hari.





Tubuh

Aturan makanan dikala sahur

Supaya berpengaruh puasa, ada aturan tersendiri yang perlu dijalankan sebagai menu makanan sehat dikala sahur. Makanan tersebut adalah;1.Makanan berkarbohidrat kompleks
2.Makanan dengan kadar lemak rendah
3.Makanan berprotein
4.Makanan yang kaya akan serat karena lambat dikala dicerna
5.Tidak mengonsumsi makanan berlemak
6.Camilan sehat mampu jadi pelengkap

Komposisi nutrisi yang baik buat diet dan puasa

Komposisi seimbang menjadi aturan penting dalam diet puasa menurunkan berat badan. Di sini, Anda mampu menerapkan aturan berikut;1.Karbohidrat kompleks 50%
2.Protein 40-45%
3.Sisanya lemak sehat
Kombinasikan semuanya dalam setiap porsi makanan Anda.

Jangan tinggalkan sahur dan jangan tidur setelah sahur

Mengakhirkan sahur ialah salah satu hal baik dan sunah dikerjakan ketika sedang berpuasa. Ketika Anda sedang menjalankan jadwal diet untuk menurunkan berat badan, sahur juga menduduki peranan penting. Sehingga tidak disarankan untuk meninggalkan jam sahur. Pun setelah sahur, Anda juga dilarang tidur, alasannya ialah ada ancaman yang akan timbul. Efek tidur setelah sahur akan membahayakan puasa dan tubuh Anda.

Porsi besar dikala berbuka sebaiknya dihindari

Berbuka puasa dalam porsi besar hanya akan memicu gangguan pencernaan, utamanya lambung. Untuk itu, hal ini perlu dihindari. Sebagai saran, sebaiknya berbuka berat dilaksanakan setelah sholat maghrib. Sementara berbuka ringan ibarat ta’jil buka puasa dikonsumsi dikala mengawali buka puasa sebelum sholat maghrib.

Hindari hidangan manis sebagai menu pembuka

Jika biasanya kita mendengar awali dengan yang manis dikala berbuka maka di sini sebaiknya Anda mengisi perut kosong dulu dengan makanan yang tak manis. Pasalnya, makanan manis mengandung indeks glikemik yang tinggi. Pada kelanjutannya, kondisi ini dapat memicu respons insulin yang cukup tinggi pula. Akibatnya dapat membuat penumpukan lemak di tubuh.

Aturan minum dikala berbuka

Minuman yang dikonsumsi dikala berbuka harus tepat, ibarat air putih. Sebaliknya, hindari minuman yang bersoda, juga minuman dingin. Pasalnya, minuman masbodoh mampu membuat kita mampu menahan lapar. Padahal, pada momentum berbuka ini, kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Seolah tidak ada daerah kosong di perut untuk dijadikan sebagai wadah makanan sehat dalam jadwal diet sehat kita dikala berpuasa.

Atur porsi kalori dari buka hingga sahur

Supaya makin jelas, Anda juga mampu membuat penjadwalan makanan untuk mendukung cara menurunkan berat tubuh ketika berpuasa. Dan berikut aturan untuk membuat jadwal makanan ditinjau dari jumlah kalorinya;
1.Buka puasa dan makan usai sholat tarawih masing-masing 10% hingga 15%
2.Makan malam sahur masing-masing 30% hingga 35%


Aturan makan dikala berbuka

Ketika berbuka puasa, hendaknya Anda memilih konsumsi makanan dengan tepat. Aturannya adalah; mengawali buka puasa dengan minum air putih, selanjutnya Anda mampu mengonsumsi kurma yang tidak mengandung pemanis dengan ukuran secukupnya saja. Setelah itu, Anda mampu sholat maghrib, dan melanjutkan buka puasa Anda setelah sholat maghrib dengan pilihan karbohidrat kompleks, protein, dan sayur-sayuran. Setelah itu, Anda juga mampu mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini ialah karbohidrat kompleks, protein, dan sayur mayur yang mampu Anda manfaatkan;1.Karbohidrat kompleks, ibarat roti gandum utuh, beras merah, kacang hijau, dan ubi
2.Protein, ibarat daging, telur, tempe, ikan, dan dada ayam serta susu rendah lemak
3.Sayur-sayuran, ibarat bayam, asparagus, kangkung, brokoli, dll

Olahraga ketika berpuasa

Sholat tarawih menjadi satu cara yang cukup sederhana namun ampuh untuk memperabukan kalori. Jika Anda ingin melakukan olahraga setelah tarawih, maka pastikan Anda juga menyiapkan multivitamin serta mineral selama Anda berolahraga. Beberapa bab penting yang harus Anda konsumsi adalah;1.Air putih sekitar setengah hingga 1 liter
2.Makan menu berbuka dengan porsi yang sangat kecil
3.Makan buah kurma
4.Camilan sehat kalau masih lapar

Aturan minum dikala sahur

Pada dikala ini, Anda juga tetap disarankan untuk mengonsumsi air putih yang banyak semoga mampu mencukupi kebutuhan cairan selama Anda berpuasa. Sebaliknya, hindari minuman yang berkafein ibarat kopi dan teh, serta minuman yang bersifat diuretik. Pasalnya, minuman ini mampu menjadikan kita sering buang air kecil. Pilihan terbaik menu minuman sehat dikala sahur Anda ialah susu rendah lemak.

Garam, bumbu penyedap, MSG dikurangi, makanan pedas dihindari

Selanjutnya, makanan yang asin, banyak mengandung bumbu penyedap dan MSG mampu menjadikan rasa haus cepat muncul. Maka sebaiknya dikurangi pemakaiannya. Sementara itu, bumbu pedas juga mampu mengganggu sistem pencernaan selama Anda berpuasa. Sebaiknya dihindari.







Demikian isu perihal cara berpuasa bagi Anda yang sedang menjalankan jadwal diet sehat untuk menguruskan tubuh dengan cepat dan menghindari kegemukan setelah berpuasa.