Hati-Hati! Menu Makanan Sehat Ini Bisa Rusak Diet

Kadang, dengan cap 'superfood' Anda jadi merasa tidak bersalah mengonsumsi makanan-makanan sehat dalam jumlah banyak. Padahal, makanan-makanan berikut ini kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak, tetap akan merusak diet Anda.
 

Ada banyak jenis makanan yang kita ketahui bisa membantu menurunkan berat badan. Di antaranya ialah buah-buahan. Namun, Anda perlu waspada kalau memakan beberapa jenis buah-buahan. Karena menurut riset, beberapa jenis buah tertentu bisa merusak dan menggagalkan diet kalau dikonsumsi secara berlebihan. Selengkapnya kami lansir dari health untuk Anda. Program diet untuk menurunkan berat tubuh punya risiko masing-masing, tergantung jenis dietnya.


Anda

 

Buah: mangga, anggur, dan pisang

Memang dalam beberapa cara pisang bisa bantu melangsingkan perut dan menurunkan berat badan. Namun, cara itu berlaku kalau pisang dikonsumsi sendiri alias dengan menerapkan diet pisang. Fakta membuktikan, mengonsumsi buah pisang secara berlebihan justru bisa merusak diet sehat yang dijalankan alasannya kadar gula dalam buah pisang sangat tinggi, begitu juga dengan anggur dan mangga.

Buah kering

Buah kering ialah buah segar yang kandungan airnya dihilangkan. Jadi, kalori dan gula dalam buah kering lebih banyak 5-8 kali lebih banyak dari buah segar. Sebagai contoh, satu mangkuk anggur segar mengandung 60 kalori sedangkan raisin (anggur kering) mengandung 460 kalori.
Solusinya: konsumsi buah kering hanya sebagai hiasan kudapan manis atau toping es krim. Jika Anda ingin ngemil, sebaiknya ngemil buah segar.

 
Buah kering memang bisa bermanfaat untuk menguruskan badan, tapi kalau dikonsumsi berlebih, akhirnya pun kurang mengagumkan buat berat badan. Khususnya kalau Anda ingin mengurangi berat tubuh Anda. Hal ini alasannya buah kering memiliki jumlah gula dan kalori yang lebih banyak ketimbang dikala masih segar. Bahkan hingga 5 hingga 8 kali lebih banyak, lho? Sebagai pertimbangan, buah anggur segar semangkok mengandung 60 kalori sedangkan anggur kering yang juga disebut raisin mengandung kalori sebanyak 460.

Buah alpukat

Buah
alpukat
memang aman dikonsumsi dan engandung antioksidan dan serat, tetapi tinggi kalori. Satu buah alpukat buat menjaga berat tubuh ideal, syaratnya konsumsinya tidak boleh berlebih. Pasalnya, alpukat mengandung 350 kalori dalam 1 buahnya. Untuk itu, kalau Anda ingin mengonsumsi alpukat dikala diet, hendaknya mengonsumsi 50 kalori, atau sekitar 1/7 dari total buah alpukat.

Hati-hati dengan buah beku

Pada dasarnya buah beku memiliki manfaat yang sama dengan buah segar, namun sekarang banyak produsen buah beku yang menambahkan gula ke dalam buahnya biar penjualan makin laris dengan rasa yang menarik. Maka dari itu, dikala membeli sebaiknya luangkan waktu untuk membaca label makanan yang ada dalam kemasan. Pastikan bahwa Anda memilih buah beku yang tidak mengandung tambahan gula.
Buah beku sama sehatnya dengan buah segar. Tetapi banyak produsen buah beku yang menambahkan gula pada buah yang dijualnya. Anda hanya boleh membeli buah beku yang tanpa tambahan gula!

Roti

Tidak semua jenis roti bisa dikonsumsi dikala kita sedang diet. Yang diperbolehkan dan bisa membantu aktivitas turun berat tubuh serta dipercaya sebagai menu makanan sehat untuk diet ialah roti gandum utuh. Lain halnya dengan roti gandum yang sudah bercampur dengan tepung yang justru tidak disar.
Pilih roti yang 100 persen terbuat dari gandum. Sebab, roti gandum yang dicampur dengan tepung halus dapat meningkatkan kadar gula darah.

Teh dalam kemasan

 Teh mengandung antioksidan yang bisa melawan penyakit dan dapat meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi risiko demensia. Namun, kalau Anda meminum teh dalam botol atau dalam kemasan lainnya, Anda telah menambahkan kalori dalam tubuh.

Solusi: seduh teh sendiri di rumah dan tambahkan tambahan secara bertahap sesuai selera Anda.
Teh, khususnya teh hijau memang sangat baik untuk menurunkan berat badan. Namun kalau Anda membeli teh kemasan atau teh botol, ini akan berdampak buruk buat diet sehat yang sedang dijalankan.

Salad

Salad saja bergotong-royong baik buat diet sehat. Namun kalau ada saus krim, keju atau topping lain, salad menjadi kurang mengagumkan dan bisa menggagalkan diet. Buat salad Anda sendiri dan ganti saus krim dengan minyak zaitun.
 Salad bisa lebih buruk dari pizza kalau Anda menambahkan keju parut, manisan, atau saus krim ke dalamnya.
Solusi: kurangi tambahan topping pada salad dan gunakan minyak zaitun sebagai pengganti saus.


Selain makanan di atas, masih cukup banyak  menu makanan sehat yang kurang aman kalau dikonsumsi secara berlebihan dikala kita sedang dalam aktivitas diet alami.