Ini Olahraga yang Tepat Saat Puasa

Ini Olahraga yang Tepat Saat Puasa : Puasa bukan pantangan untuk tetap berolahraga. Namun tentu perlu berbeda dalam beberapa hal mengingat kondisi tubuh selama berpuasa tak sama dengan di dikala tidak puasa. Lebih penting dari itu, kapan waktu yang sempurna berolahraga dalam kondisi berpuasa, kita bicarakan di bawah ini.

BEROLAHRAGA dalam arti luas mencakup bergerak badan. Bentuk latihan fisiknya hendaknya memperlihatkan dampak konkret terhadap kerja jantung. Apa pun jenis kegiatan fisik yang dipilih, selama degup jantung meraih zona aerobik, ia tergolong bermanfaat bagi kesehatan. Seperti itu pilihan kegiatan fisik selama berpuasa.

Puasa seharusnya bukan menjadi aral kita untuk tetap beraktivitas dan berolahraga. Terlebih bagi Anda yang terbiasa berolahraga, jangan hingga meninggalkan rutinitas tersebut alasannya ialah mampu berdampak pada kondisi tubuh. Yang perlu diperhatikan hanya porsi olahraganya saja berikut pilihan olahraga yang sempurna dikala sedang berpuasa. Di sini, kami akan memperlihatkan beberapa rangkuman dan pilihan olahraga yang mampu aman dijalankan sambil berpuasa. Apa sajakah itu?


Puasa

Jenis olahraganya

Apa pun pilihan olahraga atau bergerak badan, hendaknya bukan jenis yang berat (high impact), cukup kategori sedang atau low impact saja. Terlebih bukan pula jenis yang kompetitif semoga tak hingga terkuras seluruh tenaga yang tersisa, selain tak perlu kehilangan lebih banyak cairan tubuh.
Terjadinya kehilangan cairan tubuh (dehidrasi), merupakan ancaman yang tak boleh terjadi. Kalau itu terjadi juga, alih-alih menyumbangkan kondisi bugar, jikalau kehabisan cairan tubuh, akan buruk dampak kesehatannya. Belum lagi kalau kadar gula darah ikut anjlok terpakai oleh energi olahraga yang berlebihan.

Kita tahu selama berpuasa kadar gula dalam darah berada pada level rendah. Tergantung seberapa cukup cadangan gula dalam hati, dan seberapa memadai asupan kalori selama sahur, setiap orang memiliki ambang anjloknya gula darah masing-masing. Makin rendah cadangan gula, dan makin kecil porsi waktu sahur, makin cepat gula darahnya turun.

Kalau pilihannya low impact, mampu memilih jalan cepat (brisk walking), bersepeda santai, taichi, atau yoga. Bukan berkeringat benar yang kita kejar, melainkan apakah degup jantung sudah memasuki zona aerobik. Bagi yang berumur 25 tahun, dapat dihitung zona aerobik cukup 60% dari 225- (umur) atau minimal meraih sekitar 120 degup/menit.

Supaya penguapan dan peluh tidak berlebihan, kegiatan jasmani apa pun selama berpuasa sebaiknya dilakukan di kawasan yang sejuk. Bukankah tujuannya untuk mengejar degup jantung, dan bukan memeras keringat. Kelewat berkeringat malah mengancam terjadinya dehidrasi. Dalam kondisi berpuasa, keseimbangan cairan tubuh rentan goyah.

Jenis olahraga yang dianjurkan dikala sedang berpuasa ialah olahraga kardio. Yaitu olahraga yang mampu memicu jantung supaya bekerja lebih cepat. Namun, bukan berarti olahraga kardio ini harus dilakukan sepanjang hari. Melainkan harus diperhatikan juga waktu terbaik untuk melaksanakannya berikut frekuensi dan durasi melaksanakan olahraga tersebut.

Aturan frekuensi dan durasi olahraga

Untuk melaksanakan kardio dikala berpuasa, perlu diperhatikan frekuensinya. Misalnya 3 kali dalam seminggu. Di mana pilihan harinya juga tidak boleh berurutan. Misalnya saja, kita berolahraga di hari senin, maka selasa bukanlah hari yang sempurna untuk berolahraga lagi. Sebaliknya, olahraga mampu dilakukan lagi di hari rabu. Kaprikornus ada jeda 1 hari untuk melaksanakan olahraga lagi. Dengan kata lain, dalam satu minggu, Anda mampu membuat acara olahraga di hari Senin, Rabu, dan Jum’at atau selasa, kamis, dan sabtu. Anda tinggal pilih acara yang tidak mengganggu keseluruhan acara kegiatan dan rutinitas Anda yang lainnya.

 Waktu yang sempurna untuk olahraga dan bergerak tubuh idealnya satu jam menjelang buka. Alasannya selain begitu selesai dapat pribadi minum, kemungkinan kehabisan gula dalam darah mampu segera tergantikan dikala berbuka. Dengan demikian risiko dehidrasi, dan pingsan oleh anjloknya gula darah, kecil kemungkinan hingga terjad

Pilihan olahraga kardio dan kombinasinya

Perlu ada kombinasi yang dilakukan dikala Anda melaksanakan olahraga. Misalnya, Anda memilih acara selang-seling di hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Maka Anda disarankan untuk tidak melaksanakan olahraga yang sama di 3 hari tersebut. Namun, Anda mampu mengombinasikan tiga olahraga untuk tiga hari berbeda. Yakni, bersepeda, jogging, dan jalan cepat (misalnya).
Disarankan pula untuk melaksanakan olahraga yang ringan dulu, gres disusul dengan intensitas yang lebih banyak dan lebih banyak lagi atau dengan kata lain berat. Soal waktu yang baik, sebaiknya untuk olahraga dikala berpuasa ini dilakukan dikala sore hari saja.

Perlu diperhatikan kalau selama berolahraga sudah hingga mencicipi gelap berkunang-kunang, kemungkinan gula darah turun. Atau kalau sudah lama tidak berkemih, dan urine terakhir kental kuning pekat, bibir dan pengecap kering, kelopak mata cekung, kemungkinan tanda awal dehidrasi. Waspada untuk tidak melanjutkan latihan fisik

Demikianlah Pembahasan ihwal Ini Olahraga yang Tepat Saat Puasa, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Akhir kata, salam hangat dari penulis.