6 Cara Alami & Efektif Mengusir Tikus Curut Di Rumah

Mengusir Tikus curut - Celurut yakni hewan pemakan serangga bertubuh kecil yang berpenampilan menyerupai mencit/tikus kecil dan tergolong dalam familia Soricidae. Salah satu anggotanya yakni celurut rumah (Suncus murinus L.) yang biasa dijumpai berlari di sudut dinding mencari mangsa. Di habitat alaminya celurut memakan serangga serangga dan hewan kecil yang terdapat dialam menyerupai lebah , kecoa , lipan , kumbang , kupu-kupu , larva ngengat , jangkrik , cacing tanah , belalang , tawon ichneumonid , kaki seribu , siput , dan laba-laba.

Dan dikala tidak menerima cukup makanan di habitat alaminya mereka akan mencari makanan ke manapun mereka mampu menerima makanan termasuk ke dalam rumah anda. Ketika mereka memasuki rumah anda mereka akan memakan hewan dan serangga kecil sampai sisa sisa makanan dirumah anda.

Mengusir Tikus Curut Di Rumah

Hewan ini kerap kali dianggap sebagai tikus alasannya yakni ukuran , warna rambut , serta moncongnya , sehingga dinamakan pula tikus kesturi. Sebutan lainnya yakni cecurut , (tikus) curut , cencurut , dan munggis. Pada kenyataannya , celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus , bahkan berbeda ordo , celurut termasuk ordo Soricomorpha , bukan Rodentia (hewan pengerat). Karena habitat hidupnya yang tumpang tindih dengan tikus , celurut juga menjadi hewan vektor penyakit yang serupa dengan tikus dan mencit. Mereka bertanggung jawab terhadap penyebaran virus , basil dan bibit penyakit termasuk pes.

Memang sudah banyak materi kimia yang beredar dipasaran untuk membunuh celurut ini , tetapi akan lebih baik kalau anda menggunakan cara cara alami yang tentu saja aman bagi peliharaan dirumah termasuk anggota keluarga anda dirumah. Nah berikut yakni beberapa tips alami mengusir celurut dirumah anda.

Pastikan ruangan anda bersih
Seperti diketahui bahwa celurut atau curut menyukai tempat tempat kotor , gelap dan lembab maka tidak mengherankan kalau banyak dari mereka yang sering dijumpai dibawah lemari , dikolong tempat tidur dibawah meja makan dan sebagainya. Pastikan untuk menjaga kebersihan ruangan rumah anda dari tumpukan kayu , watu atau perabotan lain yang mungkin mampu digunakan curut atau celurut untuk bersembunyi.

Tidak memberinya aksen pasokan makanan berarti cara ampuh untuk mencegah celurut masuk kerumah
Seperti kita ketahui bahwa hewan hewan liar menyerupai kucing liar , katak , ular bahkan curut akan memasuki rumah anda dikala mereka mengetahui cukup tersedia pasokan makanan yang tersedia dirumah anda. Kaprikornus untuk mencegah hewan hewan tersebut masuk kedalam rumah cukup pastikan tidak ada makanan yang menarik perhatian mereka masuk kedalam rumah anda menyerupai menyimpan makanan dalam keadaan tertutup , tidak ada sisa sisa makanan di ruang dapur anda , tidak tersedia serangga menyerupai kecoa , laba laba diruangan rumah dan sebagainya. Jauhkan sampah luar ruangan dan wadah sampah tertutup rapat.

Pastikan ruangan rumah anda bersih dan kering
Pastikan tempat tempat diruangan anda tetap bersih dan kering dari sumber air. Hindari menciptakan lingkungan yang lembab , yang sangat menarik untuk curut atau celurut masuk ke rumah anda. Hewan ini mampu mengalami dehidrasi dengan cepat dan mudah , sehingga mereka tidak mampu jauh dari sumber air. Lingkungan yang lembab juga cenderung untuk menarik hama serangga , diversifikasi dan meningkatkan tersedia persediaan makanan tikus.

Memelihara predator musuh celurut
Jika anda menyukai kucing atau anjing maka hal itu sangat baik untukmenjauhkan tikus curut dari rumah anda alasannya yakni hewan peliharaan tersebut merupakan musuh alami celurut. Hewan predator alami celurut lainnya yakni ular , elang , burung hantu dsb.

Menggunakan kebisingan , atau menggunakan bunyi infra dan ultrasonik
Seperti diketahui bahwa curut atau celurut tidak menyukai tempat tempat bising. Bahkan anda dapat menggunakan aplikasi smartphone atau laptop yang banyak tersedia diinternet untuk menghasilkan bunyi infrasonik atau ultrasonik untuk mengusir hewan hewan menyerupai nyamuk , serangga , tikus dan hewan hewan pengganggu lain dirumah anda.

Menggunakan shrews repellent
Shrews repellent berarti pengusir tikus curut yang banyak tersedia di toko toko biasanya toko peternakan. Bahan ini memiliki anyir menyerupai anyir urine. Tikus , celurut menyerupai spesies yang paling mangsa , diburu oleh banyak hewan. Mereka cenderung menghindari tempat di mana predator hang out , patroli secara teratur dan menandai dengan anyir urin menyerupai pada shrews repellent ini dapat menjauhkan rumah anda dari tikus celurut. Ikuti petunjuk kemasan.