Cara Mengetahui Kualitas Gitar Akustik

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang suaranya dipengaruhi oleh kayu pembuat gitar dan senar yang dipakai. Semakin tinggi kualitas kayu dan senar, semakin cantik bunyi yang dihasilkan.


  1. Gitar yang memiliki kualitas baik biasanya memiliki bobot yang lebih berat dan berisi dibanding dengan gitar kualitas buruk. Hal ini disebabkan karena materi yang digunakan untuk membuat gitar yang baik menggunakan triplek dengan kualitas tinggi.
  2. Ketahuilah jenis kayu yang digunakan. Jenis kayu yang digunakan biasanya berbahan Spurce dan Meranti. Dua jenis kayu ini merupakan jenis kayu yang berkualitas. Kualitas gitar yang bagus harus berbahan full kayu
  3. Perhatikan lengkungan dan sambungan dari setiap kayu. Lengkungan yang terbentuk tepat akan menghasilkan gitar yang baik. Biasanya gitar dengan kualitas buruk memiliki sambungan yang putus-putus.
  4. Pada tiap sisi body harus dilengkapi dengan fiber.
  5. Pada episode leher gitar harus dilengkapi dengan plat besi sebagai pengencang gitar. Hal ini dibutuhkan karena bila senar ditarik dengan berpengaruh maka leher gitar (neck) tidak bengkok bahkan patah. Plat besi diletakan di dalam body atau di ujung leher gitar dengan ditambah mika.
  6. Tes body gitar dengan mengetukkan jari atau tangan pada body gitar untuk mengetahui bunyi yang dihasilkan. Jika bunyi yang dihasilkan padat maka gitar tersebut memiliki kualitas yang baik. Jika terdengar kosong atau hampa, maka kualitas gitar tersebut terbilang buruk.
  7. Bahan fret gitar harus terbuat dari stainless, karena bukannya hanya menghasilkan bunyi yang bagus tapi juga awet.
  8. Pemilihan tuning peg harus tepat. Tuning peg berfungsi untuk menyetel atau menyetem senar gitar. Pilihlah tuning peg yang memiliki akurasi tinggi. Tuning peg yang memiliki kualitas bagus terbuat dari stainless steel supaya tidak mudah berkarat.
  9. Terakhir, cek bunyi gitar dengan cara memainkannya. Cek ketepatan nada yang dihasilkan ketika kita berpindah fret sepanjang leher gitar (neck). Gitar dengan kualitas buruk akan terdengar fals bila sudah mencapai fret diatas 12.
  10. Senar yang baik, menggunakan senar nylon atau senar steel. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Senar nylon bunyi lebih kecil tapi lebih infinit dan lentur, sedangkan senar steel bunyi keras, namun mudah rusak atau putus.
Memilih gitar yang berkualitas memang cukup sulit karena memerlukan naluri dan ketelitian. Berikut rekomendasi untuk beberapa gitar yang berkualitas sebagai rujukan memilih gitar. Baca Juga: Daftar Gitar Akustik Terbaik
Berikut beberapa pola gitar berkualitas yang ada di dunia, antara lain :
  1. Fender CD-60 Dreadnought
  2. Washburn WD7S Harvest Series
  3. LAG T100D Stage Series Dreadnought
  4. Martin LX1 Little Martin
  5. Guild GAD D-250
  6. Yamaha F-310
  7. Recorder King RPH 05
  8. Fender Sonora SCE
  9. Yamaha FG700S
  10. Epiphone Hummingbird
Cara Perwatan Gitar Akustik
Sebagus apapun sebuah gitar akustik, pasti memerlukan perawatan tepat supaya kualitas gitar tetap terjaga dan kualitas tetap bunyi tetap pada performa serta dari segi penampilan tetap cantik dan bersih. Berikut beberapa tips untuk merawat gitar, antara lain :

1. Letakkan gitar pada case

Saat membeli gitar, sebaiknya anda juga membeli case untuk kawasan atau wadah gitar. Hal ini dilakukan supaya gitar terlindung dari abu dan mengurangi kemungkinan kerusakan bila terjadi benturan atau terjatuh. Case gitar terbagi menjadi dua jenis yaitu softcase dan hardcase, untuk softcase materi yang digunakan cukup lembut dan terbuat dari kain atau kulit, sehingga tidak dapat melindungi gitar dari benturan namun pas untuk melindungi dari abu dan kotoran. Sedangkan untuk hardcase, materi yang digunakan lebih tebal dan berpengaruh karena terbuat dari kayu yang dilapisi plastik atau kulit. Hardcase sangat dianjurkan untuk melindungi gitar, karena tidak hanya dapat melindungi dari abu dan kotoran saja, namun bila terjadi benturan maka gitar tetap aman dan tidak lecet. Hardcase cocok untuk dibawa berpergian, semisal latihan band atau konser.

2. Letakan gitar pada kawasan yang tepat

Setelah bermain gitar, pastikan anda menaruh gitar pada kawasan yang tepat supaya menghindari benturan atau bahkan hingga terjatuh. Hal ini dapat merusak kualitas gitar, atau bahkan gitar tidak mampu digunakan kembali.
Jangan letakkan gitar pada dinding. Sewaktu-waktu bila gitar tersenggol maka gitar dapat rusak. Selain itu jangan biarkan gitar tergeletak begitu saja di lantai atau di kasur, karena dapat mengakibatkan resiko tertendang atau tertimpa barang lain. Kemudian sebisa mungkin jauhkan dari kawasan yang lembab, karena dapat mengakibatkan jamur pada body gitar.

Letakkan gitar pada stand gitar supaya lebih aman, atau masukan pada case gitar sehingga terhindar dari abu dan juga benturan.

3. Pastikan gitar terlihat bersih

Kebersihan gitar dapat membuat gitar nampak masih gres dan jauh dari kesan buruk. Bersihkan gitar mulai dari body gitar depan, belakang dan samping menggunakan kain. Kemudian bersihkan episode bawah senar yang cukup sulit bila menggunakan kain, sebaiknya bersihkan bawah senar menggunakan kuas cat yang kecil sehingga dapat menjangkau sela-sela sempit episode bawah senar.

4. Senar gitar wajib selalu bersih

Senar sangat penting dalam sebuah gitar, karena bila senar tidak terawat maka kualitas dari bunyi gitar tidak maksimal. Senar sebaiknya selalu dibersihkan sebelum dan sesudah menggunakan gitar. Hal yang perlu dilakukan adalah, bersihkan senar menggunakan kain atau pembersih senar khusus (string cleaner). Salah satu yang direkomendasikan menggunakan baby oil atau minyak telon untuk membersihkan senar.

Bagian senar merupakan episode yang selalu dipegang, ketika bermain gitar pasti banyak kotoran yang menempel pada senar karena kotoran atau keringat pada tangan kita akan menempel pada senar. Kotoran yang menempel dapat mengakibatkan karat pada senar. Senar yang berkarat dapat menyebabkan fret menjadi rusak sehingga senar yang dipetik akan menghasilkan nada yang cempreng.

5. Kendorkan senar gitar
Jika gitar tidak digunakan dalam jangkau waktu yang lama, sebaiknya kendorkan senar gitar kalian. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya bengkokan pada neck gitar dan terputusnya senar gitar. Walaupun kemungkinan kecil terjadinya kerusakan, namun sebaiknya mencegah terjadinya hal tersebut.

6. Ganti senar secara rutin
Senar merupakan episode penting dalam menghasilkan bunyi yang cantik dari sebuah gitar. Senar gitar yang sudah lama dan jarang mendapat perawatan pasti akan mengakibatkan karat, sebaiknya ganti senat gitar yang sudah berkarat atau yang sudah dirasa hampir putus. Hal ini tidak hanya mengakibatkan bunyi yang tidak enak didengar, tapi juga dapat merusak fret gitar. Terlebih senar yang berkarat dapat mengakibatkan nanah pada tangan. Gantilah senar gitar satu set, jangan Cuma satu episode senar saja karena akan mengakibatkan bunyi yang berbeda antara senar gres dan senar lama.