6 Cara Membuat Batu Akik Lebih Mengkilap dan Berkilau

BloggerBugis - Mengkilapkan watu akik atau watu permata yaitu salah satu aktivitas yang mengasikkan/meyenangkan dan kadang dilakukan oleh para penggemar watu permata di kala ada waktu senggang. Keindahan yang dimiliki oleh watu permata yaitu faktor utama yang menjadikannya mempunyai nilai atau harga jual yang sangat tinggi, maka dari itu agar permata senantiasa menampakkan keindahannya tentunya diperlukan perawatan secara rutin agar keindahan watu permata tidak kusam dan memudar.

Batu akik yaitu aksesoris yang dapat dijadikan perhiasan pada jari tangan, indera pendengaran maupun menjadi hiasan leher. Batu akik yaitu aksesoris gres yang sekarang ini semakin banyak peminatnya baik bau tanah maupun muda. Mulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, jadi tak heran jik sekarang ini banyak pengoleksi watu permata.

Mengkilapkan

Mengkilapkan Batu Akik/Batu Mulia

Nah bagi Anda para kolektor watu akik terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk menjadikan watu akik anda semakin mengkilap dan mengagumkan dengan cara sederhana, di bawah ini cara-cara yang dapat anda lakukan agar watu permata tambah mengkilap serta tidak menjadikan kerusakan kalau anda mencoba mengkipakannya selengkapnya simak 6 tips mengkilapkan watu akik:

1. MEMANFAATKAN SERBUK INTAN

Mengkilapkan

Menggunakan serbuk intan kerap digunakan oleh para pedagang watu akik maupun penjual perhiasan untuk menjadikannya makin berkilau dan mengkilap tak lain dengan tujuan untuk menarik perhatian calon pembeli. Memanfaatkan serbuk intan tentunya akan menjadikan watu akik halus dan berkilau.

2. MENGOSOK BATU DENGAN BAMBU

Mengkilapkan

Tidak dipungkiri apabila batu akik pada sebuah cincin yang terpasang dijari kerap tampak kotor serta kadang tak begitu mengkilap bahkan dapat tergores. Nah terdapat cara mudah dan gampang untuk menjadikan watu akik kembali mengkilap yakni dengan memanfaatkan bambu. Caranya yakni dengan memakai bambu yang masih muda gosokkan pada adegan dalamnya bambu untuk menggosok watu permata yang anda miliki.

3. MENGGUNAKAN KAIN LEVIS/KAIN GONI

Untuk mengkilapkan watu akik anda pun dapat menggunakan kain berbahan berangasan misal kain levis bekas atau memanfaat serat karung goni. Gosokkan kain berangasan secara berulang ulang pada watu akik kesayangan anda, maka watu akik anda akan mengkilap kembali serta akan terlihat tambah berkilau.

4. MENGKILAPKAN PERMATA DENGAN DAUN PISANG

Daun pisang kering atau dalam bahasa makassar disebut leko unti/raung utti/loka ini ternyata pun dapat menjadikan watu akik kembali kinclong dan mengkilap.

Mengkilapkan

Memanfaatkan daun pisang kering caranya cukup dengan menyiapkan selembar daun pisang kering kemudian adegan bawahnya diberi bantalan yang lembut selajutnya gosokkan watu akik anda secara berulang hingga tampak mengkilap.

5. MENGGUNAKAN ALUMINIUM FOIL

Memanfaatkan Aluminium Foil (anda dapat membelinya di toko materi banguan) atau kalau tidak ada anda dapat memanfaakan kertas adegan dalam pembungkus rakok, caranya pun tergolong mudah cukup dengan menggosoknya, terapkan secara perlahan dengan tidak menekan watu terlalu keras. Pakailaj bantalan yang lembut misal karet atau materi yang tidak mejadikan watu tertekan.

6. MENGGUNAKAN KULIT BEKAS

Menggosok watu dengan memanfaatkan kulit yang tidak berangasan misalnya dengan memanfaatkan tas kulit bekas, dompet kulit bekas, sepatu atau sandal kulit yang sudah tidak terpakai yaitu salah satu cara memgkilapkan watu akik, cara cukup dengan menggosokkan watu akik Anda secara berulang-ulang maka watu akan kembali mengkilap.

Dari ke enam cara diatas berlaku untuk permata yang telah dibentuk dan permukaannya masih belum halus atau rata serta belum mengkilap secara permanent. Akan tetapi alangkah baiknya sebelum menerpakan cara diatas kenali abjad watu yang Anda miliki, sebab pada beberapa permatan kadang mudah terpengaruhi dikala digosok dengan materi pengkilap, sebaiknya dalam mengkilapkan permata agar tidak terburu-buru kadang memelukan waktu yang lama utuk menerima hasil maksimal.

Nah itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda terapkan untuk menjadiak watu akik anda tamba berkilau dan mengkilap. Sebenarnya masih terdapat banyak cara-cara lain yang dapat kita tempuh untuk mengkilapkan watu akik/batu permata buram dan kusam akhir goresan, tak terawat atau kotor. Kadang kala watu akik yang sudah berumur tidak mendapat perwatan maka akan terlihat gelap serta tak memantulkan cahaya.