Cara Alami Untuk Mencegah Osteoporosis

Membahas perihal cara alami untuk mencegah osteoporosis sama artinya kita membicarakan aktivitas meningkatkan kepadatan tulang. Seperti yang kita tahu osteoporosis ialah ‘musuh’ utama terutama bagi mereka yang mendekati usia senja, meskipun tidak menutup kemungkinan kaum muda juga mengalami hal yang sama. Osteoporosis atau pengeroposan tulang ialah kasus yang menyerang insan diatas usia 50 tahun. Meskipun tidak ada data dan alasan yang akurat, konon kasus ini lebih banyak menyerang kaum wanita dibanding laki-laki. Pengeroposan tulang yang paling sering terjadi secara umum dikuasai pada bab tulang belakang, tulang rusuk, dan tulang pinggul.

 sama artinya kita membicarakan aktivitas meningkatkan kepadatan tulang Cara Alami untuk Mencegah Osteoporosis

1 dari 3 wanita dan 1 dari 6 pria berpotensi mengalami patah tulang pinggul. Bahkan 12 persen sampai 20 persen dari kasus tersebut berujung kematian. Begitu rawannya tulang insan ketika memasuki paruh baya, oleh alasannya itu dibutuhkan cara alami untuk mencegah osteoporosis semenjak dini, sehingga meskipun usia bertambah kekuatan tulang tetap terjaga. Melindungi serta memperkuat tulang mutlak dilakukan, tidak hanya untuk kaum wanita namun hal ini juga wajib diperhatikan oleh kaum laki-laki.

1. Olahraga Teratur

Olahraga teratur ialah cara efektif mencegah osteoporosis selain untuk menjaga kesehatan organ badan lain tentunya. Intinya apapun jenis olahraga yang kita lakukan semua baik untuk menambah kekuatan tulang. Ada beberapa jenis olahraga yang dianjurkan yaitu latihan beban, aerobic, senam dan yoga.

2. Asupan Kalsium

Menurut penelitian, asupan pemanis kalsium bisa menghambat pengeroposan tulang mencapai 30 sampai 50 persen. Namun dibanding dengan mengonsumsi pemanis akan lebih bijak kalau kita mendapat asupan kalsium tersebut dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Kaprikornus sebaiknya kita hanya mengonsumsi makanan berkalsium tinggi sedangkan pemanis ialah opsi kedua yang kita konsumsi apabila memang diperlukan. Makanan kaya kalsium yang cukup ampuh untuk mencegah osteoporosis ialah kacang hijau segar, asparagus, almond, dan gandum. Jenis ikan salmon dan sarden juga termasuk makanan berkalsium tinggi.

3. Konsumsi Teh Hijau
Cara alami untuk mencegah osteoporosis berikutnya ialah dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin. Teh hijau tidak hanya efektif membantu memperabukan timbunan lemak tapi juga bisa mempertahankan kepadatan tulang.

4. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran terutama yang berdaun hijau banyak mengandung banyak sekali vitamin serta mineral ibarat vitamin K1, boron, serta kalsium. Oleh alasannya itu sayur-sayuran hijau dipercaya bisa memproteksi tulang dari resiko osteoporosis. Adapun vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tulang bisa kita sanggup dari beberapa jenis sayuran ibarat sawi hijau, bayam, brokoli dan kangkung.

5. Asupan Vitamin D
Berjemur di pagi hari sama artinya kita memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh. Dengan kata lain sinar matahari pagi membantu optimalisasi kierja vitamin D dalam badan yang didapat dari makanan yang kita konsumsi. Dalam hal ini vitamin D akan menstimulasi peresapan kalsium sehingga resiko terjadinya osteoporosis sanggup diminimalisir. Untuk memenuhi asupan vitamin D mengonsumsi pemanis yang mengandung magnesium bisa dipertimbangkan.

6. Hindari Alkohol, Rokok dan Kopi

Cara alami untuk mencegah osteoporosis yang terakhir ialah dengan menhindari konsumsi alkohol, rokok dan kopi. Tak ada sedikitpun dampak nyata dari ketiganya. Justru alkohol, rokok, dan kopi sangat membahayakan kesehatan tulang, selain tentunya sanggup menjadikan banyak sekali macam penyakit pada organ badan lainnya. selain alkohol, rokok dan kopi kita juga harus menghindari konsumsi soft drink berlebihan. Soda yang terkandung pada soft drink mempunyai bantuan cukup besar terhadap pengeroposan tulang. Dengan kata lain kandungan asam pada soda secara peermanen akan mengikis stok kalsium pada tulang sekaligus menghilangkan lapisan enamel pada gigi manusia.