Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Susah tidur atau dikenal dengan istilah insomnia merupakan salah satu dilema yang sering dihadapi oleh orang-orang pada zaman modern dengan segudang aktifitas yang kadang menciptakan stres. Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadikan seseorang mengalami susah tidur.

Menurut laman all womens talk, setidaknya ada 8 penyebab kenapa seseorang sulit tertidur di malam hari.

  1. Berolahraga sebelum tidur
  2. Terlalu banyak tidur siang
  3. Perasaan khawatir, cemas
  4. Minuman beralkohol
  5. Minuman berkafein
  6. Kamar terlalu terang
  7. Konsumsi protein sebelum tidur
  8. Kamar tidur yang berantakan

Sementara itu, situs Vemale.com menambah beberapa faktor antara lain faktor hormonal, problem kesehatan dan dampak usia juga sanggup menyebabkkan seseorang sulit tidur.

Tidur yang berkualitas baik untuk kesehatan
Lalu bagaimana cara yang sempurna untuk mengatasi susah tidur alias insomnia ini? Simak ulasannya di bawah ini:

Pola tidur. Menuru psikolog Colleen Carney, contoh tidur yang tidak teratur menjadi penyebab utama tanda-tanda insomnia. Kaprikornus untuk medapatkan tidur yang berkualitas kita harus memulai dengan contoh tidur yang konsisten. Tidur 8 jam sehari dan tidak lewat tengah malam.

Pencahayaan. Kondisi cahaya yang terlalu jelas di kamar tidur sanggup menjadikan anda mengalami kesulitan tidur. Hal ini sebab mata anda merespon cahaya lampu bahkan saat sudah tertidur sekalipun.

Suhu kamar. Suhu ruangan daerah Anda tidur juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu hirau taacuh dan jangan terlalu panas. Buat suhu kamar tidur Anda senyaman mungkin.

Relaksasi. Stres, kecemasan dan kelelahan merupakan faktor penyebab susah tidur. Mulailah dengan latihan relaksasi menyerupai mengatur pernafasan yang menciptakan Anda rileks dan membuang hal-hal negatif. Mendengarkan musik dan menghirup aromatherapi juga sanggup membantu Anda tidur lebih cepat.

Membaca buku. Hindari aktifitas menonton televisi, memakai komputer dan handphone sebab acara tersebut sanggup menjadikan sulit tertidur. Ganti kebiasaan tersebut dengan membaca buku di malam hari sebelum Anda tidur.

Rapikan kamar tidur. Kamar tidur yang berserakan sanggup menjadikan kita tidak merasa nyaman berada di kamar. Akibatnya Anda akan kesulitan untuk tidur. Rapikan kamar tidur anda dan buang barang-barang yang menciptakan kamar tidur terasa sesak.

Selain itu gunakan kamar tidur hanya untuk tidur, bukan untuk acara lain. Hal ini untuk membiasakan badan dan pikiran anda, bahwa saat anda sudah masuk ke kamar tidur, maka tujuannya ialah untuk tidur.