21 Manfaat Madu Pahit: Untuk Diet, Kecantikan, Kesuburan, Jerawat, Asam Urat, dll

Madu sudah umum dan populer diketahui masyarakat, banyak orang yang menyadari bahwa madu bermanfaat, akan tetapi hanya sedikit orang saja yang gres mengetahui semua khasiat madu yang segudang banyaknya.

Minuman ini berasal dari materi alami yaitu nektar bunga yang dihisap oleh serangga lebah. Khusus kali ini akan dibahas mengenai madu pahit. Madu pahit dihasilkan dari lebah yang mengambil materi madu dari tanaman yang pahit, diantaranya mahoni, bunga singkong karet, kaliandra, pelawan dan paitan.

Mengenai khasiat madu pahit ini sudah dilakukan penelitian oleh para ilmuwan. Dan ditemukan bahwa madu memiliki zat-zat sangat penting bagi tubuh. Madu pahit umumnya banyak terdapat di wilayah Kalimantan, karena di kalimantan banyak terdapat pohon mahoni sebagai penghasil madu pahit.

Manfaat Madu Pahit
Sumber gambar: Iran-banner.com

Khasiat Madu Pahit Asli

1. Meredakan gejala asam urat
Asam urat terjadi karena adanya kondisi pengkristalan dari lemak di episode persendian tubuh. Sehingga dalam satu waktu asam urat bisa saja kambuh, yang menjadikan rasa sakit yang luar biasa perih dan sangat membuat tidak nyaman. Sehingga penderitanya menjadi kesusahan untuk bergerak, yang membuat acara sehari-hari menjadi terganggu.

Kandungan yang ada di dalam madu hitam pahit bisa membantu mengatasi asam urat yang dirasakan. Di dalam madu pahit terdapat zat yang berfungsi mengontrol zat purin semoga tidak terlalu banyak. Dimana tingginya kadar zat purin menjadi pemicu muncilnya duduk perkara asam urat.

2. Mengatasi kolesterol tinggi
Madu Pahit memiliki kandungan berupa gula, karbohidrat dan protein. Serta kaya akan vitamin berupa vitamin B2, B3, B5, B6, B9 dan Vitamin C. Madu pahit juga kaya akan kandungan mineral yaitu zat besi, seng, kalium, fosfor dan sodium.

Dengan kaya akan nutrisi menyerupai itu, madu pahit dapat dipercaya untuk menurunkan kadar kolesterol menjadi normal.  Madu hitam pahit bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Jika rutin diminum, maka lama-kalmaan kadar kolesterol akan menurun ke tahap normal.


3. Mengatasi diabetes
Madu pahit menunjukkan manfaat besar untuk penderita diabetes. Yang membantu penderita diabetes semoga bisa dengan baik mengontrol kadar gula di dalam darah, semoga tidak terlalu tinggi kadar gulanya. Kadar gula yang tinggi menjadi duduk perkara besar bagi penderita diabetes.

Dengan minum madu hitam pahit tanpa campuran apapun (terutama gula) maka menunjukkan khasiat penting untuk mengatasi diabates. Hal ini agak berbeda dengan jenis madu pada umumnya, madu pahit rendah akan kandungan gula, yang membuatnya cocok dikonsumsi penderita diabetes.

Madu pahit sangat rendah glukosa, dan mengandung banyak alkaloid. Hal ini menunjukkan manfaat besar bagi penderita diabetes yang mengonsumsinya.

Manfaat yang diperoleh juga bisa menurunkan frekuensi BAK di malam hari, menjaga fungsi penglihatan semoga tetap baik, dan juga bisa mengoptimalkan proses pengeringan luka pada penderita diabetes, sehingga bisa lebih cepat kering. Hal itu karena luka yang dialami penderita diabetes seringkali susah mengering.

Penderita diabetes tipe 2 tetap dapat memproduksi insulin di dalam tubuhnya, akan tetapi insulin yang dihasilkan tidak bisa memadai dari kebutuhan yang diperlukan.  Sehingga peran organ pankreas tidak bisa mencegah kenaikan gula darah.

Masalah lainnya, kondisi gula darah yang kadarnya tinggi dapat menjadikan terjadinya duduk perkara serius pada organ otak, jantung dan ginjal. Sehingga mengkonsumsi madu pahit ini sangat dibutuhkan untuk mengontrol gula bagi penderita diabetes.

Jika penderita diabetes biasanya suka mengonsumsi gula, lalu diganti kebiasaan tersebut dengan mengonsumsi madu pahit maka akan menunjukkan peluang besar semoga penyakit diabates dapat diatasi.

Madu yang manis pun lebih baik daripada gula. Pada salah satu penelitian menemukan bahwa madu lebih baik daripada gula bagi penderita diabetes. Dimana rasa manis pada madu tidak menyerupai sukrosa, madu rendah kalori tetapi sangat bergizi.

Dan madu pahit ini jauh lebih rendah lagi kadar gulanya dibandingkan madu biasa.

4. Meningkatkan stamina
Tentunya untuk bisa menjalankan acara sehari-hari yang padat, akan sangat dibutuhkan kondisi stamina yang prima. Minum madu pahit bisa secara signifikan untuk meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh dalam menjalakan banyak peran sepanjang hari.

Hal itu karena di dalam madu pahit terkandung asupan vitamin dan mineral yang sangat banyak. Yang sangat dibutuhkan tubuh.

5. Meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh
Agar tidak mudah jatuh sakit, terutama flu dan demam yang menjadi ‘langganan’ penyakit bagi banyak orang. Mengonsumsi madu pahit bisa mengoptimalkan sistem kekebalahan tubuh, tubuh tidak akan mudah mengalami jatuh sakit. Di dalam madu hitam kaya akan kandungan antidioksidan dan vitamin.

6. Menjaga fungsi organ jantung
Kandungan polifenol yang cukup tinggi terdapat di dalam madu pahit, memiliki fungsi yang besar sebagai antioksidan tubuh, yang  bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Mengkonsumsi madu secara rutin telah terbukti secara ilmiah oleh para peneliti, bisa menjaga kesehatan organ jantung.

Kondisi peradangan pada dinding dalam pembuluh darah, memicu terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah, yang kemudian meningkatkan resiko penyakit jantung. Pentingnya kandungan zat antioksidan di dalam madu hitam untuk mencegah terjadinya peradangan pada dinding pembuluh.

loading...

7. Mengatasi duduk perkara susah tidur
Sangat menyiksa sebernanya kalau susah tidur di malam hari, karena kita sangat mengharapkan bahwa di pagi dan siang hari tubuh akan kembali fit dan segar. Sehingga siap untuk menyongsong kegiatan padat sehar-hari. Selain itu, gangguan tidur akan menjadikan duduk perkara serius pada kesehatan, menyerupai memicu gangguan pada organ jantung dan otak.

Minum madu pahit bisa membantu Anda semoga bisa tidur dengan lebih nyaman dan nyenyak. Sehingga tidur bisa lebih berkualitas. Disarankan semoga tidur Anda lebih berkualitas lagi, maka matikan lampu ketika tidur.

Baca: 15 Manfaat Tidur Dalam Keadaan Gelap (Mematikan Lampu)

8. Membantu mencegah kegemukan
Rutin minum madu pahit membantu Anda untuk bisa memiliki bentuk tubuh yang ideal. Hal itu karena kandungan di dalam madu pahit punya sifat untuk lama dicerna. Kegunaannya dapat membuat rasa kenyang di perut yang lebih lama. Memanfaatkan madu hitam ini untuk membantu menurunkan berat tubuh ke tahap normal, lebih aman dari pada memakai obat kimia tertentu.

9. Mengatasi duduk perkara tenggorokan menyerupai baruk dan pilek
WHO telah menunjukkan saran untuk mengatasi duduk perkara di tengggorokan dengan menggunakan madu. Walaupun masih belum terdapat bukti ilmiah dari pernyataan WHO ini. Kandungan di dalam madu Pahit ini terdapat zat yang berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan melapisinya guna menunjukkan pelindungan.

Madu hitam juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit yang menyerang. Madu hitam dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk dan pilek alami yang lebih aman dan sehat bagi tubuh, karena tidak ada efek samping yang menimbulkan duduk perkara menyerupai ketika menggunakan obat.

10. Mengobati radang tenggorokan
Sifat anti-bakteri yang dimiliki madu hitam berfungsi untuk mengatasi jaringan yang meradang. Anda bisa membuat seduhan teh yang dicampurkan madu dua sendok, manfaatnya akan membantu untuk menyembuhkan radang tenggorokan, serta membuat tenggorokan lebih lega.

11. Mengatasi duduk perkara pencernaan
Untuk Anda mengalami duduk perkara maag maka dapat memanfaatkan madu pahit untuk menurukan gejalanya. Dimana sifat Madu yang mudah dicerna serta menyehatkan pencernaan, akan sangat bermanfaat bagi penderita maag, termasuk bagi yang mengalami maag kronis.

Madu pahit telah terbukti dapat mengobati duduk perkara luka pada tukak lambung. Disarankan mengkonsumsi madu pahit alami setelah Anda makan.

12. Sebagai masker wajah
Untuk mengatasi duduk perkara flek hitam di wajah dapat memanfaatkan kandungan di dalam madu pahit ini. Anda bisa menjadikannya masker untuk wajah. Dengan menggunakannya akan bisa untuk mengurangi bercak hitam yang terdapat di kulit wajah.

Penyebabkan munculnya flek hitam jawaban beberapa faktor, menyerupai stres, tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik, dan faktor usia (dimana semakin berumur seseorang maka kolagen pada kulit wajah dapat semakin menumpuk yang kemudian memicu timbulnya flek).


13. Mengatasi jerawat
Masalah jerawat ini banyak dikeluhkan, baik itu oleh kalangan remaja maupun dewasa, lelaki maupun wanita. Karena timbulnya jerawat di wajah akan membuat tidak percaya diri. Selain itu, juga tidak sehat  dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Kandungan yang ada di dalam madu hitam pahit bermanfaat untuk mengatasi duduk perkara nanah pada kulit wajah.

Timbulnya nanah pada wajah ini jawaban dari basil dan asupan lemak yang berlebihi. Anda dapat memanfaatkan madu untuk mengatasi duduk perkara wajah berjerawat. Dengan metode masker, yang perlu Anda lakukan ialah mengoles merata di semua episode wajah.

Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi madu hitam. Sehingga Anda dapat mengatasi jerwat dari luar dan dalam, sehingga penyebuhannya bisa lebih cepat. Anda juga harus rajin mencuci muka, terutama setelah dari luar yang banyak polusi dan kotoran di jalan.

14. Mencerahkan kulit
Manfaat selanjutnya ialah mengangkat sel kulit mati di wajah. Sehingga bermanfaat semoga mencerahkan kulit wajah dan juga membuat kulit terasa lebih kencang. Mengoleskan madu hitam pahit pada wajah membantu menghilangkan sel kulit mati.

Untuk membuat ramuannya, yaitu Anda perlu mencampur satu sendok madu, oatmeal dan air lemon. Setelah dicampurkan maka aplikasikan pada wajah sembari memijat wajah. Setelah semuanya selesai, maka tunggu hingga kandungan pada masker ramuan meresap ke kulit wajah. Setelah itu, gres bersihkan wajah.

Madu Pahit dapat juga untuk mengencangkan kulit wajah dan mencegah kerutan-kerutan pada wajah. Manfaatkan madu pahit sebagai masker wajah, oleskan di wajah tipis-tipis, lalu diamkan selama 20-25 menit, atau didiamkan hingga mengering, setelah itu bilaslah menggunakan air hangat (jika penggunaan dilakukan pada malam hari) atau air biasa (jika penggunaan pada pai atau siang hari).

15. Meningkatkan kesuburan
Anda dapat memanfaatkan madu pahit ini untuk mengatasi gairah seksual yang menurun. Madu pahit mempunyaki sifat afrodisiak, yang berfungsi sebagai penambah gairah dan menguatkan vitalitas tubuh. Selain itu juga menguatkan stamina tubuh.

16. Mengatasi masuk angin
Tubuh yang terasa pegal yang disertai rasa sakit di kepala, maka untuk mengatasi Anda bisa memanfaatkan khasiat dair madu pahit ini. Disamping itu Anda juga harus menjaga tidur dan istirahat yang cukup, jangan hingga tubuh terlalu lelah.

17. Menjaga kesehatan liver (organ hati)
Madu pahit memiliki kandungan mineral dan vitamin yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ hati. Keberadaan organ hati di dalam tubuh sangat penting untuk menyaring dan membuang zat-zat racun yang ada di dalam tubuh, untuk kemudian dibuang keluar tubuh melalui proses BAB, buang air kecil, dan keringat.

18. Mengoptimalkan fungsi ginjal
Mengonsumsi madu pahit bermanfaat penting bagi organ ginjal. Organ ginjal di dalam tubuh mempunyaki fungsi yang vial. Jika tubuh mengalami kerusakan ginjal maka akan menimbulkan gangguan serius bagi tubuh, bahkan bisa hingga tahap kematian.

19. Mengobati duduk perkara Pernafasan
Kondisi kotoran dan zat racun yang banyak menumpuk pada organ paru-paru menjadikan duduk perkara serius bagi pernafasan tubuh. Kotoran bia masuk ke paru-paru jawaban dari tubuh yang sering terkena polusi di jalan, terutama asap kendaran bermotor dan abu jalanan. Untuk mengatasi gangguan pada pernafasan maka minumlah madu pahit.

20. Menyembuhkan luka lebih cepat
Sebuah penelitian di tahun 2012, dimana para Ilmuwan dari Cardiff Metropolitan University Wales, dari hasil penelitiannya menerangkan bahwa Madu bisa mengatasi nanah dan juga mencegah perkembangan basil pada luka kronis, sehingga sangat penting untuk proses penyembuhan luka.

Di dalam madu hitam juga memiliki kandungan vitamin C, yang membantu untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses penyembuhan.

21. Mencegah penuaan dini
Madu hitam pahit memiliki zat antioksidan yang lumayan banyak, manfaatnya sangat penting bagi tubuh untuk menangkal serangan radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mencegah berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Kandungan anti basil dan anti virus di dalam madu juga sangat penting.

Efek Samping Madu Hitam Pahit
Sebenarnya tidak terdapat efek samping dari madu pahit kalau dikonsumsi tidak berlebihan. Jika Anda mengonsumsi madu pahit secara berlebihan menjadikan timbulnya resiko gangguan pada pencernaan atau perut, hingga bisa menyebakan diare.

Hindari menunjukkan madu pada bayi di bawah satu tahun. Hal ini dikatakan oleh banyak hebat kesehatan di negara-negara Eropa dan Amerika. Mereka mengatakan bahwa menunjukkan madu pada bayi di belum dewasa satu tahun menjadikan bayi terkena penyakit botulisme.

Botulisme ialah penyakit jawaban keracunan yang cukup berbahaya, yang disebabkan oleh racun jawaban serangan basil Clostridium botulinum. Bahaya yang ditimbulkan bisa menjadikan kerusakan pada sistem saraf, menyerupai saraf pada organ otak, tulang belakang, dan lainnya, yang hasilnya bisa memicu kelumpuhan otot. (Sumber: Alodokter.com: Botulisme - Gejala, penyebab dan mengobati)