35 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat (Secara Alami & Modern)

Seringkali jerawat membuat tidak percaya diri. Jerawat yaitu kondisi pori-pori kulit yang tersumbat, hal ini memicu penumpukan kotoran, peradangan hingga memunculkan kantung nanah.

Tipe-tipe jerawat yang pernah terjadinya bermacam-macam, diantaranya komedo, jerawat biasa hingga jerawat batu. Adapun penyebab munculnya jerawat alasannya yaitu banyak sekali macam hal, tapi terutamanya alasannya yaitu kebersihan wajah yang kurang diperhatikan.

Jerawat sering membuat jengkel, ditambah lagi bekas yang ditimbulkan jerawat akan sulit dihilangkan.

Bekas Jerawat

Terdapat banyak cara dan tips untuk bisa menghilangkan bekas jerawat, eksklusif saja berikut di bawah ini penjelasannya.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum Air Putih
Credit: Pixabay.com

Tidak jarang orang-orang meremehkan akan manfaat minum air putih yang cukup pada setiap harinya. Manfaat minum air putih ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan badan secara umum, namun juga menjaga penampilan kulit tubuh.

Jika kulit sehat maka Anda akan lebih bisa untuk menghindari yang namanya jerawat. Nah, bila bekas jerawat masih aja membandel di wajah, maka hendaknya memperbanyak minum air putih dari sekarang.

Minum air putih sangat penting untuk dan keindahan kesehatan kulit. Selain itu, tidak hanya jerawat saja yang akan mereda, juga bekas jerawat yang sudah lama muncul bisa memudar dan sirna dengan cepat.

Penyebab jerawat bisa alasannya yaitu terlalu banyak pikiran dan stress. Tertekan dengan banyaknya duduk perkara bisa membuat jerawat lebih merajalela di kulit wajah. Nah, minum air putih bisa membuat suasana hati membaik, dan meredakan stress yang sedang dialami.

Minum air putih membuat badan lebih segar, sehingga Anda terhindar dari yang namanya lesu, letih ataupun tidak bertenaga. Rasa lesu dan semacamnya inilah yang memicu suasana hati buruk.

Peran air putih lainnya yaitu membantu mengeluarkan toksin serta kotoran, sehingga apapun duduk perkara yang ada pada kulit akan bisa segera terselesaikan dengan banyak minum air putih.

Rajin minum air putih membuat kulit lebih halus dan lembut, serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak, menghilangkan flek hitam, parut, bopeng dan bekas jerawat.

Minum air putih akan bermanfaat untuk memaksimalkan proses pengeluaran racun dan kotoran dari dalam badan serta pori-pori kulit. Hal ini sangat penting biar kotoran-kotoran yang selama ini menyumbat (sehingga memicu jerawat), akan bisa dibersihkan sepenuhnya.

Hal terakhir, mengapa air putih bisa menghilangkan bekas jerawat? yaitu bahwa air putih yang dikonsumsi akan bermanfaat untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit.

Dimana biar proses regenerasi kulit bisa berjalan dengan tepat maka badan wajib terhidrasi dengan baik.

Dengan proses regenerasi kulit yang baik, maka sangat bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat, bopeng dan flek hitam di wajah.

2. Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Tomat

Tomat
Credit: Pixabay.com

Bekas jerawat tidaklah bersifat permanen, hanya saja perlu waktu bertahun-tahun biar bekasnya tersebut menghilang sepenuhnya. Salah satu perawatan alami yang cukup bagus, yaitu dengan memanfaatkan tomat untuk menghilangkan bekas jerawat yang menjengkelkan tersebut.

Tomat merupakan sumber kandungan vitamin A yang berguna untuk mempercepat proses pergantian kulit, sehingga sebuah hal yang bagus mengaplikasikan materi alami ini eksklusif pada kulit wajah.

Banyak produk perawatan jerawat yang menggunakan materi vitamin A. Tomat memiliki khasiat untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan bekas jerawat. Selain vitamin A, tomat juga memiliki kandungan vitamin lainnya, mirip vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan beberapa turunan vitamin B.

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan materi alami tomat ini, simple-nya yaitu dengan mengiris tomat menjadi beberapa bagian, lalu ditempelkan ke episode bekas jerawat. Biarkan dalam keadaan menempel mirip itu selama 60 menit, lakukan hal ini setiap hari.

Selain itu, Anda dapat melaksanakan cara kombinasi tomat dengan materi lainnya. Berikut bahan-bahan yang perlu disiapkan:
  • 2 sdm air jus tomat
  • 6 tetes air lemon

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan kedua materi tersebut di dalam wadah hingga tercampur rata.
  2. Lalu oleskan pada episode wajah yang terdapat bekas jerawat.
  3. Setelah selesai mengoleskan, biarkan saja selama 15-20 menit.
  4. Setelah itu barulah membilas dengan air hangat, setelah itu bilas wajah dengan air biasa.

Sebagai tips, ketika terbaik untuk menggunakan masker ini yaitu ketika sebelum tidur, lakukan setiap hari atau setidaknya 3 kali dalam seminggu.


3. Mulailah Rajin Berolahraga dari Sekarang

Berolahraga
Berolahraga | Credit: Pixabay.com

Olahraga yang dilakukan akan memperlancar peredaran oksigen ke seluruh tubuh, khsusnya pada kulit. Permasalahan jerawat ini tidak hanya diatasi dari luar tetapi juga dari dalam.

Olahraga yang dilakukan akan bermanfaat untuk membantu menghilangkan jerawat maupun bekas jerawat. Kalau bisa lakukan jogging selama 30 menit dalam setiap hari, utamakan jogging dilakukan di pagi hari (ini yang paling baik).

Jogging bermanfaat untuk kesehatan kulit, terutama untuk menjaga kelembaban kulit, sera dapat membersihkan kulit dari kotoran dan noda, sehingga kulit lebih cerah. Manfaat ini nantinya bisa membantu untuk memudarkan bekas jerawat secara bertahap.

Anda juga sebetulnya bisa melaksanakan banyak sekali jenis olahraga lain, mirip bersepeda ataupun bermain sepak bola, basket, tennis, dll.

Jangan hingga Anda tidak mandi setelah berolahraga. Olahraga akan menyebabkan Anda berkeringat cukup banyak. Ditambah lagi ketika berolahraga di luar ruangan, maka polusi udara yang bercampur dengan keringat dan debu.

Oleh alasannya yaitu itu Anda harus melaksanakan mandi setelah berolahraga, sehingga kotoran luar maupun dalam kesannya dapat dibersihkan secara sempurna.

4. Rajin Makan Buah dan Sayuran Segar 

Buah dan Sayuran Segar
Credit: Publicdomainpictures.net

Dengan mengutamakan makan buah dan sayuran segar daripada jenis makanan junkfood dan instan, maka manfaatnya bisa membuat kulit lebih sehat, cerah dan indah, sehingga banyak sekali noda pada kulit mirip jerawat dan flek hitam dapat memudar sedikit demi sedikit.

Umumnya produk obat jerawat yaitu kombinasi dari senyawa-senyawa yang sering ditemukan pada buah dan sayuran. Mengkonsumsi buah dan sayur bisa membantu untuk menghilangkan jerawat dari dalam.

Di dalam buah dan sayur biasanya mengandung banyak senyawa antioksidan yang memiliki banyak manfaat kesehatan, diantaranya menghambat peradangan dan pertumbuhan kuman pada jerawat, serta membantu proses regenerasi kulit sehingga bekas jerawat pada wajah bisa lebih cepat hilang.

Beberapa jenis buah yang kaya akan kandungan antioksidan yaitu buah berri, melon, anggur, apel, pisang, jeruk bali, alpukat, ubi jalar, blewah, dan manga.

Adapun jenis sayuran yang kaya akan antioksidan yaitu tomat, bayam, bawang putih, brokoli, romaine, minyak zaitun, terong, seledri, paprika, selada, dan wortel.

Selain itu, buah-buahan pada umumnya yang kaya akan kandungan beta-karoten, yang manfaatnya bisa mencegah minyak berlebih dan membantu mengobati peradangan pada jerawat membandel.

Beta-karoten yaitu senyawa pro-vitamin A yang sifatnya mirip senyawa retinol, dimana senyawa retinol umum digunakan sebagai kandungan obat jerawat modern.

Kandungan beta-karoten banyak terkandung di dalam buah semangka, jeruk keprok, blewah, aprikot, ceri, markisa, pisang, mangga, jambu biji, dan papaya.

Adapun sayuran yang memiliki kandungan beta-karoten yaitu wortel, kale, lobak, bayam, sawi, daun dandelion, selada, daun sup, dan labu.

Kandungan lainnya di dalam buah dan sayuran yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan bekas jerawat yaitu vitamin A dan vitamin C, yang fungsinya menjaga kesehatan kulit dan mendorong produksi kolagen pada kulit guna mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat.

Buah dan sayuran yang kaya akan vitamin yaitu jeruk, semangka, stroberi, anggur, nanas, alpukat, tomat, pisang, pepaya, aprikot, mangga, kiwi, lemon, brokoli, bayam, bawang, wortel, asparagus, lobak, seledri, cengkeh, buncis, kubis, kemangi, dan kacang hijau.

5. Pemanfaatan Buah dan Sayuran Untuk Pemakaian Luar 

Pemanfaatan buah dan sayuran dalam membantu menghilangkan bekas jerawat tidak hanya dengan cara dikonsumsi, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai pemakaian luar, yaitu dengan membuat masker wajah.

Buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin, senyawa asam, dan enzim yang bermanfaat untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati di wajah, sehingga membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya, serta membuat kulit lebih halus dan cerah.

Penggunaan buah atau sayuran yang kaya akan vitamin A sebagai masker wajah bermanfaat untuk memperbaiki sistem lapisan epidermis hingga ke tingkat DNA, yang kegunaannya untuk membantu proses regenerasi sel-sel kulit, menghilangkan bekas jerawat secara alami, dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Pemakaian buah ataupun sayuran yang kaya vitamin A disarankan dilakukan pada malam hari, dimana kalau diperhatikan banyak ditemui krim malam yang mengandung vitamin A.

Beberapa jenis buah yang kaya akan vitamin A (yang bisa Anda manfaatkan sebagai masker wajah) yaitu buah papaya, pisang, naga, dan apel. Adapun sayuran yang kaya akan vitamin A yaitu wortel, tomat, dan bayam.

Untuk Penggunaan buah yang kaya kandungan Vitamin C, bermanfaat untuk menangkal serangan radikal bebas penyebab jerawat dan kanker kulit. Kandungan vitamin C banyak ditemukan pada produk kecantikan.

Berbagai buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C yaitu jeruk, nanas, stroberi, anggur, semangka, alpukat, pisang, mangga, lemon, tomat, pepaya, aprikot, kiwi, bayam, buncis, brokoli, bawang, kubis, wortel, asparagus, kemangi, lobak, bawang, seledri, cengkeh, kubis, dan kacang hijau.

Anda juga bisa memanfaatkan buah maupun sayuran yang kaya asam, manfaatnya untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga sel-sel kulit mati dan kotoran akan dibersihkan dan tidak lagi menyumbat pori-pori.

Manfaat lainnya yaitu mempromosikan proses regenerasi sel kulit sehingga mempercepat pemudaran bekas jerawat.

Jenis buah-buahan maupun sayuran yang tinggi kandungan asam yaitu jeruk nipis, alpukat, lemon, pepaya, stroberi, jeruk, wortel, labu, raspberi, kentang, brokoli, seledri, bayam, kol kembang, brokoli, dan asparagus.

Berbagai jenis buah dan sayuran yang disebutkan diatas cukup baik digunakan sebagai masker alami guna menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

6. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Makan buah dan sayur memang bermanfaat besar bagi kesehatan kulit dan membantu menghilangkan bekas jerawat, selain itu Anda juga perlu mengonsumsi asupan protein yang bermanfaat untuk mempromosikan proses regenerasi sel-sel kulit.

Beberapa makanan kaya protein yang membantu dalam memudarkan bekas jerawat yaitu bubur kacang hijau, tahu, tempe, telur, ayam, sapi, dan udang.

Anda bisa mencoba sesekali sarapan bubur kacang hijau di pagi hari. Intinya pastikan Anda mencukupi asupan protein dalam setiap harinya (bukan berarti berlebihan), hal ini sedikit banyak akan membantu untuk bisa segera menghilangkan bekas jerawat.

Demikian juga jangan lupa, asupan lain mirip vitamin A dan vitamin C perlu dipenuhi dengan baik.

Loading...

7. Masker Madu dan Telur

Putih telur dikenal bermanfaat besar untuk perkembangan badan dan otot tubuh, tapi putih telur juga dapat bermanfaat untuk membantu memudarkan bekas jerawat. Demikian juga dengan madu yang sering disebut sebagai cairan ajaib, madu sudah umum dimanfaatkan untuk banyak sekali jenis pengobatan.

Kombinasi kedua materi alami tersebut bisa menunjukkan hasil yang maksimal untuk menghilangkan bekas jerawat.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan:
  • Madu (2-3 sdm)
  • Putih telur

Langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama campur madu dan putih telur.
  2. Setelah tercampur, oleskan sebaga masker pada seluruh episode wajah atau pada episode wajah yang terkena jerawat saja (lakukan sebelum tidur).
  3. Nah, Anda barkan saja semalaman, lalu ketika sudah pagi hari maka bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Anda perlu mengoleskan masker madu dan putih telur ini pada bekas jerawat secara teratur. Lakukan setidaknya satu kali dalam seminggu.

Ingat!! Telur yang digunakan hanya putih telurnya saja. Lakukan secara konsisten biar hasilnya maksimal.

8. Biasakan Diri Untuk Berjalan Kaki

Berjalan Kaki
Credit: Pixabay.com

Penyebab jerawat dan lamanya bekas jerawat hilang alasannya yaitu adanya ketidakseimbangan hormon. Berbagai hal yang memicu terjadinya ketidakseimbangan hormon di dalam badan karena:
  • Sering mengalami stress.
  • Gizi tak seimbang
  • Sering terkena paparan udara kotor.
  • Jarang basuh muka.
  • Kurang tidur.
  • Kurang olahraga. 
  • Makan tidak teratur.
  • Makan berlebihan.

Nah, sebagian duduk perkara diatas sebetulnya bisa diatasi dengan melaksanakan kegiatan fisik, tidak perlu berat-berat alasannya yaitu yang penting badan bergerak, sehingga bermanfaat untuk membantu kestabilan dan keseimbangan hormon di dalam tubuh.

Sebagai saran Anda bisa melaksanakan jalan cepat, yang ini terbilang masih kategori olahraga santai. Lakukan jalan cepat di pagi hari (jam 6-7 pagi). Manfaatnya akan memperabukan lemak, melancarkan sirkulasi darah, dan menyeimbangkan hormon tubuh.

Selain itu, pada kegiatan sehari-hari maka biasakan untuk berjalan kaki, mirip ketika berpergian ke warung yang di erat komplek perumahan, maka jikalau jaraknya erat tidak perlu menggunakan motor. Usahakan biar kaki Anda bisa sering-sering digerakan.

9. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Air Panas atau Hangat Saat memcuci wajah

Sering menggunakan air yang hangat (bahkan terlalu panas) ketika mencuci wajah maka bisa menjadikan timbulnya duduk perkara kulit kering. Anda juga jangan memakai handuk yang bergairah untuk digosokan ke wajah. Pastikan menggunakan handuk atau kain yang lembut untuk mengeringkan wajah.

10. Manfaatkan Lemon Sebagai Perawatan Luar

Lemon
Credit: Wikimedia.org

Lemon disebut-sebut memiliki banyak manfaat berupa menghilangkan jerawat sekaligus luka bekas jerawat, meratakan warna kulit, menyamarkan noda gelap,  membuat kulit lembut dan kenyal, membersihkan kuman penyebab jerawat, hingga membersihkan sel-sel kulit mati.

Berbagai manfaat lemon mirip untuk pengelupasan sel kulit mati, berguna untuk mencegah jerawat dan mengurangi tampilan bekas jerawat. Selain itu, lemon dikenal sebagai pemutih kulit alami yang bermanfaat untuk mengurangi tampilan bintik-bintik gelap bekas jerawat.

Laman Naturallivingideas.com menyebutkan bahwa di dalam lemon terkandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang bisa digunakan untuk memudarkan bekas jerawat, bekas luka, mempercepat proses penyembuhan, dan merevitalisasi kulit.

Cukup peras sebuah lemon ke dalam mangkuk kecil, lalu diaplikasikan pada episode kulit yang bermasalah mirip bekas jerawat. Atau Anda bisa mengoleskan sisa jusnya di atas bekas jerawat menggunakan bola kapas, lalu diamkan hingga kering, lalu bersihkan kulit kembali.

Dalam perawatan alami menggunakan materi “jus lemon”, maka menunjukkan efek samping berupa kulit yang lebih sensitif terhadap radiasi UV.

Oleh alasannya yaitu itu, setelah melaksanakan perawatan ini maka hindari berada di bawah sinar matahari eksklusif untuk sementara waktu.

11. Tidur yang Cukup dan Hindari Begadang

Anak Tidur
Credit: Pixabay.com

Jika Anda benar-benar ingin menghilangkan bekas jerawat maka pastikan kebutuhan tidur terpenuhi dengan baik. Dalam sehari, insan butuh waktu tidur selama 6-8 jam. Oleh alasannya yaitu itu, jangan tidur terlalu malam.

Manfaat dari tidur yang cukup, berkualitas dan teratur yaitu memaksimalkan proses regenerasi kulit, menyehatkan kulit, dan menyehatkan badan secara umum. Hal-hal mirip ini secara tidak eksklusif berguna untuk mempercepat pembersihan bekas jerawat, bopeng, flek hitam dan duduk perkara lainnya di wajah.


12. Buang Kebiasaan Memencet Jerawat

Hal yang tanpa disadari sering dilakukan yaitu memencet jerawat. Penting diketahui bahwa memencet jerawat akan memperparah kondisi kulit, memperluas penyebaran kuman dan menimbulkan infeksi pada episode kulit wajah yang lainnya. 

Akibat memencet jerawat maka bekas luka jerawat akan semakin lama untuk bisa dihilangkan. Oleh alasannya yaitu itu, jikalau Anda sedang memiliki jerawat di wajah maka tahanlah tangan Anda dari “memainkan” jerawat, selain itu usahakan semampunya biar tangan jangan menyentuh wajah.

13. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis
Credit: Pixabay.com

Jeruk nipis kaya akan vitamin C, selain itu memiliki kandungan vitamin B1, minyak atsiri, asam sitrun, asam amino, belerang, damar, dan glikosida. Anda bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis yang mengandung senyawa alami asam alpha-hydroxy sebagai masker alami.

Dalam mengoleskan jeruk nipis ke wajah, maka pakailah kapas. Sebelum mengoleskan, Anda perlu membersihkan wajah terlebih dahulu.

Setelah selesai mengoleskan, biarkan masker alami ini hingga mengering kering biar kandungannya meresap secara maksimal pada kulit wajah. Setelah itu, barulah membesihkan wajah kembali.

Anda juga bisa menggunakan potongan atau irisan jeruk nipis. Iris jeruk nipis tipis-tipis, lalu tempelkan pada episode wajah yang terdapat jerawat. Biarkan dalam keadaan menempel biar air jeruk nipis meresap pada kulit wajah.

Apabila Anda tidak bisa menahan rasa perih alasannya yaitu jeruk nipis, Anda juga bisa melaksanakan cara lain, yaitu mencampurkan perasan jeruk nipis dan air hangat. Manfaat penggunaan air hangat untuk membuka pori-pori wajah, sehingga air jeruk nipis bisa bermanfaat secara optimal pada wajah.

Anda juga bisa menggunakan kombinasi jeruk nipis dan madu untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat. Madu memiliki kandungan zat yang bersifat antiseptik untuk membunuh bakteri.

Cara membuat campurannya:
  1. Potong jeruk nipis lalu peras airnya hingga Anda memperoleh satu sendok teh air perasan jeruk nipis.
  2. Air jeruk nipis tersebut taruh di dalam sebuah wajah.
  3. Lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. 
  4. Aduk kedua materi alami tersebut hingga tercampur rata.
  5. Lalu oleskan pada wajah.
  6. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 30 menit.
  7. Lalu bersihkan kembali wajah.

Sebelum mengoleskan campuran jeruk nipis dan madu, maka pastikan Anda sudah mencuci wajah sebelumnya.

Apakah aman mengaplikasikan air perasan jeruk nipis pada wajah? Pada sebuah laman tanya jawab Alodokter, seseorang yang menggunakan jeruk nipis sebagai masker wajah bertanya apakah materi alami mirip itu memiliki efek samping?

Maka dijawab oleh oleh dr. Devika Y, bahwa ketika ini banyak cara alami yang digunakan untuk mencerahkan kulit, salah satunya dengan masker jeruk nipis. Pada dasarnya masker jeruk nipis tidak mempunyai efek samping yang berbahaya alasannya yaitu itu merupakan materi alami.

Hanya saja bagi mereka yang memiliki kulit sensitif maka perlu berhati-hati dalam mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah. Dimana orang yang memiliki kulit sensitif berpotensi mengalami iritasi ketika pemakaian masker jeruk nipis.

Untuk meminimalisir potensi iritasi dalam penggunaan materi alami jeruk nipis, ada beberapa tips yang bisa dilakukan:
  • Sebelum digunakan, pastikan mencuci jeruk nipis hingga benar-benar bersih dengan air mengair.
  • Pastikan pisau yang digunakan untuk memotong bersih dari kotoran.
  • Jangan melaksanakan perawatan masker jeruk nipis setiap hari. Cukup 2 kali dalam seminggu.
  • Setelah memakai masker jeruk nipis, maka pastikan Anda membilas wajah hingga bersih.
  • Jika muncul tanda-tanda iritasi mirip muncul warna kemerahan, rasa panas, perih, atau nyeri maka hentikan penggunaan masker jeruk nipis.

dr. Devika Y menjelaskan bahwa selain masker jeruk nipis, anda bisa membuat masker wajah dari materi alami lain untuk mencerahkan kulit wajah, mirip masker lemon, masker pepaya, masker kunyit, dan masker yogurt.

14. Usahakan Agar Jangan Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Tubuh yang terlalu lama berada di bawah sinar matahari eksklusif bisa membahayakan kulit. Paparan sinar ultraviolet bisa memicu terbentuknya melanin, yang kemudian bisa berpotensi timbulnya noda kehitaman pada bekas jerawat.

Bahaya yang paling serius dari kulit badan yang terlalu sering terpapar radiasi sinar UV yaitu meningkatkan resiko kanker kulit.

Oleh alasannya yaitu itu, disarankan untuk menggunakan tabir surya atau sunblock jikalau Anda beraktifitas cukup lama di luar ruangan (atau di bawah sinar matahari langsung).

15. Buang Berbagai Kebiasaan Yang Sering Disepelekan Tapi Bisa Memicu Jerawat Timbul Kembali

Berbagai hal yang dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat akan menjadi tidak berguna jikalau Anda tidak berusaha mencegah jerawat timbul kembali.

Hal sederhana untuk mencegahnya yaitu dengan membuang semua kebiasaan penyebab timbulnya jerawat.

Hindari menggunakan ponsel yang terlalu menempel ke wajah alasannya yaitu ponsel banyak mengandung kuman dan kotoran. Kulit wajah memproduksi minyak dan keringat, sehingga jikalau bercampur dengan kuman, kuman dan debu maka bisa berbahaya bagi kulit wajah. Dengan begitu juga, rajin-rajinlah membersihkan body ponsel Anda dari segala macam kotoran.

Hindari menggunakan peralatan makeup yang kotor, jangan malas untuk mempersihkan brush makeup. Dimana brush bisa menjadi sarang berkumpulnya debu dan bakteri.

Hindari potongan rambut yang salah, yaitu potongan rambutmu selalu menutupi dahi dan pipi, hal ini menjadikan pori-pori kulit akan terblokir dan tidak cukup menerima udara.

Hindari kurang tidur, dimana salah satu penyebab jerawat yaitu tingkat stress yang tinggi. Kurang tidur akan memicu terjadinya stres di badan dan pikiran.

Hindari menyemprot parfum eksklusif ke leher, alasannya yaitu bisa menyebabkan iritasi kulit dan juga jerawat. Menyemprot eksklusif ke leher maka ada kemungkinan parfum juga menempel ke episode wajah. Hendaknya menyemprotkan parfum ke lengan dahulu, lalu digosokkan ke leher.

Hindari tidur dengan kondisi bantal dan sprei yang kotor, dimana ketika tidur maka wajah akan menempel ke bantal, dan ini bisa berlangsung beberapa jam. Oleh alasannya yaitu itu, hendaknya mengganti atau membersihkan sprei dan bantal setiap 2 minggu.

Hindari menggunakan produk rambut terlalu erat ke wajah alasannya yaitu bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Hindari terlalu berlebihan dalam mengeringkan wajah, alasannya yaitu mengeringkan wajah sebetulnya akan merangsang kulit wajah untuk memproduksi lebih banyak minyak. Apabila Anda terlalu sering membersihkan minyak di wajah dengan sabun pembersih atau produk lainnya yang mengandung alkohol, maka dampaknya bisa menimbulkan iritasi kulit, yang kemudian bisa memunculkan jerawat. Oleh alasannya yaitu itu, bersihkan minyak di wajah secara rutin, tapi jangan berlebihan.

Hindari terlalu sering menyentuh wajah, oleh alasannya yaitu itu usahakan biar tangan bisa selalu bersih.

Hindari memencet jerawat, alasannya yaitu akan menyebabkan bekas jerawat menjadi sulit dihilangkan.

16. Gunakan Kombinasi Air Mawar

Mawar yang terkenal sebagai bunga yang harum dan indah, juga mempunyai khasiat untuk kulit yang salah satunya untuk pengobatan bekas jerawat. Air mawar diyakini bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat, serta dapat melembutkan kulit.

Untuk meracik air mawar ini, Anda bisa mengkombinasikan air mawar dengan madu dan mentimun segar. Bahan yang perlu Anda persiapkan:
  • Air mawar
  • 2 potong mentimun segar
  • 2 sdm madu

Langkah-langkahnya:
  1. Siapkan 2 potong mentimun segar, lalu bersihkan, lalu hancurkan hingga halus.
  2. Setelah itu campurkan dengan 2 sdm madu, lalu masukkan ke dalam blender.
  3. Setelah kedua materi tersebut tercampur rata, lalu tambahkan beberapa tetes air mawar ke dalamnya.
  4. Setelah ketiga materi tercampur, maka saatnya untuk dioleskan pada wajah.
  5. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan selama 10 menit.
  6. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih. 

Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu. Bahan-bahan alami yang digunakan tersebut mempunyai sifat antibakteri, yang salah satu manfaatnya bisa memudarkan bekas jerawat lebih cepat.

Cara lainnya, Anda bisa mengkombinasikan mawar dengan perasan jeruk lemon. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:
  • Air mawar
  • Perasan jeruk lemon

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan mawar dan perasan jeruk lemon pada sebuah wadah yang berisi air panas.
  2. Kemudian posisikan wajah di atas wadah tersebut, sehingga uap dari air tersebut bersentuhan dengan kulit wajah.
  3. Lakukan selama lima menit, jikalau wajah terasa kepanasan maka segera hentikan dahulu (jangan dipaksakan) kemudian lakukan kembali.
  4. Setelah itu, bilas wajah dengan air biasa.

Kandungan vitamin C pada mawar yang tinggi menunjukkan efek antioksidan yang baik untuk kulit. Kandungan di dalam mawar juga bersifat antiseptic untuk membunuh kuman dan membersihkan pori-pori wajah.

loading...

17. Gunakan Extra Virgin Olive Oil Sebelum Tidur

Extra virgin olive oil merupakan salah satu produk minyak zaitun. Anda perlu menyiapkan sebotol Extra Virgin Olive Oil (minyak zaitun extra virgin), selain itu beli juga sebatang sabun bayi.

Cucilah muka dengan sabun bayi, terutama ketika Anda sebelumnya terkena kontak dengan debu, kotoran dan polusi di luar ruangan. Anda juga bisa sebelum tidur untuk mencuci muka dengan sabun bayi.

Untuk penggunaan Extra Virgin Olive Oil, maka oleskan ke semua episode wajah, namun gunakan secukupnya (jangan berlebihan / terlalu banyak).

Kandungan olive oil atau minyak zaitun memiliki sifat sebagai penyembuh alami, membunuh kuman jahat dan juga menutrisi kulit (termasuk kulit wajah) biar lebih lembut, kencang dan sehat.

18. Gunakan Baking Soda

Baking Soda

Laman Naturallivingideas.com menyebutkan bahwa baking soda bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka (termasuk bekas luka jerawat). Baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate yang bekerja untuk mengelupas kulit secara lembut jikalau digunakan sebagai scrub pembersih.

Campurkan beberapa sendok teh baking soda dengan air secukupnya maka akan berbentuk pasta, lalu aplikasikan campuran dengan cara memijat kulit dimana ada bekas luka jerawat.

Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama dua menit. Hal ini biar soda bekerja untuk membersihkan pori-pori kulit dan noda pada kulit.

Setelah itu bilas basuh muka dengan air hangat suam-suam kuku, lalu Anda disarankan mengoleskan pelembab alami.

Anda bisa melalakukan perawatan ini setiap hari, atau setidaknya tiga kali dalam seminggu.

19. Jika dalam Kondisi Mendesak, Anda bisa Menggunakan Makeup Untuk Menyembunyikan Bekas Jerawat

Menghilangkan bekas jerawat secara permanen tentunya hal yang terbaik. Hanya saja perawatan untuk menghilangkan luka bekas jerawat memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Sehingga ketika Anda dalam momen tertentu harus berpenampilan maksimal tapi terkendala bekas jerawat di wajah, maka untuk sementara Anda bisa menggunakan makeup untuk menutupi bekas jerawat.

Yang Anda perlukan seperti:

=> Concealer
Pilihlah concealer yang non-comedogenic atau non-acnegenic. Biasanya penjelasan mengenai hal ini terdapat pada kemasan. Ketika Anda memilih produk concealer, maka pilihlah yang memiliki shade sesuai dengan warna kulit Anda. Jika bekas jerawat berbentuk cekungan, maka disarankan menggunakan concealer yang mempunyai shade dengan satu tingkat lebih cerah dari warna kulit Anda.

=> Color corrector
Anda bisa memilih green color corrector jikalau bekas jerawat terlihat lebih berwarna abu-abu atau ungu, cobalah menggunakan corrector yang bisa menetralkan warna kulit Anda.

=> Primer
Apabila bekas jerawat Anda berbentuk cekungan di kulit, maka Anda perlu primer yang bermanfaat untuk menghaluskan permukaan kulit.

Bagi Anda yang memiliki bekas jerawat berwarna abu-abu atau ungu. Oleskan secara merata color corrector dengan brush atau jari pada episode bekas jerawat.

Gunakan concealer dengan warna yang cocok dengan warna kulit Anda. Lakukan finishing dengan foundation biasa untuk mengatur concealer biar tidak terlalu menonjol.

Adapun bagi Anda yang memiliki bekas jerawat berbentuk cekungan, gunakan primer pada wajah yang mnfaatnya bisa membuat permukaan wajah lebih halus. Pilih concealer yang satu tingkat lebih cerah dari warna kulit wajah Anda. Lalu lakukan finishing dengan foundation biasa.

20. Mentimun

Mentimun
Credit: Picserver.org

Laman Naturallivingideas.com menyebutkan bahwa ketimun yaitu materi alami yang sudah populer dalam perawatan wajah. Mentimun memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, magnesium dan juga menhindrasi kulit tubuh.

Untuk menggunakan mentimun dalam penyembuhan bekas jerawat, Anda hanya perlu memotong mentimun menjadi beberapa irisan tipis, lalu taruh di atas bekas jerawat. Diamkan selama tiga puluh menit.

Setelah itu buang irisan mentimun, lalu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan secara rutin.

21. Madu

Madu Murni
Credit: Flickr.com

Laman Naturallivingideas.com menyebutkan madu sebagai pelembab alami lainnya yang bisa membantu menyembuhkan bekas luka dan jerawat. Cara terbaik yaitu menggunakan madu mentah, bukan yang jenis olahan.

Untuk penggunaannya maka Anda cukup mengoleskan madu secukupnya sembari memijat di atas bekas jerwat, kemudian biarkan keajaiban alam madu ini bekerja.

Anda juga bisa mencampurkannya dengan satu sendok the bubuk kayu manis per dua sendok makan madu, yang manfaatnya untuk membantu membersihkan pori-pori secara maksimal.

22. Jus Kentang

Laman Naturallivingideas.com menjelaskan bahwa kentang kaya akan vitamin dan mineral yang sangat bagus untuk kesehatan dan penyembuhan kulit. Manfaatkan jus kentang organik segar untuk memudarkan jerawat dan bekas jerawat.

Anda bisa memotong atau mengiris tipis kentang, lalu menerapkannya secara eksklusif ke episode bekas jerawat.

Atau Anda juga bisa membuat jus, lalu mengoleskan ke episode bekas jerawat. Diamkan selama lima belas menit, lalu barulah dibilas dengan air hangat.

23. Lidah buaya

Lidah Buaya
Credit: Wikimedia.org

Laman Naturallivingideas.com menyebutkan bahwa gel pengecap buaya segar yaitu sumber vitamin yang manjur untuk memudarkan bekas luka jerawat. Lidah buaya juga memiliki sifat sebagai pelembab alami, yang membuat kulit lembut dan lebih sehat.

Saat ini gel aloe vera (lidah buaya) bisa diperoleh di toko obat dan farmasi. Atau Anda bisa mengambil pengecap buaya segar lalu potong dan kupas daging luar untuk mengambil gelnya.

Oleskan gel sembari memijat lembut ke episode bekas jerawat. Lalu diamkan selama tiga puluh menit, setelah itu barulah bersihkan wajah kembali.

Jika Anda gres pertama kali mengaplikasikan pengecap buaya ke kulit tubuh, maka coba oleskan sedikit saja gel, lihat reaksinya pada kulit. Jika tidak ada reaksi negatif maka gres gunakan gel pengecap buaya.

24. Hilangkan Bekas Merah Akibat Jerawat dengan Obat Tetes Mata

Obat tetes mata sering digunakan untuk mengobati mata merah akhir iritasi. Obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline hydrochloride yang berfungsi untuk membantu menghilangkan bekas merah. Anda dapat mengihlangkan bekas merah akhir jerawat dengan obat tetes mata ini.

Yang perlu Anda siapkan yaitu obat tetes mata yang mengandung sekitar 0.05% Tetrahydrozoline (Visine). Untuk penggunaannya, pertama-tama basuh muka hingga bersih, lalu tunggu beberapa ketika hingga air di wajah mengering.

Setelah itu teteskan obat tetes mata ke cotton bud (jangan eksklusif di teteskan ke kulit).

Dengan cotton bud tersebut, maka oleskan ke episode bekas merah di kulit. Jangan dioleskan ke semua episode kulit wajah, cukup dioleskan pada episode yang bermasalah saja.

Nah, bagaimana obat tetes mata bisa bekerja untuk bisa menghilangkan bekas merah akhir jerawat?

Perlu diketahui bahwa bekas merah di kulit akhir jerawat terjadi alasannya yaitu adanya peningkatan sirkulasi darah di area tersebut. Tubuh mengalirkan lebih banyak darah ke area tersebut guna melawan infeksi akhir jerawat.

Tetrahydrozoline merupakan materi yang sering ditemukan pada obat tetes mata. Bahan tetrahydrozoline ini dapat bekerja untuk memudarkan bekas merah jerawat dengan cara menyusutkan pembuluh darah yang bengkak.

25. Minyak Zaitun

Laman Rapidhomeremedies.com menjelaskan bahwa minyak zaitun ramah bagi kulit alasannya yaitu mengandung banyak vitamin (A, D, E, C, B1 dan B2), zat besi dan antioksidan. Selain itu sifat anti-inflamasi pada minyak zaitun berguna untuk menghilangkan bekas jerawat.

Anda perlu menyiapkan minyak zaitun, air hangat, dan kain atau handuk bersih. Langkah-langkahnya:
  1. Ambil sedikit minyak zaitun, lalu oleskan sembari memijat lembut pada wajah. Fokuskan utamanya pada episode bekas jerawat.
  2. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan beberapa ketika biar kandungan diserap oleh kulit secara maksimal.
  3. Lalu ambil handuk bersih atau kain dan celupkan ke air hangat.
  4. Letakkan kain berair hangat tersebut pada wajah untuk menerima uapnya.
  5. Lalu bersihkan minyak berlebih pada wajah secara lembut dengan kain tersebut. Hindari menggosok-gosok.
  6. Setelah itu tunggu sekitar dua menit, lalu barulah membersihkan wajah kembali dengan air biasa.

26. Cuka Apel untuk Bekas Jerawat

Laman Rapidhomeremedies.com menyebutkan bahwa cuka sari apel mengandung zat dan desinfektan alami, yang membuatnya menjadi antiseptik alami yang baik. Khasiatnya juga dapat menyeimbangkan tingkat pH badan dan kulit.

Sifat anti-bakteri dan anti-radangnya efektif untuk pengobatan jerawat dan juga menghilangkan bekas jerawat. Cuka sari apel mengandung vitamin, mineral, asam karbol, asam amino, antioksidan, asam asetat, keton, aldehid dan lainnya.

Anda dapat menghilangkan bekas jerawat dengan memanfaatkan cuka sari apel alasannya yaitu fungsinya yang dapat mengikis sel kulit mati dan memudarkan bekas jerawat. Langsung saja berikut di bawah ini penjelasannya.

Siapkan bahan:
  • Cuka Apel Cuka
  • Air 
  • Bola kapas

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan cuka sari apel dan air pada sebuah wadah (mangkuk, dll).
  2. Lalu celupkan bola kapas ke dalamnya.
  3. Lalu oleskan ke bekas jerawat.
  4. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan selama 10 menit.
  5. Setelah itu barulah basuh wajah dengan air.

Cara lainnya Anda bisa mengombinasikan cuka sari apel dengan madu. Bahan-bahan yang perlu disipakan:
  • Cuka Sari Apel sebanyak 2 sdm.
  • Air sebanyak 2/3 gelas.
  • Madu sebanyak 1-2 sdt.
  • Bola kapas.

Langkah-langkahnya:
  1. Campurkan air, cuka sari apel, dan madu di dalam sebuah wadah (campurkan ketiga-tiganya).
  2. Aduk campuran tersebut secara merata.
  3. Lalu celupkan bola kapas ke dalamnya.
  4. Lalu oleskan pada episode bekas jerawat.
  5. Diamkan selama setengah jam.
  6. Lalu barulah membersihkan wajah kembali dengan air bersih (bisa juga air hangat).

Lakukan perwatan ini secara rutin, setidaknya tiga kali dalam seminggu.

27. Pudarkan Bintik Hitam Bekas Jerawat dengan Air Kelapa

Air Kelapa
Credit: Flickr.com

Air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya untuk menghilangkan bintik-bintik hitam bekas jerawat. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Potong kelapa hijau segar lalu tampung airnya di dalam sebuah wadah.
  2. Lalu rendam bola kapas ke dalam air kelapa ini.
  3. Lalu aplikasikan kapas tersebut pada episode wajah yang ada bekas jerawatnya (sebelumnya basuh wajah Anda terlebih dahulu hingga bersih).
  4. Setelah selesai, maka bilas wajah dengan air hangat.

Cara lainnya, Anda bisa menggunakan beberapa materi mirip kelapa hijau segar, kunyit dan kapas. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya:
  1. Cuci bersih dua ruas kunyit, lalu parut hingga halus.
  2. Lalu tuangkan air kelapa muda segar pada sebuah wadah (mangkuk, dll).
  3. Lalu Anda campurkan kunyit halus tersebut dengan air kelapa. Campurkan secara merata.
  4. Lalu disimpan di lemari es selama semalaman.
  5. Pada esok harinya, saring ramuan tersebut, sehingga hanya diperoleh sarinya.
  6. Lalu oleskan pada episode bekas jerawat.
  7. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 20-30 menit.
  8. Lalu bilas wajah dengan air hangat.
  9. Setelah itu Anda bisa membilas wajah kembali dengan air biasa hingga wajah benar-benar bersih.

Air kelapa memiliki banyak kandungan mineral, vitamin, glukosa, asam amino, fruktosa, sorbitol, inositol, asam laurat dan sitokin. Air kepala memiliki khasiat untuk mencegah penuaan, menghaluskan kulit dan menghilangkan bintik-bintik gelap akhir jerawat.

28. Gunakan Es Batu

Es Batu
Credit: Publicdomainpictures.net

Tidak sedikit orang menggunakan es kerikil untuk menghilangkan bekas jerawat jikalau tidak terlalu parah. Untuk melakukannya maka hanya perlu meynediakan beberapa blok kecil es batu.

Selain menggunakan air biasa, Anda dapat menggunakan teh hijau untuk dijadikan es batu. The hijau memiliki khasiat untuk melawan peradangan.

Bungkuslah es kerikil dengan kain bersih atau handuk, lalu tempelkan ke episode bekas jerawat, lakukan selama 15 menit. Jika kulit kedinginan maka stop sementara.

Setelah selesai, maka basuh muka dengan air bersih. Lakukan hal ini setiap hari hingga bekas jerawat memudar dan kesannya hilang.

Menempelkan es kerikil ke kulit bisa mengecilkan ukuran pori-pori kulit, serta memperlancar proses pengiriman oksigen ke episode kulit yang ada bekas jerawatnya.

Hal yang harus diinggat yaitu JANGAN Jangan menempelkan es kerikil secara eksklusif ke kulit. Lalu pastikan kain yang digunakan untuk membungkus es kerikil benar-benar bersih.

29. Kulit Pisang

Kulit Pisang
Credit: Pixabay.com

Kulit pisang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda bekas jerawat. Potonglah kulit pisang menjadi beberapa episode kecil (sekitar 1,5 inchi). Setelah itu basuh wajah dengan air bersih.

Lalu barulah gosokkan kulit pisang pada episode bekas jerawat. Bagian yang digunakan untuk menggosok yaitu episode dalam kulit pisang.

Setelah selesai menggosokan kulit pisang tesebut, maka diamkan selama 30-60 menit. Setelah itu barulah membersihkan wajah dengan air hangat.

Lakukan perawatan ini setiap hari. Kulit pisang bekerja untuk memudarkan noda bekas jerawat alasannya yaitu kandungan potasium dan antioksidan yang ada didalamnya.

30. Bawang putih

Bawang Putih
Credit: Publicdomainpictures.net

Bawang putih dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Haluskan oleh Anda sebanyak 2-3 bawang putih, setelah itu tinggal dioleskan pada episode bekas jerawat di wajah secara merata. Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri yang kuat.

31. Pepaya

Pepaya
Credit: Wikimedia.org

Pepaya mengandung enzim papain dapat mengikis sel kulit mati. Selain itu terdapat senyawa antioksidan dan vitamin yang membantu untuk mengobati kulit kemerahan akhir jerawat. Pepaya dapat dimanfaatkan untuk memudarkan bekas jerawat.

Berikut langkah-langkahnya:
  1. Bersihkan pepaya dengan air mengalir.
  2. Lalu potong menjadi beberapa bagian.
  3. Lalu hancurkan atau haluskan pepaya.
  4. Setelah pepaya benar-benar halus, maka tinggal dioleskan pada wajah (sebagai masker).
  5. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja selama 15 menit (jangan lebih lama dari 15 menit).
  6. Lalu bilas wajah dengan air hangat.

32. Pasta gigi

Pasta Gigi
Credit: Flickr.com

Pasta gigi mengandung fluoride, triclosan, dan hidrogen peroksida, fungsi dari kandungan-kandungan kimia tersebut dapat melawan iritasi pada kulit dan mengurangi peradangan. Penggunaannya dapat membantu untuk memudarkan bekas jerawat, berikut caranya:
  1. Oleskan pasta gigi hanya pada bekas jerawat saja (jangan ke semua episode kulit wajah).
  2. Biarkan selama 2 jam.
  3. Lalu bilas wajah dengan air bersih hingga wajah bersih kembali.

Hendaknya memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah atau pasta gigi organik. Jika Anda memiliki kulit sensitif maka hindari penggunaan pasta gigi pada kulit.

33. Minyak Zaitun

Minyak zaitun telah digunakan untuk perawatan kulit dari dulu. Minyak zaitun kaya akan vitamin dan antioksidan alami yang berguna untuk mencegah penuaan kulit, mencegah banyak sekali infeksi kulit, melembabkan kulit, dan juga dapat memudarkan bekas jerawat.

Untuk memanfaatkan minyak zaitun ini, maka hanya dengan mengoleskan dan memijatkan minyak zaitun pada episode bekas jerawat. Lakukan setiap hari.

34. Daun Sirsak

Daun sirsak dapat diimanfaatkan untuk membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat, Caranya yaitu:
  1. Siapkan daun sirsak secukupnya, lalu bersihkan dengan air mengalir.
  2. Lalu tumbuk hingga halus.
  3. Cuci wajah dengan air hangat hingga bersih.
  4. Lalu gunakan tumbukan daun sirsak tersebut sebagai masker wajah (dioleskan pada wajah).
  5. Setelah selesai mengoleskan, diamkan selama 30 menit.
  6. Lalu bilas wajah hingga bersih.

35. Nanas

Nanas
Credit: Freegreatpicture.com

Nanas memiliki kandungan vitamin A dan C yang bermanfaat bagi kulit, termasuk mencerahkan kembali kulit yang menghitam akhir jerawat. Selain itu juga membuat wajah menjadi lembut dan segar. Berikut caranya:
  1. Kupas bersih nanas.
  2. Lalu tumbuk nanas hingga halus (bisa dengan diblender), sisihkan airnya.
  3. Lalu oleskan nanas yang sudah dihaluskan tersebut pada bekas jerawat.
  4. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan saja selama 15-20 menit.
  5. Setelah itu berulah bilas wajah dengan air bersih.

Lakukan perawatan alami ini 2-3 kali dalam seminggu.