Isi Konvensi London Dan Alasan Terjadinya

Konvensi London terjadi pada tahun 1814. Sebelumnya Indonesia telah jatuh ke tangan Inggris pada tahun 1811. Pada tahun 1600an Inggris telah mengatahui bahwa wilayah Indonesia telah dikuasai oleh Belanda dan Inggris berusaha ingin merebutnya.
 Sebelumnya Indonesia telah jatuh ke tangan Inggris pada tahun  Isi Konvensi London dan alasan terjadinya
Karena Inggris mengetahui seni administrasi perdagangan yang telah dilakukan Belanda, untuk menyainginya Inggris mendirikan semacam VOC yang berjulukan EIC (East Indian Company). Kemudian dimulailah ekspedisi untuk menaklukan Indonesia yang dikala itu masih di bawah kekuasaan Belanda. Ekspedisi tersebut di bawah kepemimpina Lor Minto yang pada waktu itu ia sebagai Jenderal Inggris di kawasan Calcuta India.
Akhirnya pada tahun 1811 seluruh keluasaan Belanda di Indonesia berhasil direbut oleh Inggris. Kekuasaan Inggris di Indonesia dipimpin oleh Thomas Standford Raffles dari tahun 1811 hingga dengan tahun 1816. Waktu yang sangat singkat sekali Inggris menguasai Indonesia namun mempunyai banyak peninggalan yang berharga.
Alasan terjadinya Konvensi London yakni alasannya Inggris menganggap wilayah Indonesia dianggap tidak ada untungnya bagi Inggris.
Isi pokok dari Konvensi London yakni sebagai berikut :
1. Seluruh wilayah Indonesia dikembalikan lagi kepada pemerintahan Belanda.
2. Jajalan Belanda menyerupai Guyana, Kaap Koloni, dan Sailan tetap berada di bawah kekuasaan Inggris.
3. Daerah di Pantai Malabar (Cochain) diambil oleh Inggris lalu pulai Bangka diserahkan kepada Belanda sebagai gantinya.

Oke demikianlah isi dari Konvensi London dan alasannya. Semoga dapat bermanfaat bagi adik-adik yang sedang mencari isu tersebut. J