9 Manfaat Buah Naga yang Paling Mengejutkan Untuk Kesehatan

9 Manfaat Buah Naga yang Paling Mengejutkan Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga yang Paling Mengejutkan Untuk Kesehatan- Buah naga merupakan buah eksotis yang juga dikenal sebagai buah kaktus atau pitaya. Buah naga ini pertama berasal dari amerika selatan dan amerika tengah dan kini telah ditemukan di seluruh Asia. manfaat kesehatan dari buah naga pasti akan menarik perhatian anda.

Buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan, mengontrol kadar gula darah dan bahkan ia juga dapat mencegah kanker dan diabetes. mereka memiliki nilai gizi yang tinggi dan merupakan sumber antioksidan yang baik dan banyak vitamin yang diharapkan untuk menjaga tubuh anda dalam kesehatan paling atas. buah naga menyampaikan embel-embel penawaran yang lezat untuk contoh makan yang sehat.

Biji buah naga mengandung kadar tinggi lemak tak jenuh (asam lemak omega 3 dan omega 6). Adapun daging buahnya mengandung serat, karbohidrat dan tingkat tinggi vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda. hal ini juga mengandung beberapa vitamin B kompleks (B1, B2, dan B3) bersama dengan mineral kalsium, fosfor dan zat besi. Lycopene yang ada antioksidan dalam buah naga dikenal untuk membantu mencegah beberapa jenis kanker.

Langsung saja berikut 9 manfaat kesehatan dari buah naga:

1. Kesehatan pencernaan
Buah naga merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang berarti hal itu dapat meningkatkan kesehatan umum sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain mendukung kesehatan usus yang baik, buah naga juga dapat membantu menjaga kadar gula darah anda stabil dengan memperlambat peresapan gula. hal ini juga dapat menurunkan kolesterol anda dengan mengurangi tingkat yang disebut kolesterol jahat atau LDL. sehingga buah naga juga dapat membantu anda mempertahankan berat tubuh yang sehat.

2. Mengendalikan gula darah
Buah naga merupakan salah satu makanan terbaik untuk diabetes karena rendah glikemik indeks, bahkan ia juga dapat mengurangi risiko terkena diabetes.

Buah naga memiliki kandungan karbohidrat yang rendah yang membuat menjadi embel-embel lezat untuk diet rendah karbohidrat. dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, peneliti menemukan bahwa jus buah naga dapat mengurangi resistensi insulin, faktor yang risiko untuk diabetes.
Resistensi insulin terjadi dikala tubuh anda tidak merespon insulin dengan benar. hal ini dapat menimbulkan tingkat yang lebih tinggi dari gula darah atau glukosa dan itu ialah tanda awal pra-diabetes atau diabetes tipe 2. hal ini juga salah satu dari kelompok faktor risiko yang disebut sindrom metabolik yang dapat meningkatkan risiko anda untuk kondisi lain ibarat penyakit jantung.

3. Kesehatan jantung
Buah naga secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan flavonoid-nya. Flavonoid terjadi secara alami pada materi kimia dalam tanaman. Sebuah penelitian mencari di flavonoid menemukan bahwa makan makanan, ibarat buah naga yang kaya akan materi kimia ini, secara signifikan dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

4. Mengawasi kolesterol
Buah naga dapat membantu menjaga kadar kolesterol sehat karena kandungan betalain nya. Betalain ialah pigmen yang menyampaikan buah naga berwarna dan juga memperlihatkan manfaat kesehatan yang menarik. The American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung betalain, ibarat buah naga, mampu menjaga LDL atau kolesterol jahat dari peningkatan.

Dr. Suzanne Steinbaum R. pada WebMD mengatakan bahwa tingkat LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Ketika kadar LDL yang tinggi, plak menumpuk di dalam pembuluh darah. Kemudian, jumlah tinggi plak dapat menimbulkan pembekuan darah serius dan kadang kala mampu fatal.

5. Mencegah kanker
Buah naga merupakan sumber yang kaya antioksidan dan nutrisi anti kanker yang dapat membantu untuk mencegah kanker. banyak penelitian memiliki fokus pada antioksidan dan tugas mereka dalam pencegahan dan pengobatan kanker.

Buah naga mengandung beberapa antioksidan berpengaruh termasuk flavonoid dan fenol. Para peneliti menunjukkan, lebih dari 60 persen dari obat anti-kanker berasal dari tanaman termasuk buah-buahan dan sayuran. antioksidan yang berbeda muncul untuk menargetkan kanker tertentu, dan buah naga ialah embel-embel lezat untuk banyak makanan yang mengandung sumber antioksidan yang baik.


6. Mengurangi Risiko Stroke
Buah naga dapat mengurangi risiko stroke karena tingginya kadar vitamin C. Satu porsi tunggal buah naga menyampaikan 15 persen dari RDA vitamin C yang merupakan embel-embel yang baik untuk diet sehat. Tapi apakah vitamin C juga dapat mengurangi risiko stroke? American College of Clinical Nutrition menemukan bahwa konsentrasi tinggi vitamin C dalam plasma mampu menurunkan resiko stroke.

7. Meningkatkan Sistem kekebalan tubuh
Buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya yang diharapkan untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut Cleveland Clinic, vitamin C ialah salah satu dari beberapa nutrisi yang dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

8. Buah Naga dan Kulit Anda
Diet yang mencakup buah naga dapat menyampaikan kulit yang sehat berseri, mengurangi efek paparan sinar matahari bahkan dapat memperlambat proses penuaan kulit anda. hal ini disebabkan nutrisi yang baik ditemukan dalam buah naga ibarat vitamin C. Vitamin C melindungi kulit anda dalam banyak cara termasuk penyembuhan luka. Ini membantu tubuh anda memproduksi kolagen yang merupakan protein yang membentuk struktur dari aneka macam jaringan dalam tubuh anda, termasuk kulit, tendon, dan ligamen.

Sebuah studi yang menguji efek vitamin C menemukan bahwa nutrisi ini juga dapat mencegah penuaan kulit dan kerusakan kulit dari paparan radiasi UV.

9. Buah Naga dan Kehamilan
Buah naga memperlihatkan manfaat kesehatan bagi bayi anda juga, hal ini dikemas dengan nutrisi untuk mendukung kehamilan Anda termasuk zat besi, kalsium, protein, dan potassium.

Selain itu, biji buah naga merupakan sumber yang baik dari lemak sehat termasuk asam oleat yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Lipid Research menemukan bahwa asam oleat menghambat pembentukan kolesterol dan lemak. lemak tak jenuh tunggal, juga dapat membantu menjaga LDL anda. untuk bayi anda, lemak sehat ini sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf.