9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental

9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental - Tertawa merupakan sumber kebahagiaan yang muncul secara spontanitas karena memang ada seseuatu hal yang dapat ditertawakan. Tertawa memiliki manfaat yang baik kesehatan mental maupun fisik. Tertawa biasanya mengeluarkan suara sedikit keras maupun pelan yang berbeda dengan senyum yang hanya menarik ujung-ujung bibir. Didalam keseruan maupun keunikan tertawa ternyata terdapat manfaat untuk kesehatan. Tertawa memang tidak bisa dipaksakan karena ini juga ada pengaruhnya dengan suasana hati. Biasanya orang yang sedang bahagia maka akan mudah tertawa. 

Berikut adalah beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan mental dan fisik:

1. Ketawa akan melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Tahukah anda, tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda?

9 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan Mental


2. Mencegah berkembangnya hormon penyebab stres dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh.

3. Ketawa akan melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Tahukah anda, tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda?

4. Tertawa menyediakan sarana pelepasan fisik dan emosional secara gratis, anda akan merasa dibersihkan setelah mengeluarkan tawa.

5. Mampu membentuk pikiran positif karena tertawa akan memusnahkan rasa marah, stres serta emosi negatif lain.

6. Mengubah perspektif "ancaman" sebagai "tantangan" yang positif sehingga menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri.

7. Membakar kalori tanpa disadari. Tahukah anda, tertawa selama 15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh?

8. Menyehatkan orang disekitar anda karena tertawa itu menular sehingga dapat mengurangi tingkat stres mereka.


9.Orang yang optimis cenderung lebih sehat dan kebal akan penyakit dibandingkan orang pesimis karen mereka lebih mudah tertawa.

Demikian adalah manfaat tertawa bagi kesehatan yang dapat anda rasakan apabila anda tertawa. Tertawa memang tidak membutuhkan biaya tetapi meskipun tidak mengeluarkan biaya tidak mudah untuk melakukannya arena berpengaruh terhadap suasanan hati.