9 Daftar Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup mengkuatirkan bagi penderitanya. Mereka yang mengidap diabetes harus benar-benar mempertahankan sedapat mungkin biar gula darah dalam badan tetap berada pada kondisi yang normal. Bagaimana mempertahankannya ? ialah dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi dalam keseharian. Tindakan ini juga untuk mencegah diabetes semakin buruk dan sebagai langkah pengobatan.

Diabetes

Asupan makanan tersebut ialah makanan apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes harus dihindari. Tak hanya makanan saja, ada beberapa buah-buahan yang juga tidak baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kesemuanya telah kami rangkum dalam 20 daftar makanan pantangan bagi penderita diabtes berikut ini :

1.  Kentang Goreng
Sebenarnya tak problem bagi penderita diabetes mengkonsumsi kentang asalkan cara pengolahannya dengan benar. Kentang dapat dijadikan sebagai makanan pokok alasannya kandungan karbohidratnya yang cukup tinggi. Anda juga dapat mengakibatkan kentang sebagai makanan pengganti nasi dengan cara pengolahan di kukus atau ataupun direbus. Namun, tidak diajurkan bagi penderita diabetes menikmati kentang dengan cara digoreng kesudahannya resapan minyak yang mengandung lemak jahat pada kentang goreng tidak baik bagi penderita diabetes.

2. Gula
Berbagai olahan makanan seringkali menggunakan gula yang digunakan dalam keseharian kita mengolah makanan. Bagi penderita diabetes, anda harus benar-benar memperhatikan takaran gula dalam setiap makanan yang anda konsumsi. Jangan hingga ada kata "manis" pada makanan yang anda olah. Berbagai jenis gulapun patut diwaspadai menyerupai gula batu, gula merah dan gula pasir.

Mengapa ?

Hal ini dikarenakan organ pankreas pada penderita diabetes tidak bekerja dengan baik untuk mengubah gula darah menjadi energi. Dalam kondisi normal saja, ketika kita mengkonsumsi gula dengan takaran 1/2 sendok makan atau setara dengan 5 gram, setidaknya butuh waktu bagi pankreas untuk mengubah gula darah yang sudah larut dalam badan kita menjadi energi selama 140 menit. Waktu ini tidak berlaku bagi penderita diabetes yang membutuhkan waktu lebih lama dari itu.

Untuk itu, setiap takaran gula benar-benar harus anda perhatikan. Seperti membuat minuman teh dan lainnya dengan takaran gula berlebih wajib anda hindari. Selain itu, makanan dan minuman yang mengandung gula sintesis (pemanis buatan) dalam makanan dan minuman kemasan juga sebaiknya anda hindari.

3. Es Krim
Karena sifatnya yang manis, sebaiknya bagi penderita diabetes menghindari untuk menikmati dinginnya es krim yang mengandung karbohidrat sederhana menyerupai gula. Selain itu, es krim juga memiliki kadar lemak tinggi yang akan meningkatkan kolesterol dalam darah.

Bagi penderita diabetes tiga komponen yang penting untuk di managemen ialah tekanan darah, kadar kolesterol dan gula darah yang kesemuanya harus dipertahankan dalam kondisi yang normal. Hindari juga minuman yang mengandung produk susu menyerupai yoghurt, susu krim, keju dan sirup.

4. Nasi
Bagi masyarakat Indonesia, mengkonsumsi nasi memang tak dapat dihindarkan alasannya sudah menjadi makanan pokok dalam keseharian. Memang karbohidrat sangat diharapkan oleh badan untuk mengubahnya menjadi tenaga. Namun, nasi juga memiliki kandungan karbohidrat sederhana yang tak baik dikonsumsi bagi pasien diabetes.

Jika sulit untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi nasi, gunakan trik berikut. Misalnya disaat pagi anda dapat mengganti nasi dengan jagung/ubi jalar sedangkan siang barulah makan nasi, kemudian malam harinya konsumsi beras merah.

5. Protein
Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein bagi pasien diabetes bekerjsama tak ada masalah, asalkan makanan tersebut diolah dengan cara yang benar. Mengolahnya dengan cara digoreng tidak dianjurkan. Olahlah makanan menyerupai daging, tahu, ayam tanpa kulit, telur dan kacang-kacangan dengan cara direbus.

6. Aneka Kue
Biasanya kudapan manis dibuat dengan takaran gula yang cukup tinggi. Misalnya cake, puding, aneka kudapan manis basah, kudapan manis kering dan sebagainya. Hanya sekedar mencicipinya saja boleh. Namun, harus diingat pasien diabetes sensifit terhadap gula.

7. Minuman Kemasan
Hampir semua minuman kemasan ketika tinggi akan kandungan gula. Apalagi diantaranya menggunakan gula sintesis sebagai penguat rasa manis. Ini akan memperburuk tingkat gula darah pada badan penderita diabetes, yang mana gula tersebut akan sulit diubah oleh pankreas menjadi energi. Minuman berkarbonat (soda) juga janganlah anda cicipi untuk menghindari hal tersebut.

8. Buah-Buahan
Mengkonsumsi buah-buahan memang dapat menyehatkan badan dan menunjukkan badan asupan vitamin dan mineral yang baik, Namun, tak semua buah dapat dinikmati bagi anda seorang diabetes. Buah yang harus anda pilih pun harus memiliki kandungan rendah gula dan tinggi serat. Seperti anggur, durian, mangga, kelengkeng dan lainnya ialah buah yang harus anda hindari.

9. Gorengan
Makanan yang digoreng atau gorengan sedapat mungkin frekuensinya wajib anda hindari. Lemak jenuh yang terdapat pada gorengan berasal dari minyak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Ini akan memperburuk kualitas darah dalam badan anda.

Selain menghindari makanan pantangan bagi diabetes, iringi juga dengan acara olahraga secara rutin untuk memperlancar peredaran darah dan mengubah gula darah dalam badan anda menjadi energi.