Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita Sangat Akurat

Mengetahui dengan cara mengukur berat tubuh saja tidak dirasa cukup. Perlu dilakukan langkah selanjutnya apakah berat tubuh yang kita miliki sudah dapat dikatakan ideal atau belum memenuhi standar ideal. Sebaiknya setiap diri kita perlu mengetahui bagaimana cara menghitung berat tubuh yang ideal baik pria ataupun bagi wanita.

Indikator seseorang memiliki berat tubuh ideal bukan dilihat dari penampilan seseorang. Misalkan saja kita melihat seseorang dengan postur tubuh setuju dan tidak terlalu gemuk maupun kurus sehingga kita menyimpulkan berat tubuh orang tersebut ideal. Untuk kepastian dan mengacu standar Nasional dan Internasional di bidang kesehatan perlu ada tolak ukur untuk mengetahui tubuh ideal.

Pria dan wanita pada umumnya dipastikan mengharapkan berat tubuh yang sangat ideal. Dikarenakan banyak manfaat yang mampu didapatkan kalau memiliki bentuk tubuh dan berat tubuh yang ideal. kita akan tampil lebih percaya diri dihadapan orang dalam menjalankan kegiatan keseharian.

Mengetahui

Selain itu kita akan merasa lebih bugar dan sehat secara jasmani. Namun, kalau menginginkan bentuk tubuh dan berat tubuh yang ideal, maka kita harus memperhatikan gaya hidup serta kesehatan tubuh. Seperti pola makan sehat, tidur secara teratur, berolahraga dengan rutin, memperhatikan asupan makanan dan lainnya.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pria dan Wanita 

Ada banyak yang dapat dilakukan. Diantaranya yakni dengan menggunakan contoh rumus standar kesehatan dunia yaitu dengan perhitungan rumus Brocha dan Rumus BMI (Body Mess Index). 

Anda dapat menghitungnya sendiri yang dapat dilihat pada contoh dibawah bagaimana cara penerapan dari rumus itu atau kalau tak ingin repot menghitungnya, yang dapat dlakukan secara online. Hanya saja data berat tubuh dan tinggi tubuh kita mesti kita ketahui terlebih dahulu.

Tak perlu panjang lebar kami membahasnya lagi, inilah cara menghitung imt (indeks masa tubuh) dilakukan secara online maupun dengan cara manual berikut ini :

1. Mengunakan Rumus Brocha :

Berat tubuh ideal untuk pria = (Tinggi Badan – 100) – (10% x Tinggi tubuh – 100)
Contoh:  
Diketahui tinggi Bapak Dion yakni 167 cm, maka perhitungan berat tubuh idealnya yakni :
= (167 – 100) – (10% x (Tinggi tubuh – 100))
= 67 – (10% x (167-100))
= 67 – (10% x 67)
= 67 – 6,7 = 60,3 kg 
Dengan demikian, berat tubuh ideal Bapak Dion yakni 60,3 Kg

Berat tubuh ideal untuk wanita = (Tinggi tubuh – 100) – (15% x Tinggi tubuh – 100)
Contoh: 
Diketahui tinggi tubuh Ibu Putri yakni 155 cm, maka perhitungan berat tubuh idealnya yakni :
= (155 -100) – (15% x (tinggi tubuh – 100))
= 55 – (15% x (155– 100))
= 55 – (15% x 55)
= 55 – 8,25 = 46,75 kg. 
Dengan demikian, berat tubuh ideal Ibu Putri yakni 46,75 Kg

Rumus Brocha dapat dijadikan dasar perhitungan berat tubuh ideal untuk Anda. Rumus Brocha sudah diuji dalam dunia kesehatan dan juga telah banyak digunakan masyarakat.


2. Mengunakan Rumus BMI :

Rumus ini dapat digunakan baik untuk pria maupun wanita.
Berat Badan Ideal  = Berat Badan (Kg) : (Tinggi tubuh x Tinggi badan)
Contoh: 
Diketahui tinggi tubuh Ibu Hani yakni 150 cm dan memiliki berat tubuh 51 Kg, maka perhitungan berat tubuh idealnya yakni :
= 51 : (1,50 m x 1,50 m)
= 51 : 2,25
= 22,67
Sampai disini masih belum selesai, angka 22, 67 yakni angka BMI Ibu Hani. Selanjutnya yakni dengan mengeceknya menggunakan tabel di bawah ini yang sudah disediakan.

Tabel BMI Pria
BMI < 17
Under Weight/Kurus – Tambah konsumsi makanan berkalori
BMI 17 – 23
Normal Weight/Normal – Selamat berat tubuh anda termasuk ideal
BMI 23 – 27
Over Weight/Kegemukan – Harus waspada
BMI > 27
Obesitas – Warning, sebaiknya memulai acara menurunan berat tubuh semoga lebih ideal.

Tabel BMI Wanita
BMI < 18
Under Weight/Kurus – Sebaiknya mulai menambah berat tubuh dan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat di imbangi dengan olah raga
BMI 18 – 25
Normal Weight/Normal – Bagus, berat tubuh anda termasuk kategori ideal
BMI 25 – 27
Over Weight/Kegemukan – anda sudah masuk kategori,gemuk. sebaiknya hindari makanan berlemak dan mulailah meningkatkan,olahraga seminggu minimal 2 kali
BMI > 27
Obesitas – Sebaiknya segera membuat acara menurunkan,berat tubuh alasannya anda termasuk kategori obesitas/ terlalu gemuk dan,tidak baik bagi kesehatan

Jika tak mau repot menghitungnya, silahkan menginput data berat tubuh dan tinggi tubuh pada aplikasi di bawah ini dan eksklusif menawarkan tanda dengan indikator warna apakah tubuh anda ideal atau tidak.


Dengan begini kita dapat menilai berat tubuh kita sendiri termasuk dalam katagori kurus, ideal atau obesitas kah ?

Jika kita melihat kedua cara di atas, dapat kita simpulkan penggunaan rumus Brocha hasil perhitungannya akurat. Namun, tidak memiliki batas antara pada kisaran berapa berat tubuh masih dikatakan ideal menyerupai pada perhitungan menggunakan rumus BMI masih terdapat batas antara yang dikatakan ideal. Walaupun demikian tetap saja keduanya pertanda hasil yang sangat akurat alasannya sudah mengacu standar kesehatan WHO.