Khasiat dan Manfaat Tanaman Tapak Dara Sebagai Obat Alami

Manfaat Tanaman Tapak Dara : Jika ingin mencari obat alami tanaman obat diabetes, kita dapat menggunakan tapak dara sebagai salah satu pilihan. Tapak dara masuk ke dalam famili Apocynaceae dengan nama latin Catharanthus Roseus merupakan tanaman semak yang dapat tumbuh pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

Tanaman ini kaya akan kandungan kimia, setidaknya ada 70 macam alkaloid diantaranya bi-indole alkaloid, vinkristin, vinblastin, leurokristin, leurosidin, leurosin dan katarantin yang merupakan komponen antikanker. Didunia kedokteran, tanaman ini sebagai materi herbal untuk pembuatan obat suntik menyerupai vincristine injeksi dan vinblastin injeksi

Jika

Bebearpa penyakit yang dapat di atasi dengan memanfaatkan daun dan bunganya antara lain :
  • Mengatasi leukimia limfositik dan monositik akut
  • Pengobatan tekanan darah tinggi
  • Membantu menghendikan perdarahan akhir penurunan jumlah trombosit
  • Kencing manis atau diabetes
Tanaman ini dapat dikenali dari daun dan bunganya. Bunganya memiliki warna yang cantik berupa merah putih, merah dan putih yang sekaligus dapat dijadikan sebagai hiasan perkarangan rumah.

Sebagai obat tradisional dan alami, tapak dara memiliki sifat yang menyejukkan dalam badan dan rasanya yang pahit.

Untuk mengobati menyerupai penyakit hipertensi dan kencing manis, kita dapat menggunakan daunnya sebanyak 15 yang direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 2 gelas saja. Kemudian minum diwaktu pagi dan sore. Untuk mengatasi luka bakar dapat memanfaatkan daunnya ambil secukupnya saja, kemudian ditumbuh halus dan tempelkan pada luka bakar.