Jangan Anggap Remeh Gejala Anemia dan Penyebabnya

Anemia atau lebih dikenal dengan penyakit kurang darah dapat terjadi pada siapa saja. Hal ini dapat terjadi, kalau jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin yang merupakan sarana pembawa oksigen dalam sel darah merah berada di bawah normal. Anemia menyebabkan berkurangnya jumlah sel darah merah sehingga darah tidak dapat mengangkut oksigen dalam jumlah sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akibat dari itu, dipastikan akan menggangu kegiatan penderitanya dikarenakan kondisi badan yang lemah dan menunjukkan gejala-gejala yang bervariasi menyerupai kepala pusing berkunang-kunang, kurang bertenaga, bermuka pucat dan tanda  gejala anemia lainnya.

Tanda dan Gejala

Melakukan pemeriksaan darah dengan cara mengambil sampel darah, kita dapat mengetahui apakah seseorang menderita penyakit kurang darah atau anemia ini, dengan cara ini kita akan menerima hasil yang pasti. Gangguan kesehatan ini sering kali diabaikan bagi penderitanya, namun demikian kalau terlalu lama dibiarkan akan menjadi hal yang mengkuawatirkan dikarenakan mampu jadi menimbulkan daya tahan badan menurun dan penyakit lainnya datang.

Anemia


Untuk itu, mari kita kenali tanda - tanda munculnya penyakit tersebut berikut ini :
  • Kondisi badan mengalami lemah, letih, lesu, lunglai, dan sering kelelahan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Bagian bawah kelopak mata terlihat pucat
  • Sering kelelahan walaupun tidak melaksanakan kegiatan yang padat dan sering menguap atau mengantuk
  • Wajah, bibir dan telapak tangan tampak pucat
  • Rambut rontok kalau disisir menempel pada sisir
  • Sering merasa mual terutama di pagi hari
  • Kepala pusing dan berkunang-kunang suatu gejala yang sama dengan tekanan darah rendah
Dibandingkan dengan pria, wanita cenderung memiliki resiko terkena penyakit anemia, dikarenakan kecenderungan hormon yang dapat berubah-ubah dan bagi mereka yang memiliki tekanan darah rendah pada angka 90/80 mmHg atau 100/80 mmHg.

Minimnya kandungan hemoglobin dalam darah dikarenakan beberapa karena yang dapat terjadi. Hemoglobin sendiri diproduksi oleh sumsum tulang, berada pada kondisi normal kalau materi utamanya terpenuhi menyerupai zat besi, vitamin, protein dan mineral.

Beberapa karena yang dapat menimbulkan penyakit kurang darah atau anemia ini dikarenakan :
  • Pendarahan ahli dikarenakan kecelakaan, proses persalinan, pecah pembuluh darah, pendarahan hidung, menstruasi dan wasir
  • Adanya kanker atau polip disaluran pencernaan
  • Adanya tuor ginjal atau kandung kemih
  • Kurangnya asupan makanan yang bergizi dan sehat
Sebagai langkah tindakan pencegahan dari anemia, kita dapat mengkonsumsi asupan makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, vitamin C dan folat

Selain itu, penyakit ini juga dapat kita kenali dengan cara melaksanakan tes jari menyerupai berikut ini. Pertama tekanlah jari tidak terlalu kuat, kalau terasa sakit dan lihatlah apakah jari yang ditekan tadi kembali memerah. Umumnya akan cepat pulih memerah kembali.