10 Tips & Cara Meningkatkan Bahasa Tubuh Yang lebih Baik

Bahasa badan yang baik akan mendukung penampilan , menunjukkan orang lain penilaian tertentu perihal siapa diri anda ketika pertama kali melihat anda. Bahasa badan yang baik tentu dibutuhkan bagi seseorang untuk menilai kualitas aksara diri anda , sebagai rujukan saja ketika interview atau wawancara pekerjaan. Para staff HRD dituntut cepat mempersepsikan siapa diri pelamar pekerjaan dan bagaimana karakternya. Nah salah satu cara bagaimana mereka menilai diri anda dengan menilai pembicaraan anda serta bahasa badan anda ketika sesi wawancara.
Bahasa badan yang baik

Gerakan badan atau gerak gerik anda mampu menjadi penilaian khusus yang dapat menunjukkan gambaran atau definisi siapa diri anda , apalagi bagi mereka yang gres mengenal diri anda. Memang tidak ada standar kualitas untuk menilai bahasa badan Anda. Apa yang Anda lakukan mampu ditafsirkan dalam beberapa cara , tergantung bagaimana anda mengatur gerak badan anda dan kepada siapa Anda bicara.
 
Tentu akan menjadi hal yang berbeda ketika berbicara dengan atasan Anda dibandingkan dengan ketika Anda berbicara dengan pasangan atau seseorang yang dekat dengan diri anda. Ini yaitu beberapa interpretasi umum dari bahasa badan dan sering cara yang lebih efektif untuk berkomunikasi dengan badan Anda. nah bagaimana cara melatih dan meningkatkan bahasa badan yang lebih baik , berikut tipsnya ibarat dikutip dari situs body language coaching terpopuler:

Jangan menyilangkan lengan atau kaki ketika berbicara
Menyilangkan tangan atau kaki ketika anda berbicara dengan orang lain akan membuat Anda tampak defensif atau tertutup (sangat menjaga privasi anda). tentu hal ini akan membuat orang lain kesulitan untuk lebih dekat dan mengenal anda.

Melakukan kontak mata , tapi jangan terus menatap
Jika anda berbicara dengan orang lain kontak mata akan menunjukkan rasa percaya diri , membuat koneksi yang lebih baik dan melihat apakah mereka mendengarkan pembicaraan anda. Namun ketika anda terus menatap mata orang yang anda ajak berbicara hal itu justru akan membuat mereka tidak nyaman.

Lemaskan bahu
Ketika Anda merasa tegang hal itu pertanda ada ketegangan di pundak Anda. Cobalah untuk rileks dan menurunkan pundak anda , hal itu akan membuat anda semakin nyaman ketika berbicara atau berhadapan dengan orang lain.

Sesekali mengangguk ketika mereka berbicara
Mengangguk sesekali akan menunjukkan sinyal bahwa Anda mendengarkan dan memahami apa yang orang lain bicarakan.

Jangan membungkuk , duduk tegak
Duduk tegak akan pertanda bahwa anda percaya diri dengan apa yang anda bicarakan , tetapi dalam cara yang kalem , tidak dengan cara yang terlalu tegang.

Bersandar , tapi tidak terlalu banyak
Jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda tertarik pada apa yang orang katakan , bersandar danmenghadap ke arah orang yang berbicara. Jika Anda ingin menunjukkan bahwa Anda yakin pada diri sendiri dan kalem bersandar sedikit. Tapi jangan bersandar terlalu banyak atau Anda mungkin tampak angkuh dan tidak bersahabat.

Senyum dan tertawa
Senyum dan tertawa akan membuat susasana yang tegang menjadi mencair dan membuat orang yang berbicara dengan anda lebih nyaman. Buka obrolan yang ringan , tidak mengambil sendiri terlalu serius. Bersantai sedikit , tersenyum dan tertawa ketika seseorang mengatakan sesuatu yang lucu. Orang akan jauh lebih cenderung untuk mendengarkan Anda kalau Anda tampaknya menjadi orang yang positif.

Jangan terlalu banyak menunduk
Jaga kontak mata dan jangan terlalu banyak menunduk , hal ini akan menunjukkan persepsi bahwa anda tidak percaya diri dan terkesan ada sesuatu hal yang anda sembunyikan.

Memperlambat sedikit
Lambat tidak berarti bahwa anda bekerja atau beraksi secara "lelet atau lemot". ini berlaku untuk banyak hal. Berjalan lambat tidak hanya membuat Anda tampak lebih damai dan percaya diri , juga akan membuat Anda merasa santai. Begitupun ketika berbicara , bicara pelan dan lambat (tetapi tetap dengan nada yang jelas) akan menunjukkan kesempatan bagi anda berpikir sebelum berbicara.

Jauhkan sikap yang tidak baik dan selalu berpikir positif
Last but not least , tetap menjaga sikap aktual , terbuka dan santai. Bagaimana Anda merasa akan datang melalui dalam bahasa badan Anda dan dapat membuat perbedaan besar. Hindari hal hal tidak baik ibarat membelakangi orang yang sedang berbicara , memotong pembicaraan , terlalu sibuk bergerak ketika orang lain berbicara dsb.