Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Menggunakan Timer

Mematikan komputer otomatis - Saya yaitu pengguna internet yang hampir menggunakan komputer tiap hari alasannya yaitu memang kerjaan dan hobi saya bekerjasama pribadi dengan komputer dan internet. Biasanya ketika malam hari saya akan mendownload film yang akan saya tonton di malam berikutnya atau hanya sekedar mengunduh game game terbaru dan kadang alasannya yaitu ukurannya yang besar dan kelamaan nunggu proses downloadnya hingga saya ketiduran sehingga komputer tetap nyala  hingga pagi hari. Atau ketika sedang mendengarkan musik dari komputer , komputer tetap nyala hingga pagi hari dan balasannya yaitu tagihan listrik membengkak hehhehe..

Bagi sebagian orang komputer , laptop ataupun perangkat serupa lainnya sudah menjadi bab gaya hidup dan pekerjaan. Sebenarnya setiap sudah final mengunakan komputer maka pengguna harus mematikannya atau dikenal dengan istilah Shutdown. Mematikan memiliki banyak fungsi menyerupai menyimpan gosip setelah komputer digunakan , mendinginkan CPU , mencegah kerusakan hardware , hingga penghematan arus listrik.

Nah kali ini saya akan sedikit membuatkan tips mengenai bagaimana cara otomatis mematikan komputer dengan menggunakan timer. Cara ini mampu dilakukan untuk semua versi Windows , tanpa perlu menginstall software atau aplikasi timer. Namun bila anda lebih suka menggunakan aplikasi timer untuk mematikan komputer secara otomatis anda dapat mengunduhnya di internet alasannya yaitu banyak developer web yang menyediakan software tersebut. Berikut cara mematikan komputer secara otomatis menggunakan timer:


Cara Mematikan Komputer Otomatis Menggunakan Timer

 1   Klik windows pojok kiri bawah / Start > ketik run > jalankan programnya. Atau lebih cepat menggunakan shorcut dengan menekan tombol Windows + R di keyboard.

Cara Mematikan Komputer Otomatis 1

 2   Ketikan instruksi berikut shutdown -f -s -t 3600 kemudian klik OK. Perlu diketahui , angka 3600 yaitu jumlah detik dalam satu jam , jadi mampu diatur berapa lama waktunya. Jika ingin mati dalam satu jam maka ketik 3600 , 2 jam 7200 , 3 jam 10800 dst.

Cara Mematikan Komputer Otomatis 2

 3   Jika muncul pesan menyerupai ini , berarti timer yang teman buat berhasil dan tinggal menunggu waktunya itu komputer mati

Cara Mematikan Komputer Otomatis 3

Nah bagaimana cara bila ingin membatalkannya?

 4   Mudah saja , ikuti langkah nomor 1 lalu ketikan shutdown -a kemudian OK
Cara Mematikan Komputer Otomatis 4

 5   Maka akan muncul pesan menyerupai dibawah ini yang mengambarkan bahwa timer telah dibatalkan.

Cara Mematikan Komputer Otomatis 5

Nah mudah kan bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis menggunakan timer. Semoga artikel tersebut memiliki kegunaan dan bermanfaat bagi anda.