Tips & Cara Mudah Menghapus Cat Kuku Membandel

Mungkin sebagian dari kita suka mewarnai kuku dengan warna warna favorit. Mungkin anda pernah berada dalam situasi ingin menghapus cat kuku lama , baik dengan cara melapisi cat kuku gres atau mengelupaskan kuku sampai bersih dan menyadari sudah kehabisan penghapus cat kuku.

Jika Anda yaitu penggemar cat kuku kerlip (glitter polish) , Anda mungkin juga menyadari bahwa menghapus cat kuku tersebut dengan aseton murni membutuhkan waktu yang lama. Untungnya dalam kedua situasi ini , ada sejumlah cara untuk menghapus cat kuku menggunakan banyak sekali produk rumah tangga yang mampu anda temukan dengan mudah disekitar anda.

cara mudah menghapus cat kuku membandel

Sebagian besar metode ini , meskipun efektif , perlu diulang satu atau dua kali untuk hasil terbaik. Tidak ada yang seefektif penghapus cat kuku yang dibeli dari toko , tetapi semuanya akan berhasil dengan kesabaran.

Menggunakan alkohol
Gunakan alkohol dan produk berbahan alkohol untuk mengelupas cat kuku. Semakin berpengaruh kandungan alkoholnya , semakin baik alkohol ini bekerja. Tentu saja , langkah pertama yaitu menggunakan isopropil alkohol , dikenal juga sebagai alkohol gosok , tetapi ada produk-produk lain yang mengandung alkohol (atau etil glikol) di dalamnya.

Menggunakan cuka putih atau larutan cuka yang dicampur dengan air perasan lemon.
Bahan campuran alami ini juga memiliki kegunaan untuk menghapus cat kuku. Cuka bersifat asam dan merupakan pembersih serbaguna dan alami yang tersedia di rumah. Makara , masuk logika kalau cuka mampu digunakan untuk mengelupas cat kuku. Agar jadinya lebih baik , peraslah setengah buah lemon atau jeruk untuk menerima kekuatan pembersih buah jeruk.
       
Rendamlah jari-jari selama 10-15 menit sebelum menghapusnya. Saat direndam , kelupaslah cat kuku dengan kuku lain untuk mempercepat proses.

Menggunakan pasta gigi biasa untuk menggosok cat kuku.
Hanya diharapkan secuil pasta gigi saja. Kemudian , mulailah menggosok dengan sikat gigi bekas atau tisu. Biasanya , pasta gigi putih bekerja dengan baik dikala mengangkat dan menarik cat kuku. Selain itu , pasta gigi yang mengandung baking soda , larutan pembersih alami yang populer , sering kali menunjukkan hasil terbaik.

Menggunakan Hidrogen peroksida
Campurlah dua episode hidrogen peroksida dengan satu episode air panas dan rendam kuku selama 10 menit. Ini berarti kalau menggunakan sekitar 250 ml air panas , Anda harus menggunakan 500 ml hidrogen peroksida. Rendamlah kuku dalam air hangat , dengan mengelupaskan cat pada kuku menggunakan jari-jari yang tidak direndam , lalu kikirlah cat kuku dengan pengikir kuku.

Sebagai alternatif , gunakan pelarut atau penghapus cat yang berpengaruh , meskipun tidak dianjurkan. Ini bukan solusi untuk sehari-hari sebab bahan-bahan kimia ini mungkin mampu berbahaya. Namun , bahan-bahan ini mampu menghapus cat kuku , secepat dan seefektif penghapus cat kuku. Produk berikut harus menjadi pilihan terakhir dan digunakan di tempat berventilasi baik:
       
  • Aseton
  • Pengencer cat /tinner
  • Pengencer cairan pengoreksi goresan pena (fluid thinner)

  1. Oleskan bola kapas dengan produk pilihan Anda. Setelah menerima produk yang mampu digunakan sebagai penghapus cat kuku , rendam bola kapas atau tisu di dalam produk tersebut. Kemudian , oleskan bola kapas atau tisu tersebut pada kuku masing-masing tangan. Tambahkan lagi produk tersebut pada bola kapas atau tisu kalau perlu. Jika bola kapas atau tisu lembap dan menyerap warna , gantilah dengan yang baru.
  2. Diamkan produk tersebut selama satu menit. Karena tidak menggunakan penghapus cat kuku biasa , Anda perlu membiarkan produk tersebut biar menyerap. Diamkan produk tersebut pada kuku sekitar satu menit.
  3. Semakin lama produk tersebut didiamkan , maka semakin baik.
  4. Jika Anda sudah mencobanya atau memerlukan penghapus cat kuku yang lebih berpengaruh , rendamlah kuku secara eksklusif di dalam larutan selama 4-5 menit sebelumnya , lalu lanjutkan mulai dari langkah ini.