Tips & Cara Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Seseorang

Kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor , dan ternyata selain faktor dari keturunan atau gen ternyata kecerdasan seseorang sangat dipengaruhi oleh banyak hal menyerupai latihan penajaman otak. Seperti yang dilansir dari Inc.com , bekerjsama tidak ada orang yang benar benar udik bila mereka di karunia otak dalam keadaan normal , mereka hanya perlu mengasah otak mereka sehingga hal itu akan meningkatkan kecerdasan seseorang dan salah satu caranya yaitu dengan belajar.

berpikir cerdas

Lanjut menyerupai dikutip dari situs Inc menyebutkan ada beberapa tips dan cara sederhana yang terbukti ampuh untuk meningkatkan kecerdasan seseorang , beberapa hal hal sederhana ini bila dilakukan berulang dan terus menerus (rutinitas) terbukti ampuh membuat daya pikir seseorang lebih cerdas dan berwawasan luas. Nah berikut yaitu tips dan cara sederhana yang terbukti bisa meningkatkan kecerdasan seseorang:

Banyak berguru hal hal baru
Belajar yaitu proses bagaimana mengasah pikiran seseorang lebih tajam dalam menyimpan gosip yang mereka terima kedalam memori seseorang. Banyak penelitian pertanda bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan mempelajari banyak hal hal gres pertanda mereka lebih cerdas dan berwawasan luas dari pada mereka yang tidak pernah belajar. Banyak hal yang bisa kau pelajari tidak hanya dari bahan materi pelajaran yang diberikan di sekolah namun hal hal disekitarmu yaitu hal hal yang sangat berharga untuk dipelajari.

Lebih banyak membaca
Buku yaitu jendela dunia. Kamu bukan hanya bisa mengetahui wacana negara lain yang belum pernah kau kunjungi. Tapi juga pelajaran hidup yang bsia kau ambil dari kisah-kisah yang berkualitas. Selain itu , membaca buku juga bisa menambah kosa katamu. Sehingga kau akan menjadi lebih mengerti banyak sekali masalah di dunia.

Banyak orang orang cerdas didunia ini terbukti menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca buku sebut saja Albert Einstein (scientist) , William James Sidis (American Mathematics & Academics) Terence Tao (Australian Mathematician) Crhistopher Hirata (American AstroPhysics) Kim Ung Yong (South Korean Scientist). nah bila kau ingin memiliki daya pikir secerdas mereka maka mulai sekarang lebih banyak membaca. Banyak hal yang bisa kau baca kok tidak hanya buku tetapi bisa juga dari media online (internet) , majalah , koran dsb.

Mencatat
Enggak semua orang punya kebiasaan menulis gosip yang sudah mereka terima , sehingga mereka mudah lupa wacana apa saja yang gres mereka pelajari. Kebanyakan mereka akan menyimak orang yang berbicara di suatu seminar , menyimak rapat atau mendengarkan dosen berbicara namun mereka tidak mencatat atau menuliskannya. Memperhatikan dengan seksama memang diharapkan namun dengan mencatat atau menuliskannya kembali di catatan hal itu akan efektif untuk meningkatkan daya ingatmu.

Bermain game strategi
Memainkan game favorit memang menyenangkan , akan lebih bermanfaat lagi bila game yang menyenangkan tersebut juga meningkatkan kecerdasanmu. Pilihlah game edukatif , taktik dan game yang meningkatkan kecerdasanmu. Cobalah pilih permainan yang menyenangkan tapi juga bisa bikin kau berpikir dan terus mengasah daya pikirmu untuk menggunakan taktik untuk memenangkannya. Misalnya scrabbles , catur , Battleship dan lainnya.

Bersosialisasi
Ibaratnya kau berkumpul dengan penjual parfum maka kau akan mencicipi wanginya , begitu juga saat kau berkumpul dan berteman dengan sobat temanmu yang intelek , berwawasan luas dan cerdas maka kau juga akan menerima manfaatnya. Teman dan lingkungan ternyata juga besar lengan berkuasa kuat dengan daya pikir dan kecerdasan otakmu. Ketika kau berada di tengah-tengah sobat yang intelek dan suka berdiskusi , otakmu juga akan 'terpaksa' diajak untuk berpikir. Makara usahakan memiliki sobat yang jauh lebih berakal darimu. Sehingga kau bisa berguru dari mereka kapan pun dan di mana pun , dengan gratis!

Berbagi pengetahuan
Cara yang paling mudah biar ingatanmu lebih melekat yaitu mengajarkannya kepada orang lain. Dengan mengulang dan memberikan apa yang kau pahami wacana satu masalah , artinya kau juga berguru kembali. Kamu menyerupai membaca buku yang sudah pernah kau baca sekali lagi. Dan metode ini juga bisa sebagai ukuran pemahamanmu. Kalau kau sudah bisa menjelaskan dengan sederhana , artinya kau sudah benar-benar paham.