Tips Menjaga Hubungan Baik & Harmonis Di Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja harmonis - Tidak mampu dipungkiri lagi bahwa lingkungan  kerja yang kondusif , harmonis dan nyaman akan meningkatkan produktifitas kerja. Tidak hanya akan meningkatkan kinerja dan produktifitas hal itu juga menyebabkan semangat kerja yang tinggi. Semangat kerja yang tinggi , produktifitas dan kinerja yang baik tentu akan sangat mendukung kemajuan perusahaan atau instansi dimana kita bekerja.

Nah kali ini kita akan membahas sedikit tips bagaimana cara menjaga relasi yang lebih baik di lingkungan kerja dan meningkatkan keharmonisan , dan berikut tipsnya:

Tips Menjaga Hubungan Baik & Harmonis Di Lingkungan Kerja

Bangun suasana kekeluargaan
Tips pertama membangun relasi yang lebih harmonis ditempat kerja ialah dengan membangun suasana kekeluargaan dilingkungan kerja. Memang dalam pekerjaan selalu ada batasan antara atasan dan karyawan ketika bekerja namun diluar itu anggap mereka sebagai sobat atau keluarga.

Menjaga kerukunan dan persatuan yang solid
Tidak dipungkiri lagi bahwa kemajuan perusahaan banyak dipengaruhi oleh kinerja orang orang didalamnya baik atasan dan bawahan. Sehingga dengan menjaga kerukunan dan persatuan dalam nuansa kekeluargaan akan membuat suasana menjadi lebih kondusif dan harmonis. Menjaga kerukunan mampu diaplikasikan dengan cara saling menghargai , menghormati satu sama lain. Makara terlepas dari posisi Anda , hormatilah orang lain untuk Apa yang mereka lakukan , dan jaga kerukunan sepanjang waktu.

Saling membantu
Tidak perlu menunggu orang lain meminta pertolongan anda , ketika anda sempat dan sedang tidak sibuk dalam pekerjaan maka tawarkan bantuan. Saling membantu akan menumbuhkan rasa kekeluargaan yang semakin erat tidak hanya di lingkungan kerja tetapi juga diluar pekerjaan. 

Hindari saling curiga dan menyalahkan
Ketika datang suatu problem dalam pekerjaan , maka hal yang sering kita lihat ialah saling menyalahkan bukannya mencari jalan keluar untuk memecahkan problem tersebut. Terlebih hal tersebut diungkapkan di hadapan atasan tentu akanmenimbulkan kecurigaan dan risikonya saling menyalahkan. Ketika hal ini terjadi , ini tidak hanya merusak relasi Anda dengan rekan kerja , tapi juga akan menyebabkan suasana tidak kondusif dalam kerjaan dan imbasnya akan menghipnotis kualitas kinerja karyawan.

Jaga profesionalisme
Menjaga profesionalisme dalam pekerjaan akan menumbuhkan semangat kerja dan mencegah saling mengandalkan. Mereka tahu apa yang harus dikerjakan sesuai tempatnya sehingga mereka tidak mencampur antara urusan langsung dan profesional. Saat jam kerja jangan pernah membahas urusan langsung , selain dapat menghambat pekerjaan , waktu rekan Anda akan tersita alasannya ialah sikap Anda. Bicarakan hal langsung di luar jam kerja.

Kejujuran
Lingkungan kerja yang harmonis dalam pekerjaan sangat penting untuk menjaga kejujuran. Kejujuran sangat mahal harganya , ketika anda sekali saja berbohong maka sangat sulit untuk menerima rasa percaya dari orang orang dilingkungan kerja anda. Sangat penting untuk berkata jujur pada diri sendiri dan rekan kerja Anda. Cobalah menjadi sosok yang rendah hati , terbuka dan dekat ketika rekan kerja  Anda yang lainnya sedang memiliki masalah.

Menempatkan segala sesuatu sesuai tempatnya
Sangat menyenangkan ketika mampu bergosip , banyak bercerita dengan rekan rekan anda dan tentunya kalau hal ini tidak dilakukan di pekerjaan. Anda harus tahu kapan waktu yang sempurna antara pekerjaan dan urusan langsung sehingga akanmenimbulkan suasana kondusif dan harmonis di lingkungan kerja.