4 Perbedaan Angin Muson Barat Dan Angin Muson Timur

Perbedaan angin muson barat dan angin muson timur yakni sebagai berikut :
1. Angin muson barat mengakibatkan ekspresi dominan hujan sedangkan angin muson timur mengakibatkan ekspresi dominan kemarau.
2. Angin muson barat bertiup dari benua Asia menuju benua Australia sedangkan angin muson timur bertiup dari benua Australia menuju benua Asia.
3. Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober hingga Maret sedangkan angin muson timur terjadi pada bulan April hingga September.
4. Angin muson barat terjadi dikala kedudukan semu matahari di belahan bumi pecahan selatan sedangkan Angin muson timur terjadi dikala kedudukan semu matahari di belahan bumi pecahan utara.
Perbedaan angin muson barat dan angin muson timur yakni sebagai berikut  4 perbedaan angin muson barat dan angin muson timur

Angi Muson

Angin muson merupakan perubahan gerakan angin yang disebabkan oleh peredaran semu tahunan matahari. Angin muson ini bertiup 6 bulan sekali dan selalu berganti arah. Angin muson ini menghipnotis iklim dan ekspresi dominan suatu negara. Indonesia mempunyai dua angin muson yaitu angin muson barat dan angin muson timur.

1. Angin muson barat

Angin muson barat ini terjadi pada bulan Oktober – Maret. Angin ini terjadi dikala kedudukan semu matahari terdapat pada belahan bumi pecahan selatan. Hal ini menjadikan tekanan udara di Benua Asia lebih tinggi dibandingkan tekanan udara di Benua Australia. Karena udara mengalir dari tekanan yang lebih tinggi ke tekanan yang lebih rendah, maka angin bertiup dari Asia menuju Australia melalui Samudra Hindia yang banyak mengandung uap air. Sehingga bulah Oktober – Maret terjadi ekspresi dominan hujan di Indonesia.

2. Angin muson timur

Angin muson timur terjadi pada bulan April – September. Pada bulan tersebut kedudukan matahari terletakdi belahan bumi pecahan selatan. Hal ini menjadikan tekanan udara di Benua Asia lebih rendah dibandingkan tekanan udara di Benua Australia. Angin ini sifatnya mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan yang rendah maka angin bertiup dari Benua Australia menuju Benua Asia. Angin ini melalui gurun yang ada di Australia sehingga anginnya bersifat kering sehingga di Indonesia mengalami ekspresi dominan kemarau pada bulan April – September.
Itulah info wacana 4 perbedaan angin muson barat dan angin muson timur. Baca juga Pengaruh Letak Asrtonomi Indonesia.