Tips Mensiasati Masakan Yang Terlalu Asin

Bagi anda yang suka dengan acara memasak tentu pernah mengalami kuliner yang anda olah berasa sangat asin , lalu bagaimana anda mengatasinya? nah kali ini gua akan menyebarkan sedikit tips ihwal bagaimana cara mensiasati kuliner yang terlalu asin atau keasinan. Mitos orang jawa katanya bila memasak selalu keasinan atau terlalu asin itu tandanya segera pengen kawin hehehehe , , ,. Bagi orang yang suka tidak konsen dalam memasak biasanya kuliner yang dihasilkan juga rasa asinnya sering kurang pas , baik kurang asin maupun terlalu asin.


Untuk kuliner yang kurang asin atau cuek untuk mengatasi hal itu tinggal ditambah garam atau bumbu bumbu yang dibutuhkan , tapi bagaiamana bila kuliner yang diolah terlalu asin? biasanya bagi mereka yang keasinan akan menambahkan banyak air , tapi tentu saja akan menghipnotis rasa bumbu yang lain bukan? nah berikut yaitu beberapa tips mensiasati kuliner yang keasinan:

Tips Mengatasi Masakan yang Terlalu Asin

Tambahkan Kentang
Tambahkan satu kentang atau jumlahnya sesuaikan dengan menu porsi makanan yang anda masak. Kupas dan basuh sampai bersih kentang tersebut lalu masak kembali ke dalam kuliner berkuah. Nantinya kentang tersebut akan menyerap garam dalam kuliner sehingga rasa asin kuliner tersebut berkurang. Tehnik ini cocok untuk kuliner yang berkuah ibarat sayur , gulai , soto , dll.

Tambahkan santan atau susu
Ini juga penyeimbang rasa asin dalam kuliner berkuah , cukup tambahkan sedikit santan atau susu untuk kuliner berkuah anda.

Mentimun
Ambil ketimun terus iris 4-6 potong sesuai kebutuhan kemudian taruh pada makanan yang keasinan ketimun akan menyerap garam pada kuliner sehingga asin pada makanan berkurang cara ini cocok untuk makanan yang tidak berkuah.

Menambahkan gula
Gula pasir atau boleh menggunakan gula jawa merupakan alternatif yang cukup manjur untuk mengatasi kuliner yang terlalu asin. Jangan terlalu banyak gula lho , nanti kuliner malah akan berasa terlalu manis hehehe...

Tambahkan tomat / saos tomat
Untuk semur , sup atau gulai cukup tambahkan beberapa irisan tomat atau saos tomat. Tomat bisa menyerap rasa asin dalam masakan.

Jeruk nipis
Jeruk nipis juga bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi kuliner yang keasinan , cukup masukan beberapa tetes perasan jeruk nipis atau sesuai dengan selera anda.