Tips & Cara Lengkap Melakukan Presentasi Yang Baik

Membawakan presentasi - Presentasi ibarat dikutip dari beberapa sumber menyebut bahwa presentasi ialah suatu acara berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi antara presentator (seorang atau lebih yang memberikan presentasi) untuk memberikan sebuah konsep , data , pengajuan suatu topik , pendapat atau info , atau tujuan tertentu kepada para hadirin ataupun orang lain.

Tips & Cara Lengkap Melakukan Presentasi Yang Baik
Source Image: Tech.co
Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam program resmi dan program politik , presentasi lebih sering dibawakan dalam program bisnis. Walaupun lebih umum ditujukan untuk acara urusan ekonomi , beberapa bidang tertentu juga sering membutuhkan aktifitas presentasi seperti:

  • Presentasi dalam dunia pendidikan , instansi pemerintah maupun lembaga
  • Presentasi marketing atau penjualan
  • Presentasi untuk mendemokan suatu produk , himbauan , penyuluhan ataupun ajakan
  • Presentasi untuk acara politik
  • Presentasi untuk administrasi dan taktik bisnis
  • dsb

Dalam membawakan sebuah bahan presentasi tentu diharapkan keahlian berbicara atau keahlian memberikan pesan di hadapan hadirin merupakan hal yang sangat penting biar apa yang dipresentasikan sempurna sasaran dan mencapai tujuan ibarat apa yang presentator harapkan. Nah berikut ialah beberapa tahap lengkap membawakan presentasi dengan baik dan tentu saja untuk menarik minat para audiens:

Persiapan Awal Sebelum Membawakan Materi Presentasi

Para presentator handal dan sukses selalu memiliki persiapan yang matang sebelum mmebawakan bahan presentasi. Persiapan merupakan hal yang diharapkan untuk menyiapkan segala sesuatu yang diharapkan terkait dengan aktifitas presentasi biar berjalan lancar dan meminimalisir kesalahan dalam membawakan bahan presentasi. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam persiapan presentasi ini ialah sebagai berikut:

Berlatih mempersiapkan diri
Persiapan diri sangat penting dilakukan sebelum membawakan bahan presentasi. Mempersiapkan diri untuk menghadapi ketegangan yang bisa menyebabkan rasa gugup atau grogi , mengenali para audien yang hadir dalam presentasi , berlatih mempersiapkan dan menguasai alat alat peraga atau alat lain yang dibutuhkan untuk acara presentasi ibarat komputer , laptop , proyektor dsb.

Berlatih membawakan bahan presentasi
Berlatih membawakan bahan presentasi sebelum acara presentasi bekerjsama ialah langkah yang sempurna untuk melatih menguasai bahan , memahami dan mengerti apa yang akan anda sampaikan dan meminimalisir kesalahan dalam membawakan bahan presentasi. Berlatihlah dengan teman-teman anda , latih kemampuan bicara dan body language (bahasa tubuh) dsb.

Berlatih menguasai dan berbagi bahan yang ingin anda bahas
Ini sangat penting ketika anda benar benar menguasai bahan presentasi yang anda sampaikan. Dalam presentasi tentunya selalu ada interaksi antara pembawa presentasi dengan para hadirin dan dengan demikian selalu ada pertanyaan yang diajukan oleh para hadirin , ketika anda sudah benar benar berlatih menguasai dan berbagi bahan dengan lebih luas anda akan dapat menjawab setiap pertanyaan dari para audiens.

Memulai Membawakan Presentasi

Nah setelah anda mempersiapkan segalanya di awal sebelum membuka presentasi maka langkah selanjutnya ialah memulai presentasi , setiap orang pasti memiliki urutan daftar yang harus dilakukan ketika presentasi berbeda setiap individu. nah berikut ialah beberapa langkah mengawali atau memulai presentasi:

Membuka presentasi
Tidak etis kan mengawali presentasi eksklusif ke pokok presentasi tanpa pembukaan atau basa-basi terlebih dahulu. Pada tahap ini membuka pembicaraan dengan menanyakan kabar audiens anda ibarat pola "Selamat pagi , saya sangat senang hari ini bisa berada disini dan mendepatkan kesempatan untuk hadir di depan para hadirin sekalian....." selanjutnya perkenalkan diri anda , apa tujuan anda melaksanakan presentasi ini dll.

Menuju pokok bahasan materi
Setelah membuka presentasi mulai dari menanyakan kabar , memperkenalkan diri dan basa-basi lain selanjutnya jelaskan bahan pokok presentasi anda. Pada pokok bahan ini sebaiknya gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan tidak membuat para audiens merasa cepat bosan , mungkin bisa diselingi dengan sedikit humor atau dongeng lain yang masih tetap terkait dengan isi pokok bahan presentasi anda. Pada adegan ini berikan mereka data yang akurat biar apa tujuan atau pesan anda dalam presentasi inimudah diterima dan dimengerti para audiens anda.

Ajak audiens antusias dengan presentasi anda
Libatkan para hadirin untuk menanggapi bahan presentasi anda dengan memperlihatkan mereka pertanyaan pertanyaan yang menarik yang akan memancing antusiasme para hadirin anda atau memperlihatkan kesempatan bagi mereka untuk menanyakan bahan presentasi dari anda yang mungkin belum mereka mengerti. Mengajak keterlibatan para hadirin dalam presentasi akan membuat suasana presentasi nyaman dan tidak kaku.

Tutup presentasi
Setelah semua prosesi presentasi anda simpulan dan tujuan presentasi anda tertangkap dengan baik oleh audiens anda , jangan lupa untuk menutup presentasi dengan kata kata yang baik dan jangan lupakan untuk berterima kasih kepada audiens anda.

Tips Untuk Presentasi yang menarik & sukses

  • Gunakan bahasa & tata bahasa yang baik , sopan dan mudah dimengerti oleh audiens anda.
  • Lebih banyak tersenyum , senyum tidak hanya membuat anda dan hadirin merasa baik namun juga mendekatkan dan membuat suasana presentasi menjadi lebih nyaman.
  • Anggap hadirin bukan sebagai orang lain , ajak keterlibatan mereka. Eye contact / kontak mata dengan hadirin akan menunjukkan iman diri anda.
  • Menjiwai bahan presentasi dengan semangat , energi dan penuh semangat.
  • Menguasai peralatan atau peraga presentasi dengan baik.
  • Kuasai dan kembangkan bahan presentasi.