Gejala, Penyebab Perut Kembung Dan cara Mengobatinya

BloggerBugis - Cara mengatasi perut kembung, penyebab perut kembung, perut terasa berisi angin dan membesar ialah salah satu tanda-tanda umum perut kembung. Perut kembung siapa saja dapat mengalaminya, baik orang berakal balig cukup akal maupun Anak-anak. Dikala perut terisi banyak angin, kadang-kadang kita akan banyak mengeluarkan angin/kentut, perut merasa bergejolak dan bersendawa. Hal demikian ini ialah reaksi normal, karena terdapatnya udara berlebih pada sistem pencernaan dalam tubuh.

Terdapat dua jenis perut kembung, yakni objektif dan subjektif. Perut kembung objektif kadang-kadang ditandai perut membuncit hal ini karena banyaknya udara berkumpul dalam usus. Sedangkan gejala perut kembung subjektif disebabkan organ badan yang kembung menyerupai lambung akan tetapi hal ini tak terlihat.

Gas yang terdapat pada usus dan lambung diakibatkan karena terjadinya proses pengolahan makanan jadi energi. Pada hakikatnya semua orang mengalami buang limbah gas melalui kentut. Apabila usus kelebihan gas pada usus adegan atas atau lambung, maka kita akan bersendawa secara berlebihan. Sedangkan kelebihan gas pada usus lebih rendah, akan menjadikan perut kembung serta meningkatnya frekuensi buang angin.

perut

Gejala Perut Kembung, Penyebab dan Cara Menyembuhkanya

GEJALA PERUT KEMBUNG
Tanda-tanda perut kembung menyerupai perut terasa sakit perut, kram serasa melilit, Bersendawa hal ini disebabkan karena terlalu banyak udara dalam peutu hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya perut kembung. Perut terasa tak nyaman, Cegukan, mengantuk, diare, nafsu makan berkurang, serta rasa mual bahkan kadang muntah.

PENYEBAB PERUT KEMBUNG
Perut kembung disebabkan oleh fungsi limpa dan lambung yang mengalami gangguan, baik itu disebabkan oleh penyakit dalam maupun penyakit dari luar. Beberapa makanan dan minuman pun menjadi penyebab utama perut kembung. Kaprikornus sebaiknya kurangilah memakan makanan dan minuman yang banyak mengandung atau menghasilkan gas.

Hal-hal lain yang menjadi pemicu terjadinya perut kembung menyerupai menelan udara, cara makan salah makan terburu-buru, minum terlalu cepat, Ngobrol sambil makan, terlalu banyak engunyah permen karet, banyak meminum minuman bersoda dan Merokok.

CARA ALAMI MENGOBATI PERUT KEMBUNG
Perut kembung dapat diobati dan dicengah dengan cara menerpkan pola makan sehat dan gaya hidup sehat. Dalam mengobati perut kembung sebaiknya rubah pola makan Anda cobalah makan enam kali dalam sehari dengan makan dngan porsi kecil, cara ini lebih baik ketimbang makan sebanya 3 kali dengan porsi makan berat. Hal ini karena makan kecil-kecil lebih gampang diolah oleh lambung serta lebih sedikit menghasilkan gas.

BAHAN BAHAN ALAMI MENGOBATI PERUT KEMBUNG
Berikut 5 materi alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat perut kembung, Bahan-bahan berikut ini tergolong mudah atau gampang kita dapatkan karena materi ini mungkin sudah tersedia di rumah Anda karena kadang kita jumpai didapur.

1. DAUN DELIMA PUTIH
Siapkan lima helai daun delima putih, basuh hingga bersih, lalu rebus hingga mendidih dengan 1 gelas air bersih. Tunggu hingga hirau taacuh lalu saring, dan hasil air yang sudah disaring diminum sebanya 2 kali sehari pagi dan sore secara teratur Insyah Tuhan perut kembung akan sembuh.

2. BAWANG MERAH
Bawang merah selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur ternyata memiliki khasiat sebagai obat perut kembung. Caranya siapkan 3 siung bawang merah haluskan dengan menggunakan parut. Selanjutnya hasil parutan bawang dicampur bersama dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Lalu oleskan secara merata pada adegan penggalan perut utamanya adegan pusar.

3. BUAH BELINGO
Kupas kulit buah beligo, dan potong kecil-kecil kemudian rebus hingga mendidih. Dinginkan dan minumlah obat untuk perut kembung ini secara rutin supaya perut kembung yang anda derita tidak menyerang Anda lagi.

4. JERUK NIPIS
Jeruk nipis selain dapat digunakan sebagai penambah aroma pada makanan juga bermfaat sebagai salah satu ramuan untuk perut kembung. Cara mebmbuat ramuan ini tergolong mudah yakni cukup dengan memeras jeruk nipis, dan yang kita gunakan ialah air perasan, Ingat ramuan ini bukan untuk diminum akan tetapi air perasan jeruk nipos ini deberi beberapa tetes minyak kayu putih. dan usapkan pada perut kembung.

5. JAHE
Jahe yang dapat digunakan sebagai embel-embel bumbu masak nyatanya pun mampu kita gunakan sebagai obat dalam mengatasi perut kembung. Jahe termasuk dalam salah satu obat kembung alami. Cara penggunannya cukup dengan menyiapkan 2-3 potong jahe yang sudah dicuci hingga bersih. Memarkan jahe dan seduh dengan air panas, selanjutnya tambahkan madu 1 sendok dan minum secara teratur.

6. Hindari Mengonsumsi Makanan Ini
Susu yang mengandung laktosa contohnya sereal, roti dan salad dressing. Sayuran sepeti kol, brokoli, tauge, mentimun, kacang polong, paprika hijau lobak, bawang, kentang mentah dan Gorengan dan makanan berlemak lainya.

Perut kembung tentunya akan menjadikan rasa ketidaknyamanan pada tubuh, utamanya pada adegan perut. Gunakan bahan-bahan alami diatas dalam mengobato perut kembung yang Anda derita akan tetapi kalau Anda telah menerapkan cara-cara yang telah kami jelaskan sebaiknya Anda konsultasikan dengan Ahli medis guna menerima penanganan yang lebih sirius. Demikianlah beberapa gejala perut kembung, Penyebab Perut kembung serta cara mengobati perut kembung. Semoga bermanfaat.