Mengenal 6 Manfaat Daun Cocor Bebek di Bidang Kesehatan

BlogggerBugis - Cocor angsa merupakan salah satu jenis tanaman yang mampu diolah dan dimanfaatkan sebagai obat herbal alternatif untuk menangani aneka macam duduk perkara kesehatan. Manfaat daun cocor angsa dalam bidang kesehatan sudah terbukti dan telah digunakan dari waktu ke waktu semenjak jaman nenek moyang. Obat tradisional ini selalu dicari oleh aneka macam kalangan masyarakat yang ingin mengatasi penyakit secara alami menggunakan materi herbal. Apabila pemanfaatan cocor angsa dilakukan dengan baik dan maksimal, tentu saja segudang manfaat mampu didapatkan. Pengobatan yang efektif, aman dan bekerja maksimal mampu diperoleh tanpa membuang budget yang besar.

Cocor

Manfaat Daun Cocor Bebek

Karakteristik dan kandungan tanaman cocor bebek

Tanaman cocor angsa merupakan tanaman yang biasa tumbuh di tempat tropis, panas dan tempat kering. Pembudidayaan tanaman ini sangat mudah karena mampu dilakukan menggunakan teknik tunas adventik. Itulah sebabnya manfaat daun cocor angsa seringkali dijadikan alternatif pengobatan karena bahannya mudah dijumpai. Biasanya tanaman ini memiliki daun yang berwarna hijau muda dengan bentuk bundar telur disertai dengan sisi-sisinya yang bergerigi dan ujung episode daun yang tumpul. Bentuk dan rupa daun yang ibarat pengecap angsa membuat tanaman ini mudah dikenali orang awam sekalipun.

Tanaman cocor angsa juga memiliki batang yang berbentuk segi empat, berwarna hijau, lunak dan beruas. Bunganya berwarna merah, berbentuk malai dengan mahkota yang berbentuk corong. Dari sekian banyak bagian-bagian yang ada pada tanaman cocor bebek, episode daun merupakan episode penting yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk mengatasi aneka macam macam penyakit. Manfaat daun cocor angsa diperoleh karena ada banyak kandungan senyawa di dalamnya, antara lain kalium, asam malat, alkaloid, vitamin C, falavanoid, antiseptik, anti radang dan masih banyak lagi senyawa penting lain yang terdapat dalam daun cocor angsa sebagai obat tradisional.

1. Daun cocor angsa sebagai obat sakit kepala

Sakit kepala merupakan duduk perkara kesehatan yang sering muncul secara tiba-tiba. Untuk menghindari pengonsumsian obat-obatan, Anda mampu menggunakan daun cocor angsa sebagai alternatif penanganan herbal. Sebab, salah satu manfaat daun cocor angsa ialah sebagai obat sakit kepala. Memanfaatkan daun cocor angsa untuk meredakan sakit kepala juga dinilai cukup mudah, yaitu:
  • Siapkan 10 lembar daun cocor angsa dan basuh hingga bersih.
  • Giling daun cocor angsa hingga halus dan beri garam secukupnya.
  • Gosokkan campuran daun cocor angsa dan garam pada episode dahi dan pelipis Anda.
  • Ulangi 1 hingga 2 kali sehari sesuai kebutuhan.
  • Rasakan khasiatnya dan sakit kepalapun reda.
2. Daun cocor angsa sebagai obat sakit lambung

Nyeri pada lambung mampu terjadi saat seseorang telat makan atau menderita penyakit maag. Pada situasi ini, daun cocor angsa mampu dimanfaatkan sebagai pereda nyeri yang Anda rasakan. Manfaat daun cocor angsa sebagai obat nyeri lambung sangat mudah didapatkan. Berikut ini cara memanfaatkannya, yaitu:
  • Siapkan 5 lembar daun cocor angsa dan sedikit garam.
  • Peras daun dan taburi garam secukupnya pada air perasan.
  • Minum air perasan daun cocor angsa dan rasakanlah manfaatnya.
3. Daun cocor angsa sebagai obat muntah darah

Muntah darah merupakan gejala penyakit yang harus ditangani dengan metode yang sempurna dan cepat. Manfaat daun cocor angsa sebagai obat muntah darah sudah dipercaya sebagai metode pengobatan herbal yang sangat berguna dan juga aman. Berikut ini cara menangani muntah darah dengan menggunakan cocor angsa sebagai obat herbal, yaitu:
  • Siapkan 7 lembar daun cocor angsa dan gula merah.
  • Lumatkan daun cocor bebek.
  • Campurkan sedikit gula merah.
  • Tim ramuan daun cocor angsa hingga matang.
  • Minum ramuan herbal selagi hangat.
4. Daun cocor angsa sebagai obat wasir

Manfaat kesehatan dari daun cocor angsa lainnya yaitu sebagai obat wasir. Pengobatan wasir menggunakan manfaat daun cocor angsa yang satu ini perlu dilakukan secara rutin supaya risikonya efektif. Berikut ini cara menangani wasir menggunakan khasiat daun cocor angsa secara alami, yaitu:
  • Siapkan daun cocor bebek, air panas dan madu.
  • Bersihkan daun cocor bebek, biarkan kering dan tumbuk hingga bermetamorfosis bubuk.
  • Campurkan 1 sendok cocor angsa bubuk dengan air panas ke dalam cangkir.
  • Tambahkan 1 sendok madu ke dalamnya dan aduk rata.
  • Minum selagi hangat sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.
5. Daun cocor angsa sebagai obat bisul

Bisul ialah salah satu duduk perkara penyakit yang harus diatasi dengan segera supaya tidak meradang dan mengganggu kenyamanan diri Anda. Bisul mampu ditangani menggunakan daun cocor angsa secara herbal. Manfaat daun cocor angsa ini diperoleh karena terdapat kandungan antiseptik dan antiradang di dalamnya. Cara memanfaatkannya antara lain:
  • Bersihkan 50 gram daun cocor bebek, lumatkan.
  • Ambil air lumatan daun cocor angsa dan tambahkan madu ke dalamnya.
  • Minum ramuan tersebut.
  • Tempelkan sisa lumatan daun cocor angsa ke episode nanah yang sakit.
  • Lakukan pengobatan secara rutin.
6. Daun cocor angsa sebagai obat reumatik

Jika gejala reumatik timbul dan sendi-sendi di beberapa episode badan mulai terasa sakit, maka salah satu solusi yang mampu dilakukan ialah dengan memanfaatkan daun cocor angsa yang ada di sekitar Anda. Manfaat daun cocor angsa yang satu ini dapat menghindari pengonsumsian obat-obatan yang mampu memicu efek ketergantungan. Cara menggunakan daun cocor angsa sebagai obat reumatik antara lain:
Rebus 4 lembar daun cocor angsa ke dalam 3 gelas air dengan 1 jari pulosari, 1 sendok teh adas dan 2 jari gula enau hingga matang.
Biarkan cuek dan saring air rebusan herbal daun cocor bebek, lalu sisihkan.
Minum air rebusan secara rutin 3 kali sehari sebanyak 150 ml atau ¾ gelas.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan daun cocor angsa sebagai obat herbal

Ada banyak duduk perkara kesehatan yang mampu diatasi menggunakan daun cocor bebek. Selain beberapa jenis penyakit yang disebutkan tadi, manfaat daun cocor angsa lainnya yaitu untuk meredakan radang amandel, duduk perkara diare, disentri, demam, radang indera pendengaran episode luar, haid, asma dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat bahwa memanfaatkan khasiat alami daun cocor angsa juga wajib diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus dipahami saat memanfaatkan khasiat dari daun cocor bebek, yaitu:
  • Dosis pemakaian daun cocor angsa harus dibatasi untuk menghindari dampak pusing dan muntah-muntah kalau dosisnya berlebih.
  • Penderita penyakit gangguan pencernaan dan wanita hamil dilarang mengonsumsi ramuan daun cocor bebek.
  • Pemakaian daun cocor angsa untuk episode luar pada kulit sensitif harus dilakukan secara hati-hati untuk mencegah rasa gatal atau iritasi kulit.
Itulah aneka macam macam khasiat atau manfaat daun cocor bebek di bidang kesehatan sebagai obat herbal tradisional yang sangat penting untuk diketahui!