Sejarah Singkat Terbentuknya Muhammadiyah Tahun 1912

Pada tanggah 18 November 1912 Muhammadiyah bangkit di Yogyakarta. Pendirinya yaitu Kyai Hadi Ahmad Dahlan. Muhammadiyah yaitu sebuah organisasi yang berasaskan islam dan haluannya non politik. Selain bidang ilmu agama, Muhammadiyah juga bergerak dalam bidang pendidikan, budaya, dan sosial.
 Pendirinya yaitu Kyai Hadi Ahmad Dahlan Sejarah singkat terbentuknya Muhammadiyah tahun 1912
Tujuan organisasi Muhammadiyah yaitu untuk mewujudkan umat islam yang cerdas dan berwawasan kebangsaan.
Muhammadiyah juga mendirikan Aisyiah pada tahun 1918. Tujuan berdirinya Aisyiah yaitu untuk meningkatkan tugas Muhammadiyah dalam tujuan organisasi Muhammadiyah pada umumnya. Kegiatan Aisyiah ini juga hampir sama dengan tujuan Muhammadiyah yaitu bergerak dalam bidang sosial, budaya, dan pendidikan.
Muhammadiyah juga mendirikan forum pendidikan, sosial, masjid, dan penerbitan buku. Kemudian Muhammadiyah juga mengadakan banyak sekali pertemuan untuk membahas masalah-masalah islam yang sedang dihadapi di masyarakat.
Muhammadiyah mempunyai banyak cabang di seluruh nusantara. Saat ini Muhammadiyah mempunyai forum pendidikan dan kesehatan terbesar di Indonesia yang tersebar di banyak sekali wilayah.

Demikianlah klarifikasi mengenai seputar sejarah singkat Muhammadiyah yang aku ambil dari buku BSE IPS kelas 8 karya Sri Sudarmi.