Cara Mencegah Kram Kaki Dimalam Hari

Siapa yang belum pernah mengalami kram kaki di malam hari atau setelah bangun tidur?kram kaki secara tiba-tiba dapat terjadi kapanpun tanpa mengenal muda maupun tua. Kram yang terjadi secara tiba-tiba dimalam hari membuat seseorang menjadi panik karena kaki kram tanpa melakukan aktifitas yang berat. Kram kaki biasanya terjadi ketika posisi tidur kemudian terbangunkan dimalam hari kemudian kram kaki tiba-tiba terjadi atau bahkan kram kaki terjadi ketika bangun dipagi hari. Berikut hal-hal yang perlu dilakukan supaya kram kaki tidak terjadi dimalam hari :



1.Cukupi kebutuhan cairan tubuh
Minum air putih maupun minuman isotonic sangat baik bagi kesehatan tubuh apalagi meminumnya sebelum tidur, tujuan dari mencukupi kebutuhan cairan ini supaya otot lemas dan mengurangi resiko dehidrasi sehingga tidak terjadi kaki kram ketika dimalam hari.

2.Kompres Kaki Anda sebelum tidur
Setelah melakukan aktifitas sehari-hari tubuh terutama kaki akan mengalami kelelahan. Supaya tidak terjadi kram kaki dimalam hari disarankan untuk mengompres kaki menggunakan botol yang berisi air hangat maupun dengan menggunakan alat pengompres. Tujuan pengompresan ini adalah untuk melemaskan otot kaki supaya tidak tegang sehingga tidak terjadi kram kaki dimalam hari.

3.Cukupi kebutuhan nutrisi anda
Nutrisi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya supaya tidak terjadi kram kaki dimalam hari. Kalium berperan sangat penting dalam hal ini karena kekurangan kalium dapat menyebabkan kaki kram dimalam hari. Kalium terdapat dalam buah-buahan seperti pisang, sayuran seperti brokoli dan ikan laut. Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh terutama kalium kram kaki dimalam hari dapat dihindarkan.

4.Lakukan Peregangan 
Melakukan peregangan kaki sebelum tidur sangatlah penting supaya kram kaki tidak terjadi. Dengan melakukan peregangan sebelum tidur membuat otot tidak tegang sehingga dapt meminimalisir terjadinya kram kaki dimalam hari.

Itulah 4 hal yang harus dilakukan supaya kram kaki dimalam hari dapat dihindari. Dengan menjaga kesehatan tubuh sesuatu yang tidak diharapkan dapat dihindari salah satunya adalah kram kaki dimalam hari.