5 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Kram Perut

Kram perut memang sangat menyakitkan, apabila tidak dapat menanganinya secara baik dapat menyebabkan sesuatu yang lebih fatal. Untuk meringankan rasa sakit kebanyaakan dengan menggunakan pengobatan yang mudah dan efektif. Penyebab kram perut sangat banyak salah satunya ada gangguan disaluran pencernaan atau ada infeksi dibagaian tersebut. Sedangkan kram yang dialami wanita biasanya ketika menstruasi datang tapi tidak semua wanita merasakan kram tersebut. Supaya tidak memperparah keadaan maka perlu diambil langkah untuk mengatasi kram perut, berikut adalah beberapa tindakan yang harus diambil ketika kram perut terjadi :

1.Tentukan daerah yang sakit
Ketika kram perut terjadi yang perlu anda lakukan adalah carilah titik atau sumber rasa sakit tersebut. Setelah titik rasa sakit ketemu gunakan obat penghilang rasa nyeri dan berkonsultasilah dengan dokter dengan begitu akan lebih mudah untuk didiagnosa kenapa bagian tersebut merasa sakit.


2.Aturlah pernapasan anda
Langkah yang paling mudah ketika kram perut terjadi yaitu melakukan relaksasi. Langkah ini bertujuan untuk menjadikan diri anda supaa lebih tenang dan mengurangi rasa sakit. Duduklah dengan mengambil posisi yang nyaman kemudian aturlah pernapasan anda. Ambil napas secara dalam kemudian buanglah lewat mulut. Fokuslah terhadap ritme pernapasan anda dan istirahatlah sejenak.

3.Jangan minum Atau makan.
Banyak orang yang salah dalam penanganan kram perut yaitu memberikan makan maupun minum. Ketika kram perut terjadi, sietem pencernaan sedang terganggu jadi jangan memberikan makanan dan minuman terlebih dahulu. Jangan minum-minuman beralkohol, kafein maupun minuman yang berkarbonasi karena hal tersebut akan memperparah kondisi seseorang ketika terjadi kram perut.

4.Lakukan peregangan.
Melakukan peregangan adalah cara yang efektif untuk mengurangi rasa sakit. Posisikan tubuh anda dalam posisi terlentang kemudian angkatlah perut anda keatas, kalau tidak mampu mintalah bantuan orang yang ada disekitar anda.

5.Kompreslah 
Ketika langkah-langkah diatas telah dilalui maka lakukan pengompresan dengan air hangat baik menggunakan botol maupun alat yang digunakan untuk mengompres. Dengan mengompres daerah yang sakit diharapkan dapt mengurangi rasa sakit dan mengendurkan otot yang kram pada perut.

Semoga dengan 5 langkah diatas kram pada perut dapat teratasi, Supaya tidak terjadi kram perut lakukanlah pemanasan sebelum berolahraga dan perhatikan makanan yang anda makan dan minum. Untuk menjaga KESEHATAN tubuh memang harus membutuhkan perhatian yang lebih, olahraga teratur, gaya hidup sehat dan makan maupun minuman yang sehat itu penting.