5 Hal Ini Menyebabkan Anda Mudah Lelah

Kelelahan memang tidak bisa kita pungkiri bisa menerpa siapa saja. Kelelahan terjadi akibat karena kita terlalu sibuk dan banyak bekerja sehingga melupakan waktu istirahat. Tetapi jika merasa lelah setiap waktu apa itu normal?Perhatikan gaya hidup, waktu istirahat dan makanan yang anda konsumsi. Cobalah dalam waktu 2-3 minggu untuk melakukan gaya hidup yang sehat seperti melakukan istirahat yang cukup, makan-makanan yang sehat, banyak minum air putih dan mengurangi kafein, rokok dan alcohol. Jika gaya hidup telah dirubah tapi masih mudah merasa lelah maka perlu anda konsultasikan dengan dokter ahli dibidangnya. Berikut adalah hal-hal yang menyebabkan anda mudah lelah :

1.Anemia
Kelelahan yang disebabkan oleh anemia adalah hasil dari kurangnya sel darah merah, yang membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan dan sel. Anda mungkin merasa lemah dan sesak napas. Anemia dapat disebabkan oleh besi atau defisiensi vitamin, kehilangan darah, perdarahan internal, atau penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis, kanker, atau gagal ginjal. Wanita usia subur yang rentan terhadap anemia kekurangan zat besi karena kehilangan darah selama menstruasi dan kebutuhan tubuh akan zat besi tambahan selama kehamilan dan menyusui.


2.Penyakit Tiroid
Kelenjar tiroid berfungsi dalam membantu mengontrol metabolisme, jika terlalu banyak hormon tiroid yang dikeluarkan atau yang disebut dengan hipertiroidisme maka akan mempercepat metabolisme tubuh. Sedangkan jika terlalu sedikit hormon tiroid yang dihasilkan  atau yang disebut dengan hypothyroidism maka akan memperlambat metabolism tubuh. Hal inilah yang menyebabkan tubuh mudah merasa lelah karena metabolisme tubuh tidak normal.

3.Diabetes
Banyak orang yang didiagnosa dengan diabetes, tetapi ada juga yang belum  tahu bahwa memiliki penyakit diabetes. Glukosa diperlukan tubuh untuk membentuk energy dalam tubuh sedangkan penderita diabetes tidak mampu mencerna glukosa dengan baik dengan begitu penderita diabetes biasanya mudah mengalami kelelahan. Mudah mengalami kelelahan merupakan gejala awal dari seorang penderita diabetes dan biasanya ditandai dengan mudah merasa haus, sering buang air kecil dan mengalami penurunan berat badan. Konsultasikan dengan dokter dengan begitu akan mempermudah anda untuk menghadapi penyakit diabetes.

4.Depresi
Depresi adalah penyakit utama yang mempengaruhi cara kita tidur, makan, dan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Maka depresi yang berlebihan dapat menjadikan tubuh mudah lelah, agar tidak berlarut-larut sebaiknya depresi  harus segera ditangani  sehingga tidak mengganggu kehidupan kita. Tanpa pengobatan, gejala-gejala depresi dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

5.Insomnia
Bagaimanapun juga tubuh memerlukan waktu tidur yang cukup, kuantitas dan kualitas tidur yang baik  akan mempengaruhi kebugaran tubuh kita. Dengan kuantitas dan kualitas tidur yang baik membuat tubuh tidak mudah lelah. Perhatikan waktu tidur anda dan aturlah waktu anda dengan sebaik-baiknya.

5 hal tersebut yang dapat membuat tubuh menjadi mudah lelah, dengan begitu semoga kita dapat menghindarinya dan dapat menjaga KESEHATAN tubuh kita.