6 Hal Yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara??Kalau mendengar kata tersebut setiap wanita akan merasa khawatir apakah dirinya juga bisa terkena penyakit kanker payudara. Kira-kira apa bisa kita mencegah kanker payudara?Mungkin dengan beberapa hal yang harus kita ketahui dengan belajar, bertanya maupun membaca buku kanker payudara dapat diminimalisir atau bahkan dapat mencegahnya sehingga tidak menimpa setiap wanita. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mencegah kanker payudara:

1.Kendalikan Berat Badan
Berat badan yang ideal sangatlah penting maka dari itu setiap orang harus menjaga berat badan terkhusus wanita apabila tidak ingin terkena penyakit kanker payudara. Kelebihan berat badan atau yang disebut obesitas dapat meningkatkan berbagai penyakit kanker salah satunya kanker payudara. Perhatikan apa yang anda makan dan aturlah waktu makan anda.




2.Olahraga Secara Teratur
Olahraga memang memberikan efek yang baik bagi KESEHATAN. Wanita yang secara aktif selama 30 menit sehari melakukan olahraga baik dengan jalan kaki, lari-lari maupun olahraga yang lainnya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kanker payudara disbanding dengan wanita yang sama sekali tidak melakukan olah raga. Olahraga secara teratur adalah cara terbaik pula untuk membantu menjaga berat badan.

3.Minuman Beralkohol
Minuman beralkohol memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. Minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Masih banyak kog minuman yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Maka rubahlah kebiasaan anda untuk tidak meminum-minuman beralkohol. Minum air putih yang cukup dan juga  bisa minum sari buah lebih sehat dan menyegarkan.

4.Menyusui
Menyusui adalah kewajiban bagi setiap wanita yang baru melahirkan seorang anak. Menyusui untuk total satu tahun atau lebih menurunkan risiko kanker payudara. Ini juga memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi anak. Tetapi banyak wanita yang tidak memperhatikan ini entah karena sibuk bekerja atau lebih mengutamakan karir. Banyak dari mereka tidak memberikan asi secara langsung, mereka memompa asinya dan menaruhnya dilemari pendingin. Padahal dekapan seorang ibu ketika menyusui dapat mempererat hubungan seorang ibu dengan anak dan memberikan rasa nyaman pada anak.

5.Jangan Mnum Pil KB
Penggunaan pil KB dapat meningkatkan resiko kanker payudara, terutama Setelah Usia 35 tahun. Pil KB memiliki manfaat dan memiliki risiko, semakin muda seorang wanita semakin rendah resikonya. Saat seorang wanita mengkonsumsi pil KB, Mereka memiliki sedikit peningkatan resiko terkena kanker payudara.

6.Riwayat Penyakit Kanker  Keluarga Anda
Wanita dengan riwayat keluarga yang memiliki kanker dapat mengambil langkah-langkah khusus untuk melindungi diri mereka sendiri, jadi penting bagi wanita untuk mengetahui sejarah keluarga mereka. Anda mungkin berada pada risiko tinggi kanker payudara jika Anda memiliki ibu atau saudara perempuan yang mengembangkan kanker payudara atau ovarium (terutama pada usia dini). Jika sudah mengetahui riwayat keluaraga konsultasikan dengan dokkter yang ahli dibidangnya sehingga bisa didetksi sejak dini dan dapat mencegah terkena panyakit kanker payudara.

6 hal tersebut semoga dapat mencegah terkena penyakit kanker payudara. Mencegah lebih baik dari pada mengobati, Semoga bermanfaat.