20 Cara Memutihkan Wajah Secara Aman, Alami & Permanen

Tentunya orang-orang ingin supaya memiliki kulit dan wajah yang putih berseri. Dimana tanda bahwa wajah memperoleh perawatan yang baik yaitu terlihat pada tingkat kecerahan kulit wajahnya.

Kulit wajah yang kusam mengambarkan bahwa “pemiliknya” kurang memperhatikan perawatan tubuh, termasuk wajah.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan supaya membuat kulit wajah bisa lebih putih dan cerah. Hanya saja sebagai saran, Anda harus menghindari cara-cara memutihkan wajah yang “ekstrem” ibarat melaksanakan operasi plastik dan semacamnya, hindari segala hal yang berpotensi bahaya.

Berikut Berbagai Cara Memutihkan Wajah Secara Aman:

1. Harus Rajin Membersihkan Wajah

Jangan Malas Mencuci Wajah
Jangan Malas Mencuci Wajah | Kredit gambar: Pexels.com

Jika Anda ingin memiliki kulit yang lebih putih dan cerah, maka rajin membersihkan wajah dengan air bersih menjadi kunci terpenting.

Jika Anda malas hanya untuk sekedar membilas wajah dengan air, maka akan sulit bagi Anda untuk bisa memiliki kulit wajah yang lebih cerah.

Silahkan mencuci wajah secara rutin (misalnya tiga jam sekali), tidak perlu dengan sabun produk, cukup dengan air bersih saja itu sudah sangat bagus, yang penting jangan malas untuk membersihkan wajah.

Dimana sel kulit mati yang menumpuk pada wajah akan menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Sel kulit mati dapat dibersihkan dengan rajin mencuci wajah.

Dari laman Dailymail.co.uk, seorang wanita berjulukan Erica yang berasal Pennsylvania, Amerika Serikat, mencoba selama sebulan untuk mencuci wajah hanya dengan menggunakan air dan waslap.

Bahkan beberapa selebriti terkenal di dunia, ibarat Alexa Chung, Lady Gaga, dan Salma Hayek mengaku  bahwa diri mereka hanya mencuci wajah dengan air bersih, bahkan mereka mengatakan berusaha menghindari penggunaan produk sabun muka.

Minggu Pertama
Erica mencoba membiasakan mencuci wajah dengan air bersih saja, dirinya mencicipi dengan rutin mencuci wajah dengan air di pagi hari, membuat wajahnya terasa segar.

Minggu Kedua
Dalam dua minggu, ia juga tidak menggunakan produk makeup ketika ke kantor. Saat simpulan pekan, ia mengunjungi ibunya di New York City.

Hal yang menakjubkan bahwa Ibunya terkejut dan berkata bahwa apa yang telah dilakukannya sehingga wajahnya tampak bersih dan cerah.

Maka Erica menjawab bahwa dirinya selama dua ahad ini mencuci wajah dengan air bersih.

Minggu Ketiga
Erica mencicipi wajahnya tidak lagi mengalami dilema minyak berlebih, bahkan jerawatnya pun telah mulai menghilang.

Minggu Keempat
Erica menyadari bahwa noda-noda bekas nanah di wajahnya mulai memudar. Dan warna kulitnya juga menjadi lebih cerah dan bersih.

Erica juga teringat dahulu dengan apa yang telah neneknya lakukan dalam membersihkan wajah, neneknya hanya menggunakan waslap yang telah dibasahi oleh air hangat, kemudian dibersihkan lagi dengan waslap yang telah dibasahi dengan air dingin.

Dari apa yang telah dilakukan neneknya itu, membuatnya terinsiparasi untuk melaksanakan hal ini juga.

Dari “eksperimennya” ini, Erica menyadari bahwa dirinya sudah banyak membuang-buangk uang untuk membeli produk pembersih, toner dan bermacam-macam produk perawatan wajah lainnya.

2. Manfaatkan Lemon

Lemon
Sumber gambar: Pixabay.com

Lemon mempunyai aroma yang menyegarkan, disamping itu kandungan di dalamnya berupa Vitamin C dan asam alpha hidroksi berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Serangan radikal bebas menyebabkan kulit menjadi kusam, termasuk juga kulit wajah. Lemon juga memiliki fungsi sebagai biro bleaching alami yang memiliki kegunaan untuk mengangkat sel kulit mati, serta mengatasi dilema kulit kusam akhir terlalu lama terkena sengatan sinar matahari langsung.

Cara memanfaatkan lemon, yaitu:
  1. Pertama-tama peras lemon lalu tampung airnya pada sebuah wadah
  2. Lalu celupkan kapas pada air perasan lemon tersebut.
  3. Lalu Anda oleskan kapas yang telah dibasahi itu pada wajah
  4. Setelah mengoleskan secara merata pada wajah (hati-hati jangan hingga kena mata), lalu diamkan selama 15 menit.
  5. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih (Anda juga bisa membilasnya dengan air hangat).

Penting diingat, jangan mengoleskan lemon pada kulit yang sedang terluka dan mengalami iritasi, alasannya akan perih akibatnya.

Dari laman Womenshealthmag.com, kandungan di dalam lemon memiliki sifat antibakteri yang bermanfaat untuk membantu mengobati jerawat. Selain itu juga membuat komedo yang ada menjadi memudar sedikit demi sedikit.

Lemon yang kaya akan vitamin C dan asam sitrat membantu mencerahkan kulit, kandungan tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen, hal ini dikatakan oleh Marina Peredo, M.D., seorang dermatolog.

Sehingga manfaatnya ini juga bisa membantu meringankan bintik-bintik penuaan yang muncul. Lemon juga sangat cantik untuk mengurangi kelebihan minyak.


3. Memutihkan Kulit dengan Memperbaiki Pola Hidup dan Pola Makan
Kebiasaan teladan hidup dan teladan makan tertentu bisa menyebabkan kulit menjadi kusam dan cenderung menjadi gelap.

Hal-hal buruk yang perlu dihindari yaitu teladan makan yang tidak teratur, sering begadang, malas mandi, malas basuh muka, berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, dan semacamnya.

Jika ingin memiliki kulit yang lebih sehat, putih dan cerah maka jalanilah teladan hidup secara teratur, penting untuk disiplin dalam melaksanakan mandi, makan (terutama sarapan), hindari rokok, komsumsi makanan sehat, dll.

Dengan teladan hidup yang baik maka akan berdampak baik juga bagi kesehatan dan tampilan kulit. Hindari makanan yang tidak sehat ibarat makanan tinggi  minyak dan lemak, junk food, makanan cepat saji, serta produk makanan instan (seperti mie).

Kesalahan lainnya yang membuat kulit kusam ialah kurang minum air putih. Penting diketahui bahwa tubuh yang kekurangan cairan akan menyebabkan menurunnya kelembabapan kulit, dimana kulit menjadi tampak kering dan kusam.

Anda juga perlu menghindari rokok (baik sebagai perokok aktif maupun pasif), alasannya asap rokok menyebabkan kerusakan kulit, bahkan memperepat proses penuaan (berupa kulit cepat keriput).

Hal lainnya ialah Anda harus menghindari stress. Jika terlalu banyak pikiran dan akhirnya stres, maka kondisi stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk kulit tubuh (bahkan organ jantung).

Perbaiki kehidupan Anda, jalani aktivitas-aktivitas yang bermanfaat, hindari melaksanakan acara yang buruk / merusak, dengan begitu Anda bisa lebih terhindar dari stres. Terjadinya stres pada seseorang alasannya kurang baiknya dirinya dalam mengatur dan memanfaatkan waktu.

Jika kondisi stres sudah terasa berat, maka Anda bisa mengambil isitrahat / cuti, lalu pergi ke kawasan rekreasi.

Atau bisa juga dengan berkonsultasi wacana dilema yang dihadapi pada keluarga, sahabat bersahabat yang terpecaya, atau ke ahlinya.

4. Manfaatkan Teh Hijau Untuk Kulit
Di dalam teh hijau terkandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Manfaat teh hijau bagi kulit tubuh dan wajah bisa diperoleh dengan cara mengonsumsi teh hijau secara langsung, atau juga dengan mengaplikasikan teh hijau pada kulit wajah.

Mengaplikasikan teh hijau pada kulit bisa bermanfaat untuk mengangkat dan membersihkan sel kulit mati, serta mempercepat proses regenerasi kulit. Berikut caranya:
  1. Pertama-tama rendam daun teh hijau di dalam air panas selama 5-10 menit.
  2. Kemudian Anda celupkan kapas pada larutan teh hijau.
  3. Lalu oleskan kapas tersebut pada wajah secara perjalan.
  4. Biarkan beberapa ketika sebelum Anda membilasnya. Selesai.

Apabia Anda menggunakan teh celup, maka rendam kantong teh celup tersebut selama 5 menit, lalu tiriskan kantong teh, tunggu supaya tidak terlalu panas lalu barulah gosokkan secara perhalan pada wajah

Adapun apabila yang digunakan ialah bubuk teh hijau, maka jadikan pasta dengan cara mencampurkan satu sendok bubuk daun teh hijau bersama dengan 1 sendok air.

Campurkan keduanya hingga menjadi pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada wajah secara perlahan.

Setelah mengoleskan jangan eksklusif membilas wajah, namun tunggu beberapa waktu hingga zat kandungan teh hijau meresap ke dalam kulit wajah. Setelah itu gres bilas wajah menggunakan air besih.

5. Jangan Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari
Anda tidak boleh terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung, terutama hindari sinar matahari antara jam 11 siang hingga jam 2 siang.

Kelamaan berada di bawah sinar matahari bisa menyebabkan kulit terbakar. Dimana bila kulit terbakar matahari maka akan berubah kemerahan, yang juga suka disertai rasa panas, gatal, hingga perih di permukaan kulit.

Apabila sengatan mataharinya sangat berpengaruh maka dapat menjadikan rasa sakit kepala, gemetar, demam dan pusing.

Sinar matahari bekerjsama memiliki  tiga jenis radiasi ultraviolet (UV), yaitu UVA, UVB, dan UVC. Jenis radiasi UVC tidak bisa menembus atmosfer Bumi, adapun jenis UVA dan UVB bisa menembus atmosfer bumi sehingga mengenai manusia.

Nah, untuk melindungi tubuh dari UVA dan UVB yang dapat membahayakan tubuh (bahkan bisa memicu resiko kanker dan mutasi sel DNA), maka pigmen kulit yang berjulukan melanin akan diproduksi guna melindungi sel-sel tubuh.

Namun eksistensi pigmen melanin yang berfungsi menangkal UVA dan UVB, juga akan mengubah warna kulit Anda menjadi lebih gelap. Hal itu alasannya Pigmen melanin memiliki warna dasar berupa cokelat kehitaman.

Dengan begitu, bila semakin sering tubuh terkena sinar matahari langsung, sehingga secara alami akan semakin tinggi produksi pigmen melanin untuk melawan UVA, yang efeknya akan membuat kulit semakin gelap. 

Loading...

6. Masker Pepaya
Di dalam pepaya terkandung enzim papain dalam kadar cukup tinggi yang berfungsi untuk memaksimalkan proses regenerasi kulit. Selain itu, terdapat kandungan vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan dan membantu untuk melembabkan kulit.

Selain itu, kandungan di dalam pepaya juga bermanfaat untuk mencegah pigmentasi kulit berlebihan akhir paparan sinar matahari.

Konsumsi pepaya secara eksklusif bermanfaat untuk mencerahkan kulit, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya sebagai masker, caranya:
  1. Ambil dan bersihkan buah pepaya, Anda potong menjadi beberapa bagian.
  2. Lalu hancurkan potongan buah pepaya tersebut hingga halus.
  3. Lalu Anda oleskan sebagai masker pada wajah.
  4. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan dalam keadaan demikian selama 15 menit, supaya nutrusi pada buah pepaya meresap ke kulit secara maksimal.
  5. Setelah itu, barulah membersihkan wajah kembali dengan air hangat.

Lakukan penggunaan masker pepaya ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7. Tomat

Tomat
Sumber gambar: Wikimedia.org

Kandungan di dalam tomat memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit wajah, serta bisa membantu menghilangkan jerawat. Di dalam tomat terkandung senyawa lycopene yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan radiasi sinar matahari.

Cara memanfaatkan tomat pada wajah, langkah-langkahnya:
  1. Siapkan tomat lalu bersihkan.
  2. Lalu haluskan hingga menjadi ibarat bubur.
  3. Lalu aplikasikan secara merata pada wajah.
  4. Setelah itu, diamkan saja selama 15 menit.
  5. Barulah bersihkan wajah kembali menggunakan air hangat.

8. Hindari Melakukan Bleaching Bahan Kimia
Bleaching merupakan pengelupasan kulit yang bertujuan untuk membuat kulit wajah lebih cerah dan putih. Hanya saja zat amonia dan materi kimia lain yang terkandung didalamnya bias berdampak buruk pada kulit, yang bisa menyebabkan kerusakan kulit, bahkan yang terburuk ialah beresiko kanker kulit.

Jika melaksanakan bleaching secara berlebihan justru akan membuat kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya.

Sehingga, jikapun Anda ingin melaksanakan bleaching, maka pilihlah yang menggunakan materi alami, sehingga meminimalkan efek samping yang buruk.


9. Yogurt
Selain untuk dikonsumsi, yogurt bisa menjadi materi alami untuk mencerahkan kulit wajah. Di dalam yogut terkandung Vitamin B5 yang memiliki kegunaan untuk menyamarkan bintik-bintik hitam akhir jerawat, selain juga menjadikan kulit wajah lebih cerah.

Yogurt dengan kandungan asam laktat dan kalsium bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit wajah, cara memanfaatkan yogurt ini yaitu:
  1. Pertama-tama tuangkan satu sendok makan yogurt ke dalam mangkuk atau wadah lainnya.
  2. Setelah itu tambahkan sedikit madu.
  3. Campurkan keduanya hingga merata.
  4. Lalu barulah aplikasikan ramuan tersebut pada wajah, oleskan secara merata.
  5. Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 20 menit.
  6. Setelah itu, barulah dibilas menggunakan air hangat

10. Istirahat yang Cukup

Anak Sedang Tidur
Sumber gambar: Pixabay.com

Pastikan Anda tidur malam yang cukup, oleh alasannya itu hindari yang namanya begadang, kalau memang terpaksa maka minimalisir acara begadang.

Hal itu alasannya tubuh yang kurang tidur, dampaknya bukan hanya buruk bagi kesehatan, namun juga berdampak buruk pada tampilan kulit.

Kurang tidur bisa membuat kulit wajah menjadi kusam. Kurang tidur menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan resiko peradangan di dalam tubuh meningkat.

Dampak dari peradangan itu akan mengganggu proses produksi kolagen dan asam hyaluronic. Kegunaan kolagen dan asam hyaluronic sangat penting untuk mempertahankan kecerahan kulit. Jika terlalu sedikit produk zat hyaluronic akan berdampak pada kekusaman kulit.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan munculnya nanah di wajah, membuat wajah terlihat lebih tua, dan menjadikan kantung mata yang besar.

Penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengalami kebiasaan insomnia (sulit tidur) di malam hari akan terlihat 10 tahun lebih bau tanah dari usia aslinya. Penderita insomnia beresiko untuk mempunyai kerutan di wajah yang lebih banyak dibandingkan orang yang tidur dengan cukup.

Hal itu alasannya kurang tidur menyebabkan menurunnya produksi kolagen di dalam tubuh. Keberadaan zat kolagen ini sangat penting untuk mencegah tubuh mengalami penuaan dini.

11. Manfaatkan Ketimun
Kandungan vitamin dan mineral di dalam ketimun bermanfaat untuk mengatasi dilema kulit kusam, membantu memutihkan wajah dengan cara mencegah pigmentasi kulit berlebihan, menghilangkan bekas nanah di wajah dan menghilangkan lingkar hitam di bersahabat mata.

Anda hanya perlu mengiris ketimun, lalu aplikasikan pada wajah. Kemudian diamkan beberapa waktu. Setelah itu barulah membilas wajah.

12. Jangan Lupa untuk Menggunakan Pelembab
Setelah seharian berada di luar ruangan, membuat kulit wajah terasa tidak nyaman, sehingga diharapkan pelembab wajah supaya kulit wajah bisa selalu terlihat segar.

Menggunakannya memiliki kegunaan supaya kulit terjaga kelembaban dan kesehatannya, sehingga mencegah terbentuknya timbunan sel kulit mati. Pentingnya mencegah sel kulit mati menumpuk pada kulit wajah supaya kecerahan kulit wajah bisa selalu terjaga.

Dengan kulit wajah yang terjaga kelembabannya, juga membantu untuk menjadikan kulit wajah bisa selalu halus dan terlihat cerah.

13. Masker Alpukat dan Madu
Kandungan di dalam alpukat bisa melembabkan dan menghaluskan kulit. Demikian juga madu merupakan materi alami yang baik untuk kulit. Konbinasi keduanya diharapkan bisa membantu Anda untuk memperoleh kulit yang cerah dan putih.

Cara memanfaatkannya:
  1. Pertama-tama ambilah daging alpukat dengan sendok, setelah itu masukkan ke dalam wadah.
  2. Haluskan daging buah alpukat, lalu campurkan dengan satu sendok makan madu.
  3. Setelah keduanya tercampur, maka oleskan secara merata pada wajah.
  4. Kemudian biarkan dalam kondisi demikian selama 15 menit.
  5. Barulah membersihkan wajah kembali dengan air hangat.

Lakukan perawatan dengan materi alami alpukat dan madu ini, bisa 2 atau 3 kali dalam seminggu.

14. Rajin Berolahraga

Tim Sepakbola Sedang Latihan
Sumber gambar: Wikimedia.org

Kebanyakan orang berolahraga ialah dengan tujuan untuk menurunkan berat badan, atau supaya bentuk tubuh bisa selalu ideal. Sebenarnya olahraga juga bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Berkeringat ketika berolahraga membuat kulit lebih bersih dan sehat. Saat Anda berolahraga maka kelenjar keringat akan memproduksi banyak keringat yang nantinya keluar dari pori-pori kulit.

Hal ini membuat kotoran-kotoran yang mengendap di dalam pori-pori kulit akan terdorong keluar bersamaan dengan keluarnya keringat, hal ini menjadikan pori-pori kulit akan kembali bersih dan segar.

Setelah selesai berolahraga, tunggu suhu tubuh mendingin (normal) kembali dan keringat tidak lagi keluar, maka setelah itu segeralah mandi dan bersihkan kulit Anda.

Saar berolahraga, sirkulasi oksigen di dalam darah juga menjadi lebih lancar, hal ini bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih cerah dan bersinar.

Dimana peredaran darah yang lancar membuat suplai oksigen dan nutrisi untuk kulit menjadi optimal. Sehingga kulit akan terjaga kesehatannya, dan kulit akan tampak cerah.

Disarankan untuk melaksanakan olahraga sebelum jam 09:00 pagi. Kenakan pakaian olahraga yang nyaman di kulit, dan hindari pakaian yang ketat.

loading...

15. Manfaatkan Bengkoang
Di dalam bengkoang terkandung vitamin C dan B1 yang bisa bermanfaat untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Betapa banyak produk pemutih kulit yang dijual di pasaran memakai materi alami bengkoang sebagai materi utamanya.

Cara memanfaatkannya untuk kulit wajah:
  1. Pertama-tama kupas kulit bengkoang, lalu basuh bersih.
  2. Kemudian Anda parut (atau bisa diblender).
  3. Setelah bengkoang dihaluskan, maka peras.
  4. Setelah itu, biarkan selama beberapa jam hingga terbentuk endapan.
  5. Nah, gunakan endapan tersebut sebagai masker alami untuk wajah.
  6. Setelah selesai mengaplikasikan pada wajah, maka biarkan saja selama 15 menit.
  7. Setelah itu, barulah membersihkan wajah kembali.

Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

16. Masker Buah Pisang
Buah pisang dapat Anda jadikan masker wajah untuk bisa membantu memutihkan kulit wajah, berikut langkah-langkahnya:
  1. Pertama-tama siapkan pisang raja (atau jenis pisang lainnya) dan madu murni secukupnya.
  2. Lalu haluskan pisang dan tambahkan madu.
  3. Campurkan hingga merata dan akhirnya berbentuk ibarat pasta.
  4. Setelah itu, gunakan pasta tersebut sebagai masker wajah, oleskan secara merata pada wajah (jangan lupa sebelumnya wajah dibersihkan dengan air).
  5. Setelah selesai mengoleskan, maka biarkan selama 30 menit.
  6. Setelah itu barulah membilas wajah dengan air hingga bersih kembali.

17. Oleskan Tabir Surya Jika Keluar Rumah
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa terlalu lama terkena paparan sinar matahari menyebabkan kulit menjadi gelap. Karenanya, mengoleskan tabir surya diharapkan untuk menghindari efek buruk dari terkena sengatan sinar matahari dalam waktu lama.

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 bila Anda berada di luar ruangan. Adapun bila Anda bekerja di dalam ruangan maka cukup menggunakan yang SPF 15.

18. Makan Stroberi

Buah Strawberry
Sumber gambar: Wikipedia.org

Kalau bisa Anda rutin (setidaknya setiap minggu) untuk makan stroberi, alasannya ini ialah salah satu super food. Semangkuk kecil stroberi mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa stroberi memiliki manfaat untuk memutihkan kulit. Dimana kandungan vitamin C yang tinggi di dalam stroberi berperan penting dalam produksi kolagen.

Kegunaan kolagen ini sangat penting bagi kulit, termasuk bisa membantu meningkatkan kelenturan dan elastisitas kulit. Apabila Anda mengonsumsi stroberi secara teratur, hal ini bisa membuat kulit Anda menjadi tampak segar dan muda.

Umumnya bekerjsama supaya kulit bisa terlihat cerah maka Anda harus mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Dimana ibarat halnya air, buah dan sayuran segar juga diharapkan untuk proses pemutihan kulit, selain juga untuk menjaga keseimbangan asupan.

Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran segar yang mengandung banyak vitamin dan mineral menawarkan manfaat besar bagi kulit, yang membuat kulit bisa terlihat lebih menarik.

19. Hindari Berbagai Hal yang Membuat Kulit Menjadi Gelap
Sangat penting supaya Anda tidak terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Selain itu tekanan mental, stres atau depresi bisa menjadi salah satu faktor penyebab warna kulit menjadi gelap.

Kondisi stres dan depresi berdampak buruk pada terhambatnya perkembangan hormon-hormon penting yang dihasilkan oleh tubuh. Temasuk pembentukan zat warna kulit (melanin) juga akan mengalami gangguan.

Selain itu, hindari tubuh terlalu lelah, letih, atau lesu alasannya hal ini juga berdampak buruk pada terhambatnya produksi melanin di dalam tubuh. Yang alhasil membuat kulit menjadi tampak lebih gelap.

Anda juga perlu menghindari mengonsumsi obat yang terlalu banyak, salah satu efek yang ditimbulkan dari mengonsumsi obat yang terlalu berlebihan ialah menyebabkan warna kulit menjadi lebih gelap.

Pastikan Anda tidur yang cukup di malam hari, kurangnya tidur malam bisa menyebabkan warna kulit menjadi lebih kusam.

Hindari perawatan kulit yang salah, yang justru menyebabkan kerusakan kulit, dan kulit menjadi kehilangan kecerahannya. Apalagi bila bahan-bahan yang sering digunakan ialah materi kimia.

Disarankan supaya Anda lebih mengutamakan produk perawatan kulit yang menggunakan materi alami alasannya lebih aman untuk kulit.

Anda juga jangan hingga salah dalam pemilihan kosmetik dan parfum, yang bisa menyebabkan kulit kehilangan zat melaninya sehingga kulit akan tampak lebih gelap.

Selain itu, hindari debu dan polusi udara alasannya mempunyai tugas terhadap proses pigmentasi pada kulit. Dimana debu dan polusi udara bekerjasama erat dengan yang namanya radikal bebas.

Hal penting lainnya ialah jaga kesehatan tubuh, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang nutrisinya mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari.

Kekurangan nutrisi, vitamin, mineral dan lainnya tidak hanya menurunkan level kesehatan tubuh, juga nantinya akan menawarkan dampak buruk pada tampilan kulit.

20. Trik Memutihkan Wajah dan Tubuh Ala Wanita Jepang  
Umumnya wanita jepang memiliki kulit tubuh yang putih bersih, sehat, kencang, dan juga mulus. Nah, apabila Anda ingin ibarat itu, ikuti cara mereka. Berikut wacana cara kulit putih ala wanita jepang:

- Mereka sangat menghindari yang namanya junk food, dimana wanita Jepang lebih suka untuk mengonsumsi makanan alami, dan tidak suka pada jenis makanan cepat saji. Mereka lebih suka untuk mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara direbus daripada digoreng, bahkan juga suka sekali makan buah dan sayuran.

- Kosmetik alami. Walaupun Jepang sangat terkenal dengan tekhnologi canggihnya, akan tetapi umumnya wanita jepang lebih memilih kosmetik yang berbahan alami, bahkan menggunakan produk yang diolah sendiri sehingga nutrisinya masih sangat segar bagi kulit.

- Rajin memakai sun block. Dimana wanita jepang selalu memakai sun block yang tujuannya supaya mencegah terjadinya kerusakan kulit akhir sinar UV.

- Jalan pagi. Wanita Jepang memiliki rutinitas untuk jalan pagi dan lari kecil untuk melancarkan peredaran darah, yang hal ini juga membuat kulit bisa memperoleh nutrisi secara optimal yang diedarkan oleh darah.