20 Cara Mengatasi Nyeri Haid: dengan Terapi, Makanan Sehat, Obat, Ramuan, dll

Nyeri pada haid terjadi akhir kondisi otot rahim yang mengalami kontraksi dan menekan rahim dalam jangka waktu cukup lama. Hal ini menimbulkan berkurangnya pasokan darah dan memicu rasa nyeri.

Terkadang pada sebagian wanita bisa mengalami problem nyeri dikala haid.

Ada beberapa gejala yang muncul ketika seorang wanita mengalami haid, yaitu:
  1. Tubuh mudah lelah
  2. Muncul rasa pusing di kepala
  3. Perut cenderung terasa kembung
  4. Resiko stres dan depresi meningkat
  5. Timbul rasa sakit / nyeri di adegan perut bawah.
  6. Timbul rasa nyeri di payudara (bahkan terkadang bisa muncul bengkak).

Nyeri haid yang dialami akan benar-benar mengganggu kegiatan sehari-hari, yang terang produktifitas akan menurun, disamping juga mood akan menurun drastis alasannya ialah rasa nyeri dikala haid.

Nyeri Haid
Nyeri Haid | Sumber gambar: Nepalnp.com

Hal yang Penting Diketahui untuk Membantu Menghilangkan Nyeri Haid

1. Konsumsi Minuman Hangat
Minuman yang hangat menyerupai yang paling sederhana ialah segelas air putih hangat, maka sangat membantu untuk mengatasi problem rasa nyeri dikala haid. Akan tetapi, hindari (batasi) mengonsumsi segala jenis minuman yang terdapat kandungan kafein di dalamnya, apalagi bila kadarnya tinggi.

Contoh minuman berkafein yang cukup populer ialah kopi dan teh. Mungkin sebagian orang menilai teh tidak memiliki kafein, padahal pada kenyataannya teh memiliki kandungan kafein, hanya saja kadarnya masih di bawah kopi. Dengan begitu, minum teh juga harus dibatasi.

Adapun minum kopi, maka benar-benar harus dibatasi dalam sehari-hari. Kalau bisa dalam sehari Anda minum kopi sebanyak satu kali saja.

Akibat buruk yang ditimbulkan bagi orang yang minum lebih dari empat gelas kopi dalam sehari (melewati batas aman) yaitu:
  1. Akan mengalami gangguan susah tidur.
  2. Jiwa menjadi rentan terasa gelisah
  3. Kondisi mood buruk.
  4. Muncul perasaan khawatir yang berlebihan.
  5. Terjadi peningkatan denyut nadi yang membuat tidak nyaman.
  6. Gangguan pada organ lambung.
  7. Tangan bisa mengalami gemetar.

Bagi Anda yang memiliki kondisi sensitif terhadap kafein, maka wajib bagi Anda biar dalam sehari maksimal hanya boleh minum 1 gelas kopi saja.

Adapun jenis minuman yang disarankan dikonsumsi untuk membantu menghilangkan nyeri haid, yaitu air putih hangat, minuman jahe hangat, susu dan madu.

Saat mengalami nyeri dikala haid, Anda harus lebih sering untuk konsumsi minuman hangat dibanding hari biasanya (Ingat! Bukan minuman berkafein).

2. Posisi Tidur yang Nyaman dikala Nyeri Haid
Bagaimana bagusnya posisi tidur untuk menurunkan rasa nyeri yang dirasakan dikala haid? Pada hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata menyimpulkan bahwa bentuk posisi yang paling baik dan membuat nyaman bagi wanita haid (yang mengalami nyeri), ialah posisi memeluk lutut ke arah dada (posisi meringkuk).

Persis menyerupai posisi janin dikala di dalam kandungan. Cara ini membuat perut nantinya dapat lebih terasa nyaman, sehingga meminimalisir rasa menyakitkan dari kram dan nyeri yang terjadi.

Lisa Lindley, M.D, seorang Ginekolog Eisenhower Women's Health menjelaskan bahwa posisi tidur dengan posisi ‘janin’ bermanfaat untuk menurunkan tekanan pada otot di perut dan sekitarnya.

Jennifer Wider, M.D juga mengungkapkan hal yang sama, bahwa terdapat banyak wanita yang memperoleh keuntungan dari posisi janin ini. Yang kegunaannya untuk merileks-kan otot rangka di adegan perut dan sekitarnya. Serta memiliki kegunaan untuk meminimalisir rasa ketegangan di adegan tersebut, yang dapat mencegah sering munculnya rasa nyeri dan kram.

Sehingga atas dasar pembuktian ilmiah inilah, sebagian dokter menawarkan rekomendasi, atau dengan kata selain ‘mengamini’ posisi menyerupai janin ini bagi wanita yang mengalami nyeri haid. Namun, posisi ini untuk sementara saja, dikala sering mengalami nyeri.

Perlu diingat, bahwa bentuk posisi ini tidak direkomendasikan dokter dilakukan sering-sering, alasannya ialah bisa menimbulkan problem nantinya pada punggung dan leher (terasa kaku pada adegan tersebut).

Oleh alasannya ialah itu, Wanita haid melaksanakan tidur dengan posisi tubuh menyerupai janin HANYA SAAT mengalami nyeri haid saja.

Adapun dikala tidak nyeri jangan tidur dengan posisi sepertu itu, alasannya ialah dikhawatirkan beresiko membuat kendur otot-otot skeletal di adegan sekitar perut (selain juga bisa beresiko mengalami tegang pada adegan tersebut).


3. Hindari Tidur dengan Posisi Tengkurap
Jennifer M.D menjelaskan bahwa tidur dengan posisi tengkurap nantinya akan dapat menindih perut. Dimana posisi tengkurap menawarkan tekanan yang terlalu besar pada uterus, yang hal ini beresiko membuat darah rentan keluar sangat banyak.

Oleh alasannya ialah itu, hindari posisi tengkurap yang menimbulkan reisko tinggi sering terjadinya tembus atau kebocoran, yang tentunya sangat merepotkan.

Cara yang paling cepat untuk menghadapi masa haid yaitu dengan derma obat. Yang umumnya sering digunakan ialah obat jenis ibuprofen atau naproxen, yang bekerja untuk menimimalisir rasa nyeri di adegan perut.

Untuk lebih nyaman lagi, sesekali jangan malas untuk berendam, gunakan produk-produk yang memiliki aroma lavender, melaksanakan ini menawarkan efek relaksasi yang sangat bermanfaat bagi jiwa.

Bagi Anda yang kerepotan dengan problem ‘tembus’ atau bocor di pagi hari, Anda dapat menggunakan menstrual cup, pakaian dalam khusus menstruasi, atau usakan menggunakan pembalut yang tidak gampang berpindah.

Namun mengenai hal ini, Dr. Lisa tidak merekomendasikan penggunaan tampon ketika malam hari (tidur). Hal itu alasannya ialah bisa menawarkan resiko infeksi yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Perhatikan Pola Makan
Hal pertama yang penting Anda ketahui mengenai teladan makan yang baik, yaitu pastikan biar Anda jangan hingga melewatkan waktu makan. Telat makan akan menimbulkan dampak buruk, yang akan membuat Anda tidak nyaman.

Anda boleh makan sering, tetapi dengan porsi yang kecil-kecil. Makan sering dengan metode menyerupai ini tidak akan membuat Anda obesitas, jadi damai saja.

Yang penting Anda menghindari atau membatasi segala asupan yang kurang baik.

Makanan yang Anda perlu berhati-hati padanya (jangan dikonsumsi berlebihan) yaitu makanan yang mengandung minyak trans, gorengan, makanan tinggi berlemak, makanan instan / siap saja (seperti mie), minuman bersoda, minuman kaleng / kemasan, dan minuman tinggi gula dan kalori.

Adapun makanan yang wajib Anda masukan dalam menu sehari-hari yaitu buah dan sayur-sayuran.

Makanan yang cukup baik dikonsumsi bagi Wanita yang dalam masa haid:

-Buncis, kaya akan nutrisi yang baik bagi wanita dikala masa haid. Kandungan di dalam buncis bermanfaat untuk membantu memperbaiki kualitas tidur dan meningkatkan mood.

-Bayam dan kangkung, mengandung kalsium yang bermanfaat untuk membantu meredakan nyeri haid.

-Salmon, mengandung omega 3 dan vitamin D yang membantu mengurangi nyeri haid. Kandungan di dalam ikan salmon juga berfungsi sebgai anti-inflamasi yang bermanfaat untuk meminimalisir problem perut kembung.

-Nanas. Mengonsumsinya bisa membuat otot menjadi rileks, yang manfaatnya untuk menurunkan rasa sakit pada perut. Konsumsi buah nanas juga mencegah kembung dan dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih gembira.

-Pisang. Konsumsi pisang dapat mengurangi nyeri kram otot ketika mengalami problem dikala melaksanakan olahraga. Manfaat ini juga berlaku pada kram perut bagi wanita yang sedang haid. Dimana makan pisang selama masa haid bermanfaat untuk mencegah problem kram dan kembung pada perut.

-Biji wijen, mngandung kalsium yang bermanfaat untuk menurunkan rasa nyeri dikala wanita mengalami haid.

-Cokelat hitam. Jenis cokelat yang perlu Anda konsumsi ialah cokelat hitam dengna kandungan 70% kakao. Dimana ciri-cirinya yaitu cokelat hitam akan terasa lebih pahit di bandingkan jenis cokelat lainnya. Manfaat mengonsumsinya ialah membuat otot tubuh menjadi lebih rileks.

Terakhir, yang harus selalu Anda ingat yaitu penuhi kebutuhan tubuh akan cairan, terutama air putih.

loading...

5. Tetap Rutin Berolahraga
Untuk memperoleh tubuh yang sehat secara umum, maka rutinlah untuk melaksanakan olahraga. Jangan hingga tubuh kurang aktif bergerak yang menimbulkan banyak problem kesehatan.

Termasuk manfaat penting yang diperoleh bila Anda rajin berolahraga, yaitu dapat mengurangi rasa nyeri dikala haid.

Anda tidak harus melaksanakan olahraga yang berat-berat, Anda hanya perlu melaksanakan olahraga sederhana dan ringan menyerupai jongging santai, bersepeda, jalan-jalan keliling kompleks, ataupun berenang.

Lakukan olahraga yang ringan saja, tetapi harus rutin. Minimal lakukan olahraga sebanyak 4 kali dalam seminggu. Dengan waktu masing-masing sesinya yaitu 15-30 menit.

6. Terapi Botol Panas / Hangat
Cara melakukannya, pertama-tama masukkan air hangat ke dalam sebuah botol. Setelah itu tempelkan pada adegan perut yang terasa nyeri, sehingga nantinya nyeri akan sedikit demi sedikit terus mengurang rasa sakitnya.

Manfaat lainnya dari menawarkan ‘terapi botol hangat’ ini yaitu membantu otot-otot biar rileks, sehingga rasa tegang akan mengurang sedikit demi sedikit.

7. Harus Menjauhi Rokok dan Alkohol
Kebiasaan buruk merokok serta minum-minuman beralkohol akan dapat membuat semakin parah problem nyeri haid yang dialami. Dalam kondisi normal (sehat) pun tidak boleh mengonsumsinya, alasannya ialah besarnya ancaman yang ditimbulkan.

8. Berbaring
Jika perasaan nyeri terasa dikala masa haid, disarankan biar Anda membaringkan tubuh ke kasur. Hal itu alasannya ialah umumnya rasa nyeri sering muncul di punggung, sehingga berbaring akan membantu untuk meredakan nyeri yang mendera. Dengan begitu, dikala nyeri haid muncul maka Anda bisa segera tidur-tiduran  guna mengatasinya.

Disarankan biar Anda mengambil bantal atau guling untuk diletakan sempurna di bawah lutut, kemudian tarik nafas dalam-dalam yang akan membuat jiwa Anda lebih rileks, sehingga kondisi rileks membuat Anda lebih berpengaruh dan nyaman dalam menghadapi problem nyeri haid.


9. Minum Jamu
Untuk cara alami dalam mengatasi nyeri haid, Anda dapat menggunakan jamu. Anda bisa membeli atau membuat sendiri ramuan jamu. Jika ingin membuat sendiri maka caranya, pertama-tama siapkan materi berupa 20 gram kunyit, 20-30 gram daun dewa, dan 600cc air.

Setelah itu, campur kedua materi yaitu kuyit dan daun tuhan untuk kemudian direbus dengan air.

Biarkan air mendidih, hingga yang awalnya 600cc hanya tersisa 300cc air saja.

Setelah air hanya tersisa 300cc maka matikan kompor, kemudian saring airnya. Lalu tunggu biar air rebusan tidak teralu panas, dan minum.

Ramuan alami ini membantu untuk menghilangkan problem nyeri haid yang dihadapi.

10. Kompres Hangat
Melakukan terapi kompres yang hangat di adegan perut (bagian bawah). Nantinya rasa hangat yang disalurkan ke perut bermanfaat untuk meredakan nyeri. Dalam penggunaan kompres, selain menggunakan terapi kompres hangat, juga ada kompres dingin.

Cara melaksanakan kompres hangat, Anda hanya perlu menyiapkan kantong karet yang dimasukan air panas / hangat ke dalamnya, setelah itu tinggal ditempelkan ke perut adegan bawah.

Cara lainnya, Anda juga bisa menggunakan handuk bersih, yang kemudian direndam 15 detik di dalam air panas, setelah itu tinggal diaplikasikan (ditempelkan) pada adegan perut yang mengalami nyeri.

Sebelum menempelkan handuk pada perut, pastikan kondisi handuk tidak terlalu panas. Menempel handuk dalam kondisi panas ke perut akan sangat berbahaya. Lebih tunggu sebentar, hingga panasnya berkurang.

Melakukan terapi kompres hangat ini, bermanfaat biar keadaan otot-otot bisa menjadi lebih tenang, dan Anda pun bisa lebih nyaman.

Hal itu alasannya ialah peningkatan suhu pada adegan tubuh tertentu dapat membantu untuk melebarkan pembuluh darah, yang hal ini sangat penting dalam melancarkan sirkulasi darah. Akhirnya, rasa nyeri yang diderita bisa berkurang.

Lakukan terapi ini secara rileks, sehingga nantinya Anda memperoleh manfaat yang maksimal, dan membuat Anda bisa lebih nyaman.

11. Kompres Dingin
Anda bebas memilih mana yang lebih cocok bagi Anda sendiri, kompres cuek atau kompres hangat. Sekarang ini. Produk kantong karet yang digunakan untuk mengompres, yang dapat Anda isi dengan watu es nantinya, bisa Anda peroleh di apotik. Walaupun umumnya yang menjual kantong karet ini ialah apotik besar saja.

Kantong karet ini di dalamnya Anda masukan air cuek berisi es. Jika tidak ada, sebagai alternatif Anda bisa menggunakan handuk yang dicelupkan ke dalam air dingin.

Setelah itu, tempelkan pada adegan nyeri. Melakukan ini, akan membuat pembuluh darah menguncup, serta terjadi penurunan proses metabolisme tubuh.

Tujuan biar tubuh lebih mudah untuk menanggulangi problem menyerupai perdarahan, pembengkakan dan nyeri. Melakukan ini juga bisa membuat acara ujung saraf pada otot akan mengalami penurunan.

Yang penting Anda ketahui, lakukan hati-hati kompres cuek ini, alasannya ialah bila terjadi kesalah berupa alat kompres terlalu cuek atau mengompres terlalu lama, dikhawatirkan bisa memicu kematian sel tubuh (di adegan yang dikompres).

Oleh alasannya ialah itu, bila memang tubuh tidak lagi berpengaruh untuk ditempelkan kompres dingin, maka segera hentikan (lepaskan kompres dari tubuh). Jangan memaksakan diri untuk mengompres telalu lama.

12. Lakukan Pemijatan
Anda hanya perlu memijat biasa di perut adegan bawah. Memijat dengan gerakan memutar, serta menggunakan ujung jari. Dalam memijat, gunakan minyak bayi ataupun krim khusus pemijatan.

Jangan terlalu berpengaruh dalam memijat, serta lakukan pemijatan dengan model satu arah. Hal ini dapat menurunkan gejala nyeri, dan juga bisa membuat tubuh lebih nyaman. Minyak bayi atau krim yang digunakan menawarkan efek rileksasi bagi tubuh.

13. Buat Posisi Tubuh Paling Nyaman
Sebbenarnya tubuh bisa secara refleks (alami) untuk membantu Anda dalam mencari posisi tubuh yang terbaik. Tetapi dikala keadaan yang mungkin membuat Anda mengalami rasa rasa nyeri yang sangat, yang menyebabkan Anda tidak lagi bisa berpikir dengan jernih.

Maka dalam kondisi ini, ada sebuah poisisi yang bisa Anda ikuti dikala nyeri terasa sangat buruk, yaitu dengan menidurkan tubuh dalam keadaan kaki agak diangkat sedikit. Bisa juga biar lebih mudah, kaki diganjal menggunakan bantal atau guling.

Anda juga bisa memposisikan tidur, dengan posisi berbaring miring dengan lutut ditekuk. Hal ini untuk membuat Anda bisa rileks. Secara umum dalam kehidupan sehari-hari, carilah kegiatan yang dapat membuat jiwa Anda bisa selalu rileks, hal ini sangat baik untuk menanggulangi problem nyeri dikala haid.

14. Konsumsi Makanan Sehat
Berdasarkan dari banyak penelitian yang dilakukan para ahli, menemukan bahwa kandungan menyerupai vitamin E, asam lemak omega 3, vitamin B6, vitamin B1 dan magnesium bisa bermanfaat menurunkan rasa nyeri dikala haid. Sehingga, amat disarankan bagi wanita haid untuk makan sayur dan buah. Selain itu konsumsi makanan kaya akan protein sepeti ikan.

Saat haid, seorang wanita bisa mengalami resiko kekurangan sel darah merah, sehingga pastikan kebutuhan tubuh akan zat besi dipenuhi. Konsumsilah bayam, ubi merah, daun singkong, kacang-kacangan dan hati ayam (atau makanan lainnya yang kaya akan zat besi).

Pastikan juga Anda minum air putih yang cukup. Konsumsi juga makanan menyerupai ikan dan labu, yang bermanfaat bagi wanita yang sedang mengalami haid.

15. Ramuan Kunyit Asam
Selain dapat membantu tubuh biar fit, pemanfaatan kunyit asam bisa untuk mengatasi problem nyeri bagi wanita haid. Untuk pembuatannya tidaklah sulit, Anda juga bisa memperoleh bubuk kunyit asam dibeli di toko jamu. Dimana setelahnya, hanya perlu diseduh dan kemudian diminum.

Jika Anda ingin membuat ramuan sendiri kunyit asam, maka cara membuatnya yaitu, pertama-tama beberapa ruas kunyit diparut, kemudian tambahkan dengan sedikit air (secukupnya).

Setelah itu, Anda peras dan tampung air sarinya,

Masukan sedikit gula merah dan asam jawa, lalu rebus hingga mendidih.

Setelah mendidih maka matikan kompor, lalu Anda angkat dan masukan ke dalam gelas.

Setelah itu, ramuan jamu kunyit asam tinggal dikonsumsi. Hendaknya diminum selagi air rebusan hangat (Ingat dalam keadaan hangat! Bukan panas)

16. Anda juga bisa sesekali menggunakan posisi menungging
Kegunaan dari melaksanakan posisi tubuh yang menungging dikala mengalami nyeri haid, tujuannya supaya rahim dapat tergantung ke bawah, dimana ini memiliki kegunaan biar tubuh bisa lebih rileks. Anda hanya boleh melaksanakan posisi ini dalam keadaan nyeri saja, jangan terlalu sering.

17. Istirahat yang Cukup
Secara umum, tubuh akan sangat memerlukan istirahat dan tidur yang cukup, kekurangan istirahat menimbulkan problem kesehatan yang serius. Usahakan biar Anda tidur malam pada jam 9 malam, jangan tidur terlalu larut malam, yaitu di atas jam 11 malam.

Selain itu, usahakan untuk melaksanakan tidur siang selama 30 menit. Dengan memiliki waktu istirahat yang baik, sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh, serta dapat meminimalisir rasa nyeri dikala haid.

18. Jangan Menggunakan Baju Ketat
Penggunaan baju yang ketat akan dapat membuat tidak nyaman, hal ini dapat memperburuk keadaan ketika nyeri haid muncul. Sudah tidak nyaman, ditambah lagi muncul rasa nyeri yang membuat semakin tidak nyaman.

Sangat disarankan biar Anda mengenakan pakaian yang longgar, sehingga menawarkan kenyamanan, serta tidak mengganggu ruang gerak tubuh.

19. Obat untuk Nyeri Haid
Penggunaan obat untuk mengatasi rasa nyeri sudah umum dilakukan. Tetapi perlu diketahui, ada beberapa jenis obat, yang bila Anda ingin menggunakannya maka wajib berkonsultasi dengan dokter, unttuk menghindari problem yang tidak diinginkan.

Sehingga untuk keamaan, Anda perlu setidaknya sekali saja untuk konsultasi dengan dokter. Disana, Anda bisa bertanya secara detail perihal penggunaan obat. Sehingga Anda bisa memperoleh gambaran perihal menggunakan obat secara benar.

Konsultasikan pada dokter juga penting dilakukan ketika rasa nyeri berlebihan, yang benar-benar membuat Anda tidak bisa beraktifitas sama sekali. Sehingga nantinya bisa memperoleh penanganan yang tepat.

Jenis Obat yang Berguna untuk Mengatasi Nyeri Haid:
1. Obat Anti Inflamasi Non-Sterois (OAINS). Jenis obat ini diresepkan oleh sebagian besar dokter guna mengatasi problem nyeri haid. Jenis obat OAINS yang dijual bebas di pasaran yaitu aspirin dan ibuprofen.

Walaupun dijual bebas, disarankan penggunannya dengan petunjuk dari dokter (agar lebih aman).

2. Kontrasepsi oral. Dimana KB atau pil kontrasepsi memiliki kegunaan yang salah satunya untuk menurunkan gejala nyeri haid yang dirasakan. Jenis obat ini bekerja untuk menipiskan lapisan rahim, serta mengurangi jumlah prostaglandin di dalam tubuh.

Dimana bila kondisi lapisan rahim lebih tipis akan menawarkan efek berupa penurunan kontraksi otot. Sehingga frekuensi nyeri juga akan menurun.

3. Obat penghilang rasa sakit lainnya. Dimana terkadang efek positif dari penggunaan obat jenis OAINS tidak dapat dirasakan manfaatnya oleh wanita yang mengalami nyeri haid. Oleh alasannya ialah itu, Anda dapat mencoba obat paracetamol, yang penggunaannya bertujuan untuk mengurangi nyeri haid secara cepat.

Jenis obat ini bisa ditemui di apotek, dan dijual bebas, hanya dalam penggunannya tetap perlu hati-hati. Baca petunjuk penggunannya.