Gigi Sehat dengan 3 Langkah

       Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi. Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Pulp dalam gigi menciut dan dentin terdeposit di tempatnya.
     Memiliki gigi yang sehat adalah kebahagiaan setiap orang. Gigi memiliki banyak peranan antara lain adalah untuk mengunyah, untuk estetika dan untuk membantu dalam berbicara. Seperti dengan yang lainnya, gigi juga memiliki perawatan agar tetap sehat dan tidak belubang. Gigi yang berlubang akan menimbulkan rasa sakit yang sangat pada waktu-waktu tertentu. Akibat yang dirasakan oleh gigi yang berlubang adalah mulut menjadi bau, sakit apabila gigi yang berlubang terisi oleh makanan, kepala menjadi pusing, dan senut-senut sekitar gigi yang berlubang. Maka dari itu kita perlu untuk memperhatikan kesehatan gigi.

3 hal ini akan menjadikan gigi menjadi sehat yaitu

1.Menggosok Gigi dengan Teratur

Banyak dari kita yang tidak teratur dalam menggosok gigi sehingga gigi tidak terawat dengan baik. Gosoklah gigi anda 2 kali dalam sehari sehingga gigi bersih dan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di gigi agar  makanan yang tertinggal tadi tidak menjadi makanan bagi bakteri.
http://nurudinsya.blogspot.com/2015/01/gigi-sehat-dengan-3-langkah.html

2.Perhatikan Makanan dan Minuman Anda
Kenapa perlu memperhatikan apa yang kita konsumsi?? Karena setiap apa yang kita konsumsi akan melewati proses pengunyahan dan itu dilakukan oleh gigi. Jangan berlebihan makan-makanan yang manis, makan dan minumlah dengan suhu yang sedang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Merokok dan meminum kopi yang berlebihan juga mengakibatkan gigi berkerak dan bau. Mulailah dengan gaya hidup yang sehat.

3.Lakukan Pemeriksaan Gigi Secara Rutin

Masyarakat sekarang kesadarannya rendah untuk memeriksakan giginya secara rutin. Pemikiran mereka bahwa memeriksakan gigi itu mengeluarkan biaya yang  mahal, padahal ada puskesmas yang siap membantu untuk melakukan pemeriksaan dengan biaya yang murah. Yang termasuk pemeriksaan gigi yaitu pembersihan karang gigi, tiga bulan sekali, atau minimal enam bulan sekali.

Semoga dengan kita membaca  Gigi Sehat dengan 3 Langkah kita bisa memiliki gigi yang sehat dan kuat, dengan begitu kita tidak khawatir lagi dengan yang namanya sakit gigi karena mencegah lebih baik daripada mengobati..